PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI IN HOUSE TRAINING

Indri Ayu Widiyanti

Abstract


Pergantian kurikulum menjadi tantangan bagi para guru, khususnya guru pendidikan anak usia dini yang memiliki latar belakang Pendidikan yang berbeda. Pemahaman pada kurikulum Merdeka perlu muncul dari keinginan belajar secara mandiri. Bagi para pendidik PAUD tentunya cukup banyak kendala dalam memahami kurikulum secara mandiri. Oleh karena itu, Kegiatan In House Training ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada seluruh warga sekolah, khususnya tenaga pendidik, mengenai konsep, prinsip,dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka yang dapat berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Adapun metode pengabdian ini dilakukan melalui In House Training yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu 1) Persiapan; 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Waktu pelaksanaan kegiatan dilakukan selama 8 pertemuan selama 1 bulan. Adapun hasil yang terlihat dari hasil pre-post test dimana terdapat peningkatan rata-rata skor dari 73,33 (pre-test) menjadi 87,5 (post-test), menunjukkan bahwa kegiatan In House Training (IHT) berdampak positif terhadap pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka. Peningkatan kompetensi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD melalui In House Training ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan pendidik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Merdeka Belajar.


Keywords


In-house Training; Kurikulum Merdeka; PAUD; Peningkatan Kompetensi Guru

References


Aesti, S., & Aryani, R. (2023). Motivasi Belajar Guru dan Penguasaan Teknologi Informasi Guru terhadap Pemahaman Implementasi Kurikulum Merdeka Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1437–1447. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1520

Ashfarina, I. N., Soedjarwo, S., & Wijayati W, D. T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1355–1364. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.442

Awalya. (2012). Benefits of Early Childhood Education For Personal Development and Children Social. Indonesian Jurnal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 1–8.

Azizah, E. N., Tanto, O. D., Naningtias, S. A., & Rahmawati, R. U. (2021). Menyusun Kurikulum Paud (Perencanaan Pembelajaran Dari Rumah Selama Menghadapi Pandemi Covid-19). IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(1), 14–19. https://doi.org/10.37471/ijce.v2i1.215

Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, 10(2), 107–135.

Dali, D., Bau, A. S., Samsuddin, S., & Mashar, H. M. (2023). Peningkatan Partisipasi Orangtua Dalam Pencegahan Stunting Pada Balita Di Desa Bokori Kecamatan Soropia. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(1), 194–197. https://doi.org/10.35311/jmpm.v4i1.207

Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11–16.

Ilmaa, M., Syafri, H., & Purwati, P. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 2006–2013. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1427

Ilmiah, A. F., & Yoenanto, N. H. (2024). Implementasi In-House Training dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. PERNIK Jurnal PAUD, 7(2), 48–61.

Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603

Khadse, T., Dond, M., Gaonkar, D. S. M., & Khan, D. D. (2022). Atma-Nirbhar/Self Reliance: Analyzing the effectiveness of In-House Training and Development Models. Journal of Advances in Education and Philosophy, 6(2), 71–79. https://doi.org/10.36348/jaep.2022.v06i02.004

Kusmayadi. (2020). Efektifitas in House Training untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Bertanya. ARJI : Action Research Journal Indonesia, 2(3). arji.insaniapublishing.com/index.php/arji

Marzoan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122.

Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435

Pusari, R. W. (2013). Peran Pendidik PAUD Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Peranan Kepala Sekolah, Guru, Dan Guru Pembimbing Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, 115–124.

Rahayu, R. N., Mulyadi, D., Listiani, T., Aris, N., Asmara, A., & Jubaedah, E. (2022). Model In House Training (IHT) for Social Teacher Competency Development at Junior High School. ICAS, 1, 318–324. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-104-3

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Di Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(November), 381–390. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122

Rochayadi, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru di PAUD Bougenville Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 4(2252), 1–10.

Rohiyatun, B., Garnika, E., & Jaswandi, L. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di KB PAUD Permata Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1234–1242.

Rohmani, N. (2021). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625–632. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.262

Rosa, N. (2016). Penerapan Program in House Training Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(1), 128–134.

Sarnoto, A. Z. (2012). Profesionalisme Guru Anak Usia Dini. Seminar Nasional Peran Pengasuhan Anak RA Dalam Membangun Karakter Bangsa, 89–98.

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.44

Sudirman, Mahmud, H., & Sanusi, S. (2023). Peningkatkan Kreativitas Mengajar Guru Melalui In House Training di SDIT Al Wahdah Bone-Bone Luwu Utara. Didaktika: Jurnal …, 12(4), 469–486. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/256

Yusuf Ali, E., & Takdir, M. (2024). Penyelenggaraan Program In-House Training sebagai Upaya Membentuk Guru Profesional. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 457–470. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1783




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.