PENGEMBANGAN MANAJEMEN DAN PENERAPAN SISTEM AUTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SLIMS DI PERPUSTAKAAN SMKN 1 MATARAM

Ridwan Ridwan, Iskandar Iskandar, Widiastuti Furbani

Abstract


 

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang mampu menyediakan buku/koleksi untuk menunjang materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Guru dianggap sebagai satu-satunya sumber ilmu pengetahuan dan informasi. Kiranya belum ada kesadaran yang tinggi bahwa perpustakaan sekolah merupakan sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang ikut berperan dalam mencapai kualitas pendidikan umumnya sekolah di Kota Mataram dan khusunya pada perpustakaan SMKN 1 Mataram. Melihat kondisi tersebut, maka Tim Pengabdian memadang perlu diselenggarakan sebuah program memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan tentang Pengembangan Manajemen  dan Penerapan Sistem Automasi Perpustakaan di Perpustakaan SMKN 1 Mataram. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah/penyuluhan, metode dialogis, dan metode pelatihan. Adapun hasil yang didapat dalam pengabdia ini yaitu; 1) Otomasi perpustakaan di Perpustakaan Perpustakaan SMKN 1 Mataram sudah berjalan dengan baik’ 2) Otomasi perpustakaan tersebut menggunakan sistem open source; 3) Pengelolaan koleksi dan layanan perpustakaan dilakukan melalui sistem tersebut; dan

Full Text:

PDF (1-8)

References


Fahrizandi, F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63-76.

Rahmawati, N. A. (2018). Penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan sumber informasi di perpustakaan. Libria, 9(2), 125-132.

Ridwan, R., & Susanto, S. (2019). Penerapan Aplikasi Slims Akasia Dalam Pelayanan Informasi Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Mataram Periode 2019. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 1(1).

Rahmah, E., Emidar, E., & Zulfikarni, Z. (2018). Pengembangan perpustakaan sekolah berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Padang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 6-13.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v1i2.10741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: