PELATIHAN PEMBUATAN PEMBALUT KAIN DENGAN PENDEKATAN LITERASI RAMAH LINGKUNGAN DI DESA PAGUTAN, KECAMATAN BATUKLIANG, LOMBOK TENGAH

Rohana Rohana, Widiastuti Furbani, Hirma Susilawati

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian berupa pelatihan pembuatan pembalut kain dengan pendekatan literasi ramah lingkungan ini adalah diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu membuat pembalut kain secara mandiri sehingga ke depan tidak mengeluarkan uang lagi untuk membeli pembalut sekali pakai setiap bulannya. tujuan lain adalah untuk memberikan edukasi atau pemahaman kepada peserta tentang arti penting menjaga lingkungan dan kesehatan reproduksi perempuan. Metode kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan praktik langsung. Tujuan dari metode ini adalah untuk memberikan pemahaman sekaligus teknik pembuatan pembalut kain yang sederhana dan langsung bisa dipraktikkan di rumah. Adapun hasil dari pelatihan ini adalah pelatihan pembuatan pembalut kain sangat penting mengingat masyarakat masih minim dalam kesadaran terhadap pemeliharaan lingkungan sekitar. Di samping itu kesehatan reproduksi perempuan juga masih menjadi masalah tersendiri di masyarakat sehingga perlu dipupuk kesadaran, pemahaman, dan kemauan untuk memelihara kesehatan sejak diri. Dengan adanya pelatihan ini remaja dan ibu-ibu yang masih produktif menjadi tahu dan sadar bahwa lingkungan yang sehat, badan yang kuat adalah aset yang besar untuk kelangsungan hidup.


Full Text:

PDF (5-10)

References


Ayu Sri Oktaviani & Ni Ketut Anjani. Pengelolaan Limbah Pembalut Sekali Pakai Menjadi Media Tanam Sebagai Upaya menjaga Lingkungan di Desa Petiga, Kec. Marga, Kab. Tabanan, Provinsi Bali. Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 19 No. 2 Tahun 2022. Hal. 356-363.

Indang Dewata & Yun Hendri Danhas. 2018. Pencemaran Lingkungan. Depok: RajaGrafindo Persada.

Muhammad Habibie. Dkk. Pemberdayaan Wanita Melalui pelatihan Pembuatan Pembalut Ramah Lingkungan di Dusun Jambu. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat. Vol. 1 Maret 2019. Hal. 75-79.

Oky Tiara Desvi. 2019. Analisa Kadar Klorin Pada pembalut Wanita dari Berbagai Merk yang dijual Eceran di Jalan Pimpinan Medan. Karya Tulis Ilmiah: Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v3i1.16768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: