SOSIALISASI DAN PROMOSI (SOSPRO) SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2024 PADA SMK NEGERI 2 KENDARI
Abstract
ABSTRAK
Sosialisasi dan promosi penerimaan mahasiswa baru merupakan langkah penting dalam menarik minat calon mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Tridaya Virtu Morosi tahun 2024 kepada siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kendari, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan meliputi presentasi, wawancara, distribusi brosur, dan diskusi interaktif dengan siswa dan guru di sekolah-sekolah terkait. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi lengkap mengenai proses seleksi, program studi yang ditawarkan, persyaratan pendaftaran, dan prospek karir lulusan Politeknik Tridaya Virtu Morosi. Mitra sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas 12 yang akan segera lulus dan guru-guru yang terlibat dalam proses bimbingan karir di SMK Negeri 2 Kendari, dengan jumlah peserta mencapai 150 siswa dan 10 guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa informasi mengenai seleksi penerimaan dan program studi dapat disampaikan dengan baik. Respon positif dari pihak sekolah dan siswa terlihat dari antusiasme yang tinggi dan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendaftar dan membantu siswa dalam memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.
Kata kunci: sosialisasi dan promosi, penerimaan mahasiswa baru, SMK, efektivitas program, pendidikan tinggi
ABSTRACT
The purpose of this activity is to conduct outreach and promotion related to the 2024 New Student Admission Selection for Politeknik Tridaya Virtu Morosi to students of Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara Province. The implementation methods used include presentations, interviews, brochure distribution, and interactive discussions with students and teachers at the related schools. The results achieved are the successful dissemination of information regarding the New Student Admission Selection, the study programs offered, registration requirements, and career prospects for graduates of Politeknik Tridaya Virtu Morosi to prospective new students. This outreach activity received positive responses from the schools and students, as evidenced by the enthusiasm and numerous questions raised. The target partners for this activity are 150 twelfth-grade students who will soon graduate and 10 teachers involved in career guidance at SMK Negeri 2 Kendari. The results indicate that the information on the admission selection and study programs was well conveyed. The positive response from the schools and students is demonstrated by the high enthusiasm and many questions asked. This outreach activity is expected to increase the number of applicants and help students choose the right higher education institution according to their interests and talents.
Keywords: socialization and promotion, new student admission, vocational high school, program effectiveness, higher education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I., & Lubis, L. (2018). Strategi Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Ulul Albab, 22(2), 82–88. https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.591
Aziz, S. (2013). Efektivitas Promosi Terhadap Peningkatan Penerimaan Mahasiswa Pada Universitas Al Asyariah Mandar Sulihin Azis*. Jurnal Pepatuzdu, 5(1), 85–102.
Bahdin Ahad Badia, Fachrizal Cesar Putra, Mardis Darwis, A. J. (2012). Pengenalan Pendidikan Tinggi Vokasi Dan Sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Tridaya Virtu Morosi Tahun 2024 Berlokasi Di SMA/SMK Di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara. Sabangka Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 3(2), 2012.
Dharmawansyah, S., Cangara, H., & Iqbal, M. (2014). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(4), 256–263.
Elen, M. (2023). Strategi promosi untuk meningkatkan minat mahasiswa baru pada fakultas pertanian Universitas Palangkaraya. Jurnal Ekonomi Integra, 13(1), 254–271. http://journal.stieip.ac.id/index.php/iga
Fitriani, F., Lelawati, N., & Rahayu, S. R. (2021). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) Um Metro. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 155. https://doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1809
Hajatina. (2024). Strategi Promosi Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Institusi Pendidikan Tinggi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 139–146.
Inayah Abdillah Rabbani, Nisrina Hamid, Muhammad Sofian Maksar, Yuan Swastika, S. D. R. (2024). Pelatihan Manajemen Mutu Pengelolaan Sentra Ikm Kota Kendari. Sabangka Abdimas (Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka), 03, 1–11.
Jeni Wardi, Gusmarila Eka Putri, O. A. J. (2022). Promosi Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru: Sebuah Tinjauan Kegiatan Promosi Di Universitas Lancang Kuning. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 94–100.
Malarangan, H., Salim, M., & Haekal, A. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 75–88. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.33.75-88
Pati, A. W., Sari, I. P., Oktaria, H., & Amalia, K. N. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di STEBIS IGM Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(1), 89–102. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i1.50
Rizaldi, M. A., & Aliyyah, R. R. (2024). Strategi Pemasaran Penerimaan Mahasiswa Baru. Karimah Tauhid, 3(2), 2288–2311. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12079
Rizki, S. D., Rizaldi Makmur, M., Najjar, A., Tharir, M., Asy, A., Hakim, A. A., Shaleha, W. M., Sofian Maksar, M., Kendari, U. M., & Corresponding, I. (2023). Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Wajib Pajak Bagi Pelaku Usaha Sarang Burung Walet Di Kabupaten Kolaka Utara. JICS: Journal of International Community Service JICS, 2(2), 69–78. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JICS/indexDOI:https://doi.org/10.62668/jics.v2i02.732
Sarofah, I., Satyarini, M. D., & Setyaningsih, S. (2021). Strategi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Ivet Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(2), 62. https://doi.org/10.31331/jeee.v2i2.1924
Selvi Diliyanti Rizki, An Najjar Madjiani Thahir, A. A. A. A. H., & Waode Maratun Shaleha, Muhammad Sofian Maksar, B. A. B. (2024). Sosialisasi Green Product Di Industri Kecil Menengah ( Ikm ) Tahu Dan Tempe Desa Lambusa Kabupaten Konawe Selatan. Sabangka Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 3(02), 46–55.
Sofyan Hakim, Arif Mubarok, Hilmi Satria Himawan, & Hanief Monady. (2022). Sosialisasi dan Strategi Personal Selling Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Iain Palangkaraya dalam Kondisi Pandemi Covid-19. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 326–331. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1193
Sopandi, E. (2011). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk Pts (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010). Jurnal Manajerial, 10(1), 87–101. https://doi.org/10.17509/manajerial.v10i1.1828
Sugeng, S. L. P. (2022). Manajemen Marketing Jasa Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335
Tara Elimar, Anggia Ayu Lestari, Susyanti, Mida Rama Fitri, E. F. (2024). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 176–185. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i1.3790
Wijaya, N. Q. (2014). Strategi Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Baru Studi Pada Universitas Wiraraja Sumenep. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257.
Refbacks
- There are currently no refbacks.