PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT VIDEO PENDUKUNG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSHOT DAN VN BAGI GURU OLAHRAGA DI MGMP KOTA JAYAPURA

Tri Setyo Guntoro, Ansar C S, Nasruddin Nasruddin

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertemakan “peningkatan keterampilan membuat video pendukung pembelajaran menggunakan aplikasi Inshot dan VN bagi Guru Olahraga di MGMP Kota Jayapura”. Tujuan pengabdian yaitu peserta dapat: (1) Memahami pengertian editing video, jenis-jenis editing video, tujuan dan Manfaat editing video, (2) Memahami dan mempraktekkan Aplikasi Inshot dalam pembuatan media pembelajaran PJOK, (3) Memahami dan mempraktekkan Aplikasi VN dalam pembuatan media pembelajaran PJOK. Menggunakan metode presentasi dengan tiga tahapan yaitu, (1) Fasilitator mempresentasikan materi pertama Ruang Lingkup Editing Video (aplikasi inshot  dan VN), (2) Praktek penggunaan aplikasi VN dalam pembuatan video pendukung pembelajaran PJOK, (3) Praktek penggunaan aplikasi Inshot sebagai pendukung pembuatan dari video di dalam pembelajaran PJOK. Manfaat kegiatan adalah: (1) Terjalinnya kerjasama antara lembaga/Institut yakni, program studi Ilmu Keolahragaan FIK UNCEN dengan MGMP PJOK Kota Jayapura, (2) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, (3) Terlaksananya kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi (Pengabdian Kepada Masyarakat) sebagai kewajiban seorang dosen. Hasil Kegiatan pengabdian yang didapatkan adalah: (1) Sebagian besar peserta memahami penyajian materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut dan (2) Sebagian besar peserta mendapatkan nilai baik ditinjau dari penilaian evaluasi/kompetensi terhadap pelatihan tersebut

 

Kata kunci: Vidio; Pembelajaran; Kompetensi Guru; PJOK, VN; Inshot.

 

ABSTRACT

This Community Service activity has the theme "Improving skills in making learning support videos using the Inshot and VN applications for Sports Teachers at MGMP Jayapura City". The purpose of the service is that participants can: (1) understand the meaning of video editing, types of video editing, the purpose and benefits of video editing, (2) understand and practice the Inshot application in making PJOK learning media, (3) understand and practice the VN application in making PJOK learning media. Using the presentation method with three stages, namely, (1) The facilitator presents the first material on the Scope of Video Editing (inshot and VN applications), (2) the practice of using the VN application in making videos supporting PJOK learning, (3) the practice of using the Inshot application as a support for making from videos in PJOK learning. The benefits of the activity are: (1) The establishment of cooperation between institutions / institutes, namely, the Sport Science study program FIK UNCEN and MGMP PJOK Jayapura City, (2) Increasing the knowledge and skills of teachers in providing innovative and creative learning, (3) Implementation of activities Tri Dharma of higher education (Community Service) as the obligation of a lecturer. The results of the service activities obtained are: (1) Most of the participants understand the presentation of the material presented in the training and (2) Most of the participants get good marks in terms of the evaluation/competence assessment of the training.

 

Keywords: Video; Learning; Teacher Competence; PJOK, VN; inshot.


Keywords


Video; Learning; Teacher Competence; PJOK, VN; inshot.

Full Text:

PDF

References


Hendriyanto. (2021). Wujudkan Kelas yang Menyenangkan Melalui Video Pembelajaran. Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/wujudkan-kelas-yang-menyenangkan-melalui-video-pembelajaran (Diakses, 28 September 2022)

Ilham, Idris, U., & Muttaqin, M. Z. (2021). Pandemi di Ibu Pertiwi Kajian Literatur “Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia” (Eva Rahmawati (ed.)). Syiah Kuala University Press.

Ilham, S. (2021). E-Governance. Deepublish.

Ilham, & Yunita, D. I. (2022). Efektivitas Kebijakan “Belajar Daring” Masa Pandemi Covid-19 Di Papua (Cetakan Pe). Wawasan Ilmu.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Kusnandar, F. G. ., Kharisman, V. A., & Budi, D. . (2021). Elementary student’s physical activity during pandemic Covid 19. Ann Trop Med & Public Health; 24(S03):SP24329. https://doi.org/http://doi.org/10.36295/ASRO.2021.24329

Marsuki, M., Hidayah, H., Syaiful, A., Muhaemin, I. A., & Ilham, I. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 dalam Proses Pembelajaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1526–1533.

Marsuki, M., Saiful, A., Muhaemin, I. A., & Ilham, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Fitur Google (Drive, Contact, Meet, Classroom, dan Youtube) Bagi Guru Penjas Di Kota Jayapura. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 130–138.

Marzuki, M., Syaiful, A., Muhaemin, I. A., & Ilham. (2021). Pelatihan Penggunaan Google Form bagi Guru Penjas di Kota Jayapura. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 962–966.

Slameto. (2003). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Syukhria, R., & Nurhamidah, D. (2021). Aplikasi Inshot Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(1), 34–40.




DOI: https://doi.org/10.31764/joce.v1i2.11203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.