Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Model Kepala Bernomor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 5 Praya Timur

Arpan Islami Bilal, Linda Ayu Darmurtika

Abstract


Abstrak: Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan bidang  sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 5 Praya Timur, Kab. Lombok Tengah menggunaan metode diskusi kelompok model kepala bernomor. Pada pembelajaran pra siklus didapatkan kemampuan individu dengan kriteria tinggi 0%, sedang 95%, dan rendah 5%.  IPK  (Indeks Prestasi Kelompok) 40 yang berkisar 31 sampai dengan 54 dapat ditafsirkan bahwa prestasi (kemampuan) kelas tersebut rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui adanya perubahan yang terjadi pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I perilaku siswa sebelumnya tidak mengikuti pembelajaran dengan baik karena masih belum terlalu mengerti dengan metode yang diterapkan dengan kemampuan individu dengan kriteria tinggi 5%, sedang 95%, dan rendah 0% dan  IPK (Indeks Prestasi Kelompok) 60,5 yang berkisar 55 sampai dengan 74 dapat ditafsirkan bahwa prestasi (kemampuan) kelas tersebut normal. Pada siklus II ini mulai mengikuti dan melaksanakan pembelajaran dengan baik dengan kemampuan individu dengan kriteria tinggi 100% dan IPK (Indeks Prestasi Kelompok) 85 yang berkisar 75 sampai dengan 89 dapat ditafsirkan bahwa prestasi (kemampuan) kelas tersebut tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok model kepala bernomor dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 5 Praya Timur, Kab. Lombok Tengah.

 

Abstract: Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan bidang  sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 5 Praya Timur, Kab. Lombok Tengah menggunaan metode diskusi kelompok model kepala bernomor. Pada pembelajaran pra siklus didapatkan kemampuan individu dengan kriteria tinggi 0%, sedang 95%, dan rendah 5%.  IPK  (Indeks Prestasi Kelompok) 40 yang berkisar 31 sampai dengan 54 dapat ditafsirkan bahwa prestasi (kemampuan) kelas tersebut rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui adanya perubahan yang terjadi pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I perilaku siswa sebelumnya tidak mengikuti pembelajaran dengan baik karena masih belum terlalu mengerti dengan metode yang diterapkan dengan kemampuan individu dengan kriteria tinggi 5%, sedang 95%, dan rendah 0% dan  IPK (Indeks Prestasi Kelompok) 60,5 yang berkisar 55 sampai dengan 74 dapat ditafsirkan bahwa prestasi (kemampuan) kelas tersebut normal. Pada siklus II ini mulai mengikuti dan melaksanakan pembelajaran dengan baik dengan kemampuan individu dengan kriteria tinggi 100% dan IPK (Indeks Prestasi Kelompok) 85 yang berkisar 75 sampai dengan 89 dapat ditafsirkan bahwa prestasi (kemampuan) kelas tersebut tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok model kepala bernomor dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 5 Praya Timur, Kab. Lombok Tengah.


Keywords


Menulis puisi Metode Diskusi Kelompok

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2000. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan Cendikia

Bell Gredler, Margaret E. 1997. Belajar dan Membelajarkan. Penerjemah Munandir. Jakarta: C.V Rajawali.

Dahar, Ratna Willis. 1998. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia no 22, 23, 24 Tahun 2006 Khusus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, Robert M. 1988. Prinsip-prinsip Belajar untuk Pengajaran. Alih Bahasa: Abdillah Hanafi dan Abdul Manan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hadi, Sutrisno. 1984. Statistic Jilid II. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM

Hasan.Alwi. 2005. Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

_______. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Usaha Nasional

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muslim, M. Umar. 2007. KTSP dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. http://Johnherf. wordpress.com/2007/03/15/ktsp-dan-pembelajaran-bahasa-Indonesia/ diakses pada tanggal 27 Desember 2015

Nurkencana, W. 1983.Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional

Nurkencana dan Sumartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung :Alfabeta

Suharto. 1989. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Yuliana. 2006. Peningkatan Kemampuan Penulisan Puisi Mengunakan Media Lagu Siswa Kelas II MA AL – RAISIYAH Sekarbela Tahun pelajaran 2006/2007 :Skripsi UMM




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v5i2.2621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.