EDUKASI PENGGUNAAN KOSMETIKA AMAN DAN LEGAL DI KALANGAN SISWA SMA

Istianatus Sunnah, Agitya Resti Erwiyani, Sikni Retno Karminingtyas

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Persentase penggunaan kosmetika saat ini meningkat tajam. Distributor kosmetika semakin berlomba memberikan diskon sehingga berdampak pada pembelian kosmetika secara online serta penggunaan kosmetika ilegal dan palsu. Efek berbahaya dapat timbul akibat penggunaan kosmetik ilegal dan palsu. Oleh karena itu, sangatlah diperlukan persyaratan aman dan legal untuk penggunaan kosmetika. Tujuan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa terhadap pemilihan kosmetik yang aman, legal dan asli secara online. Metode yang digunakan yaitu pemberian edukasi, pemberian kuesioner materi terkait dengan kosmetik aman dan  legal. Mitra sebagai target pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah 150 siswa SMA kelas XII di Kabupaten Semarang. Pretes dan postes dalam bentuk kuesioner tentang 3 materi disampaikan. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan statistika SPSS untuk persentase tingkat pemahaman baik, sedang dan kurang. Hasil kegiatan edukasi tentang penggunaan kosmetik yang aman dan legal, diikuti 150 siswa SMA yang terdiri dari 58 siswa dan 92 siswi kelas XII. Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 92 siswi memiliki kepedulian terhadap penggunaan kosmetik yang aman dan legal.  Hasil tingkat pemahaman menunjukkan bahwa siswi memiliki tingkat pemahaman baik (77,17 %), pemahaman cukup (26,30%) dan 6,52% memiliki pemahaman kurang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswi SMA kelas XII di Kabupaten Semarang rata-rata memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan kosmetik aman dan legal.

 

Kata kunci: edukasi; kosmetika;siswa;pemahaman

 

ABSTRACT

The percentage of cosmetic use is currently increasing sharply. Cosmetic distributors are increasingly competing to provide discounts, which has an impact on online cosmetic purchases and the use of illegal and fake cosmetics. The use of illegal and fake cosmetics can have harmful effects on the body. Therefore, safe and legal requirements for the use of cosmetics are very much needed. The purpose of implementing this activity is to analyze the level of student understanding of choosing safety, legality cosmetics by online. The method used is providing education, providing questionnaires on materials related to safety and legality cosmetics. The partners as the target for implementing this PKM activity are 150 high school students in grade XII in Semarang Regency. Pretests and posttests in the form of questionnaires about 3 materials were delivered. The results of the questionnaire were analyzed using SPSS statistics for the percentage of good, moderate and poor understanding levels. The results of educational activities on the use of safe and legal cosmetics were attended by 150 high school students consisting of 58 male and 92 female students in grade XII. Based on the results of the questionnaire, 92 female students were concerned about the use of cosmetics which are safe and legal. The results of the level of understanding show that female students have a good level of understanding (77.17%), sufficient understanding (26.30%) and 6.52% have poor understanding. Based on these results, it can be concluded that female high school students in grade XII in Semarang Regency on average have a good understanding of the use of safe and legal cosmetics.

                                                                                            

Keywords: education; cosmetics; students; understanding.


Keywords


edukasi; kosmetika;siswa;pemahaman

Full Text:

PDF

References


Ashiela, Kurniawati, D. and Palimbo, A. (2023) ‘Pengaruh Small Group Discussion (SGD) terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa MAN 2 Banjarmasin tentang Penggunaan Antibiotik’, Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains (JIKS), 5(1), pp. 27–32.

BPOM RI, P.B. (2023) Berita Negara, Pengawasan Pembuatan dan Peredaran Kosmetik.

Dewi, A.C. (2024) ‘Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Di Era Digital’, JRGI, 3(3), pp. 165–170

Dewi, R.K. (2021) ‘Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna’, Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), pp. 255–262. Available at: https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525.

Estari AW (2020) ‘Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran’, Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), pp. 1439–1444. Available at: https://jurnal.uns.ac.id/shes.

Hasrin, A. and Sidik, S. (2023) ‘Tren Kecantikan Dan Identitas Sosial: Analisis Konsumsi Kosmetik Dan Objektifikasi Diri Di Kalangan Perempuan Kota Palopo’, Jurnal Analisa Sosiologi, 12(4). Available at: https://doi.org/10.20961/jas.v12i4.71618.

Lestari, R.D. and Widayati, A. (2022) ‘Profil Penggunaan Kosmetika di kalangan Remaja Putri SMK Indonesia Yogyakarta’, Majalah Farmaseutik, 18(1), p. 8. Available at: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v18i1.70915.

Mardiyati, B.D. and Yuniawati, R. (2015) ‘Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau Dari Jenis Sekolah (SMA DAN SMK)’, Emphaty, 3(1), pp. 31–41.

Notalia, V., Octaria, D. and Sumarno, E. (2023) ‘Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Palembang’, Jurnal Sinar Edukasi, 04(3), pp. 10–22.

Pradnyandewi, A.A. (2023) ‘Perlindungan Konsumen Terhadap Kosmetik Tidak Terdaftar Bpom Yang Beredar Di E-Commerce’, Jurnal Kertha Desa, 11(9), pp. 3266–3275.

Salsa Bela, A., Indriati, R. and Sari Wardani, A. (2024) ‘Rancang Bangun Sistem Penjualan Online Skincare’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), pp. 8106–8114. Available at: https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.10654.

Syamsudin, A. (2015) ‘Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak. Available at: https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882.

Syauki, W.R. and Amalia Avina, D.A. (2020) ‘Millennial women’s perceptions and preferences for using skincare in a marketing communications perspective (Persepsi dan preferensi penggunaan skincare pada perempuan milenial dalam perspektif komunikasi pemasaran)’, Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), p. 42.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.