LAPORAN PKL PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Muhd Fadlurrahman, Afifah Juriatun Toiyibah, Iskandar Iskandar

Abstract


Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan penerapan ilmu yang diperoleh mahasiswa/i dibangku perkuliahan pada suatu lapangan pekerjaan. Selain bermanfaat bagi mahasiswa, pelakasanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) juga bermanfaat bagi Lembaga, yaitu adanya kerjasama antara dunia pendidikan dan dunia kelembagaan sehingga Lembaga  tersebut dapat dikenal oleh kalangan akademis. Selain itu, Lembaga juga mendapat bantuan tenaga kerja dari mahasiswa/i yang melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL). Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dilaksanakan pada tanggal bertempat di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram Jalan K.H Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKL yaitu menggunakan hal-hal yang berhubungan dengan metode analisis kualitatif. Berdasarkan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) yang telah lakukan pada UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram yaitu di bidang pengolahan bahan pustaka selama PKL yaitu, pelestarian dan labeling, pemasangan barkode, dan shelving bahan pustaka dan Layanan sirkulasi yaitu layanan keanggotaan, layanan pengunjung, Minat baca Mahasiswa/i yang masih rendah, dilihat dari jumlah pengunjung dari berbagai kalangan yang sangat rendah. Pengadaan koleksi diharapkan sesuai dengan kebutuhan informasi pengguna di UPT Perpustakaan UMMAT.


Full Text:

PDF (9-15)

References


AG, R. A., Zulfitria, Z., & Dewi, H. I. (2020). Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Tingkat Sekolah Dasar Desa Iwul, Parung. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2a), 553-561.

Bugis, M., Golung, A. M., & Lesnusa, R. (2021). PENERAPAN SOFTWARE INLISLITE PADA PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA. Acta Diurna Komunikasi, 3(2).

Kesuma, M. E. K., Yunita, I., & Meilani, F. (2021). Penerapan Aplikasi SLiMS

Dalam Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Adabiya, 23(2), 248.

Narto, S. L., & Priyadi, A. T. (2018). EFKTIVITAS PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN FISIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7).

Saleh, A., & Aini, H. (2019). Peran Pustakawan dalam Mengontrol Pengolahan Bahan Pustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v1i1.17205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: