PEMANFAATAN SOFTWARE MENDELEY DAN E-RESOURCES DALAM MENDUKUNG PEMBUATAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU DAN PUSTAKAWAN

Ario Adi Prakoso, Elfitri Kurnia Erza, Elan Suherlan

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat, salah satu contohnya dalam membuat karya ilmiah. Tindakan negatif tersebut berupa adanya plagiarisme. Kemudahan informasi yang didapatkan dari internet menyebabkan ketidakpeduliannya masyarakat terhadap kemuktakhiran suatu informasi, sehingga masyarakat tidak memfilter informasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Tujuan dari diadakannya pengabdian kepada masyarakat yaitu untuk memberikan sebuah solusi dari permasalahan tersebut berupa software mendeley, software ini memiliki arti suatu software manajemen referensi yang membantu dalam membuat penulisan sitasi dan daftar pustaka pada suatu publikasi hasil penelitian karya tulis ilmiah.  Selain itu juga perlu didukung dengan pemanfaatan e-resources untuk memberikan informasi yang akurat. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal keterampilan bagi pustakawan dan guru dalam menghindari tindakan plagiarisme dan mampu mengetahui sumber informasi mana yang terpercaya untuk menunjang pembuatan karya tulis ilmiah. Mitra pada pengabdian ini adalah SMAN 8 Jakarta. Adapun hasil  dari E-Resources menyatakan nilai posttest lebih tinggi dari pretest. Maka kemampuan dalam pengetahuan E-Resources pada peserta mengalami peningkatan. Sedangkan Hasil dari Mendeley menyatakan bahwa semua hasil nilai posttest lebih tinggi dari pretest. Maka kemampuan dalam pengetahuan Mendeley pada peserta mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF (1-7)

References


Jhonson, S. (2012) Key Issues for e- Resource Collection Development: A Guide for Libraries. IFLA. Available at: https://www.ifla.org/wp-content/uploads/2019/05/assets/acquisition-collection-development/publications/Key Issues for E-Resource Collection Development - August 2012.pdf.

Kenchakkanavar. A. (2014) ‘Types of e-resources and its utilities in library’, International Journal of Information Sources and Services, 1(2), 97–104.

Sayuti (2018) Workshop penggunaan mendeley sebagai tool dalam perorganisasian referensi untuk penulisan karya ilmiah. Universitas Malikusoleh.

Soelistyo, H. (2011) PLAGIARISME : pelanggaran hak cipta dan etika. Yogyakarta: KANISIUS.

DOKUMENTASI




DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v3i2.20328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: