LAPORAN PKL PENGOLAHAN KOLEKSI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MATARAM

Baiq Eliza Fatmalasari, Iwin Ardyawin

Abstract


Pengolahan bahan pustaka di perpustakaan harus dilakukan dengan baik, agar koleksi yang ada tertata secara sistematis dan dapat ditemukan kembali secara cepat dan tepat oleh pengguna perpustakaan. Untuk itu dalam pengelolaan koleksi bahan pustaka yang ada di dalam perpustakaan juga dibutuhkansumber daya manusia (SDM) dalam hal ini tenaga perpustakaan yang berkualitas, professional dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang perpustakaan, agar akan lebih mengerti pengolahan yang ada di perpustakaan sesuai dengan standar pengolahan perpustakaan yang berlaku. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan intelektual mahasiswa dalam bidang perpustakaan tidak cukup hanya dengan mengikuti perkuliahan di dalam ruangan saja, tetapi juga pengetahuannya diharapkan dapat di terapkan langsung di lapangan sehingga Praktik Kerja Lapangan menjadi program wajib bagi mahasiswa prodi D3 Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram. Metode yang digunakan yaitu menggunakan hal-hal yang berhubungan dengan metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Mataram dapat diperoleh kesimpulan di antaranya: Praktik yang dilaksanakan di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Mataram memberikan pengalaman yang nyata kepada mahasiswa PKL untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Pengolahan bahan pustaka merupakan kegiatan yang berkaitan dengan bahan pustaka yang mulai dari buku tiba di perpustakaan hingga bisa di pinjam oleh pemustaka.


Full Text:

PDF (1-8)

References


MANGUNDAP, V. V., Warouw, D. M., & Golung, A. M. (2018). Manajemen Pengolahan Bahan Pustaka, Untuk Efektivitas Penggunaan KoleksiUpt Perpustakaan Unika De La Salle Oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(3).

Nani, N. PENGOLAHAN KOLEKSI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS SEMASA COVID-19. Pustaka Unand.

Rahmadanela, R., & Nelisa, M. (2013). Sistem Pengelolaan Terbitan Berseri di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 2(1), 565-572.

Rohman, O., Nurrohmah, O., & Rahmatullah, T. (2021). Keterampilan Pustakawan Dalam Pengolahan Koleksi Dengan Memanfaatkan SLiMS di UPT Perpustakaan Universitas Pasundan.Nusantara Journal of Information andLibrary Studies (N-JILS), 4(2), 177-191.

Sudirman, B., Erawan, E., & Zulfiani, D. (2019). STUDI TENTANGPENGELOLAAN KOLEKSI BUKU DI UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MULAWARMAN.

Shalikha, P. (2016). Pelaksanaan Pengolahan Koleksi Terbitan Berkala di UPT

Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v1i1.17201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: