SOSIALISASI DAN PELATIHAN SOFTWARE MENDELEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGELOLA REFERENSI DAN SITASI
Abstract
ABSTRAK
Banyak mahasiswa dan peneliti menghadapi tantangan dalam mengelola referensi dan sitasi secara manual, yang memakan waktu dan berisiko kesalahan, seperti plagiarisme dan ketidakakuratan daftar pustaka. Teknologi digital dan perangkat lunak seperti Mendeley dianggap sebagai solusi untuk mempermudah pengelolaan referensi secara efisien dan akurat. Selain itu, banyak mahasiswa belum sepenuhnya memahami penggunaan aplikasi ini, sehingga membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan penguasaan mereka. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah : Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola referensi dan sitasi yang akurat dan efektif, Mengenalkan software Mendeley sebagai alat bantu dalam mengelola referensi dan sitasi, Meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa melalui penggunaan software Mendeley, Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang sistematis dan akurat, mengurangi kesalahan sitasi dan plagiarisme dalam karya ilmiah mahasiswa. Metode pelaksanaan melalui sosialisasi awal: Menjelaskan pentingnya manajemen referensi dan pengenalan manfaat Mendeley, diskusi serta pengisian kuisioner awal. Pelaksanaan: Penyampaian materi menggunakan presentasi PowerPoint, demo instalasi dan pembuatan sitasi otomatis, serta sesi praktikum mengelola referensi. Evaluasi: Menggunakan kuisioner dan penilaian langsung setelah setiap tahap untuk mengukur pemahaman dan efektivitas pelatihan. Pendekatan yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan tugas praktik langsung. Peserta kegiatan terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Buton, sebanyak 105 peserta. Mitra sasaran utama adalah mahasiswa dari berbagai semester yang memerlukan pengelolaan referensi dan sitasi dalam penulisan karya ilmiah mereka. Pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi Mendeley disambut dengan baik oleh mahasiswa. Mahasiswa menunjukkan peningkatan pemahaman tentang manfaat manajemen referensi dan penggunaan Mendeley. Mahasiswa merasa terbantu dalam menyusun daftar pustaka dan mengelola referensi secara digital, mengurangi risiko kesalahan sitasi dan plagiarisme. Karya ilmiah mahasiswa menjadi lebih sistematis, lengkap, dan relevan. Kegiatan ini disambut positif dan diharapkan dapat berkelanjutan serta meningkatkan kualitas karya akademik mahasiswa dan dosen. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pengelolaan referensi menggunakan Mendeley.
Kata kunci: Mendeley, Referensi, Sitasi.
ABSTRACT
Many students and researchers face challenges in managing references and citations manually, which is time-consuming and risky for errors, such as plagiarism and inaccurate bibliography. Digital technology and software such as Mendeley are considered a solution to facilitate efficient and accurate reference management. In addition, many students do not fully understand the use of this application, so they need training to improve their mastery. The objectives of this activity are: Improving students' ability to manage accurate and effective references and citations, Introducing Mendeley software as a tool in managing references and citations, Improving the quality of students' scientific work through the use of Mendeley software, Improving students' ability to produce systematic and accurate scientific work, reducing citation errors and plagiarism in students' scientific work. Implementation method through initial socialization: Explaining the importance of reference management and introducing the benefits of Mendeley, discussion and filling out the initial questionnaire. Implementation: Delivery of material using PowerPoint presentations, demos of automatic installation and citation creation, and practical sessions on managing references. Evaluation: Using questionnaires and direct assessments after each stage to measure understanding and effectiveness of the training. The approaches used include lectures, discussions, and direct practice assignments. The participants of the activity consisted of students of the Faculty of Economics and Business, Muhammadiyah University of Buton, totaling 105 participants. The main target partners are students from various semesters who require reference and citation management in writing their scientific papers. Training and mentoring in using the Mendeley application were well received by students. Students showed an increased understanding of the benefits of reference management and the use of Mendeley. Students felt helped in compiling bibliographies and managing references digitally, reducing the risk of citation errors and plagiarism. Students' scientific papers became more systematic, complete, and relevant. This activity was welcomed positively and is expected to be sustainable and improve the quality of academic work of students and lecturers. These results indicate that the training is effective in improving student competence in managing references using Mendeley.
Keywords: Mendeley, References, Citations
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Everhard Markiano Solissa, Muhamad Syafii, Nurul Hikmah, Hendra Sudarso, Yayuk Suprihartini, H. M. (2024). Pelatihan pemanfaatan mendeley dalam menyusun daftar pustaka dan mengelola referensi penelitian di perguruan tinggi. Community Development Journal, 5(5), 10161–10165.
Hamzah, R. A., Musbaing, & Hastati, S. (2023). Pelatihan Penulisan Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Pgsd Universitas Islam Makassar. DEDIKASI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 188–197. Retrieved from https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/1154/pdf
Handayani, P., & Anita Silviyani, Y. (2023). Pelatihan Penulisan Sitasi dalam Artikel Ilmiah dengan Aplikasi Mendeley pada Mahasiswa Politeknik LP3i Jakarta. Fokus Abdimas, 1(2), 72–79. Retrieved from www.plagiarism.org
Harared, N., & Iriyansah, M. R. (2021). Mendeley: Sitasi Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 381. https://doi.org/10.30651/aks.v5i3.3511
Haunschild, R. (2021). Mendeley Handbook Bibliometrics. https://doi.org/10.1515/9783110646610-028
Inanna, I., Rahmatullah, R., Ampa, T., & Nurjannah, N. (2020). Pengelolaan Referensi Karya Ilmiah Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Aplikasi Mendeley. Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29–34.
Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37
Nugrahanti, T. P., Napis Qurtubi, A., Nazmi, R., Husnita, L., & Zahruddin, A. (2023). Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat. Journal of Human and Education, 3(2), 585–591. Retrieved from http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/292
Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849
Prema, K., & Periasamy, D. M. N. (2022). Stock Price Reaction and Market Efficiency on Budget Announcement During Covid Periods: An Empirical Analysis of Indian Stock Market. Remittances Review, 7, 72–86. https://doi.org/10.47059/rr.v7i2.2413
Rincón Castillo, A. G., Pacori Paricahua, E. W., Pacori Paricahua, A. K., Prado Lopez, H. R., Huayta-Meza, F. T., Rojas León, C. R., … Arias-Gonzáles, J. L. (2022). Bibliographic Reference management: The Role of Technological Appropriation in Students. Eurasian Journal of Educational Research, 2022(100), 133–157. https://doi.org/10.14689/ejer.2022.100.010
Siagian, F. R. D., Louk, M. J. H., Fufu, R. D. A., Boleng, L. M., & Wijaya, I. N. W. E. (2023). Kontribusi Penerapan Mendeley Pada Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(1), 26–30. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i1.2193
Sujarwo, Vivit Rosmayanti, Asdar, Erhanuddin, Kaharto, J. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Desktop Persiapan Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa. PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 103–111.
Triyanto, T., Yana, R. H., & Nurkhalis, N. (2020). Sosialisasi Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 7. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2053
Wahrini, R., Arnanto, G. C., Elektronika, P. T., Makassar, U. N., Elektronika, P. T., Makassar, U. N., … Masyarakat, P. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa Semester Akhir Jurusan PTA Universitas Negeri Makassar. 2, 155–160.
Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Wardiningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827.1
Yusdita, E. E., & Utomo, S. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Sebagai Reference Tool Pada Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unipma. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 36. https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.13525
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31413
Refbacks
- There are currently no refbacks.