PELATIHAN CHATGPT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA-SISWI DI SMAN 8 JAKARTA
Abstract
Kemajuan teknologi yang semakin cepat dapat membawa dampak buruk bagi masyarakat. Salah satu dampak negatif tersebut adalah munculnya informasi hoaks. Kemudahan akses informasi melalui internet membuat masyarakat kurang memperhatikan kebenaran informasi yang mereka terima, sehingga mereka tidak menyaring informasi tersebut sebelum menggunakannya. Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan tools AI seperti ChatGPT. Solusi yang diberikan yaitu dengan memberikan pelatihan ChatGPT. Adanya pelatihan ini diharapkan para siswa mampu menggunakan Chat GPT untuk tindakan yang positif, karena masih banyak orang yang memanfaatkan ChatGPT untuk menciptakan suatu karya yang cepat tetapi tidak akurat. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal keterampilan bagi para siswa dalam kurangnya pengetahuan tentang cara akses informasi secara cepat tepat dan akurat dan kekurangan sumber referensi yang relevan. Adapun hasil dari ChatGPT menyatakan nilai posttest lebih tinggi dari pretest. Maka dapat dikatakan kemampuan ChatGPT pada peserta mengalami peningkatan.
Full Text:
PDF (1-9)References
Bayu, D. (2023). ChatGPT Sukses Jadi Platform Paling Cepat Raih 1 Juta Pengguna. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/chatgpt-sukses-jadi-platform-paling-cepat-raih-1-juta-pengguna
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi Mahasiswa Ftik Iain Kerinci Terhadap Penggunaan Chatgpt Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13, 1–10.
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069
Septiani, L. (2023). Daftar Negara Blokir ChatGPT, Ada Italia dan Cina. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/desysetyowati/
digital/642a76d767fc8/daftar-negara-blokir-chatgpt-ada-italia-dan-cina
Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., Ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi Chat GPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknol.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpils.v4i2.27775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing: