PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI IN HOUSE TRAINING
Abstract
ABSTRAK
Para pendidik pendidikan anak usia dini menghadapi tantangan saat adanya pergantian kurikulum. Kemampuan untuk memahami kurikulum merdeka disarankan pemerintah untuk dapat dipelajari secara mandiri melalui sarana yang disediakan. Para pendidik PAUD pasti akan menghadapi banyak tantangan dalam memahami kurikulum secara mandiri. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang baik, terutama bagi tenaga pendidik tentang cara menerapkan Kurikulum Merdeka. Agar pendidik memiliki kemampuan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka yang dapat berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran di institusi pendidikan anak usia dini. Adapun metode pengabdian ini dengan In-house Training yang dilakukan dalam tiga tahap: persiapan; pelaksanaan; dan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan di lembaga pendidikan anak usia dini yaitu TAAM (Taman Asuh Anak Muslim) Happy Kids dan PAUD Melati Ceria Kecamatan Andir Kota Bandung dengan jumlah pendidik sebanyak 12 orang guru selama delapan pertemuan. Hasil pre-post test menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 73,33 di pre-test menjadi 87,5 di post-test, menunjukkan bahwa kegiatan In-house Training (IHT) berdampak positif terhadap pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka. In-house Training ini juga meningkatkan kemampuan guru untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di PAUD yang mengindikasikan bahwa kegiatan In-house Training ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan pendidik dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang efektif.
Kata kunci: In-house Training, Kurikulum Merdeka, PAUD, Peningkatan Kompetensi Guru
ABSTRACT
Early childhood education educators face challenges when the curriculum changes. The ability to understand the independent curriculum is recommended by the government to be learned independently through the tools provided. PAUD educators will certainly face many challenges in understanding the curriculum independently. Therefore, the purpose of this service activity is to provide a good understanding, especially for educators, on how to implement the Independent Curriculum. So that educators have the ability to implement the Merdeka Curriculum which can have a positive impact on the quality of learning in early childhood education institutions. The method of this service is In-house Training which is carried out in three stages: preparation; implementation; and evaluation. The activity was carried out at Eearly Childhood Education Institution namely TAAM Happy Kids and PAUD Melati Ceria, Andir District, Bandung City with a total of 12 teachers for eight meetings. The pre-post test results show an increase in the average score from 73.33 in the pre-test to 87.5 in the post-test, indicating that In-house Training (IHT) activities have a positive impact on teachers' understanding of the Merdeka Curriculum. This In-house Training also improves teachers' ability to implement the Merdeka Curriculum in PAUD, which indicates that this In-house Training activity has succeeded in increasing educators' understanding and skills in designing and implementing effective learning.
Keywords: In-house Training, Merdeka Curriculum, Early Childhood Education, Teacher Competency Improvement
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aesti, S., & Aryani, R. (2023). Motivasi Belajar Guru dan Penguasaan Teknologi Informasi Guru terhadap Pemahaman Implementasi Kurikulum Merdeka Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1437–1447. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1520
Ashfarina, I. N., Soedjarwo, S., & Wijayati W, D. T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1355–1364. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.442
Awalya. (2012). Benefits of Early Childhood Education For Personal Development and Children Social. Indonesian Jurnal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 1–8.
Azizah, E. N., Tanto, O. D., Naningtias, S. A., & Rahmawati, R. U. (2021). Menyusun Kurikulum Paud (Perencanaan Pembelajaran Dari Rumah Selama Menghadapi Pandemi Covid-19). IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(1), 14–19. https://doi.org/10.37471/ijce.v2i1.215
Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, 10(2), 107–135.
Dali, D., Bau, A. S., Samsuddin, S., & Mashar, H. M. (2023). Peningkatan Partisipasi Orangtua Dalam Pencegahan Stunting Pada Balita Di Desa Bokori Kecamatan Soropia. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(1), 194–197. https://doi.org/10.35311/jmpm.v4i1.207
Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11–16.
Ilmaa, M., Syafri, H., & Purwati, P. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 2006–2013. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1427
Ilmiah, A. F., & Yoenanto, N. H. (2024). Implementasi In-House Training dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. PERNIK Jurnal PAUD, 7(2), 48–61.
Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603
Khadse, T., Dond, M., Gaonkar, D. S. M., & Khan, D. D. (2022). Atma-Nirbhar/Self Reliance: Analyzing the effectiveness of In-House Training and Development Models. Journal of Advances in Education and Philosophy, 6(2), 71–79. https://doi.org/10.36348/jaep.2022.v06i02.004
Kusmayadi. (2020). Efektifitas in House Training untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Bertanya. ARJI : Action Research Journal Indonesia, 2(3). arji.insaniapublishing.com/index.php/arji
Marzoan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122.
Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435
Pusari, R. W. (2013). Peran Pendidik PAUD Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Peranan Kepala Sekolah, Guru, Dan Guru Pembimbing Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, 115–124.
Rahayu, R. N., Mulyadi, D., Listiani, T., Aris, N., Asmara, A., & Jubaedah, E. (2022). Model In House Training (IHT) for Social Teacher Competency Development at Junior High School. ICAS, 1, 318–324. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-104-3
Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Di Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(November), 381–390. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122 DOI:
Rochayadi, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru di PAUD Bougenville Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 4(2252), 1–10.
Rohiyatun, B., Garnika, E., & Jaswandi, L. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di KB PAUD Permata Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1234–1242.
Rohmani, N. (2021). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625–632. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.262
Rosa, N. (2016). Penerapan Program in House Training Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(1), 128–134.
Sarnoto, A. Z. (2012). Profesionalisme Guru Anak Usia Dini. Seminar Nasional Peran Pengasuhan Anak RA Dalam Membangun Karakter Bangsa, 89–98.
Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.44
Sudirman, Mahmud, H., & Sanusi, S. (2023). Peningkatkan Kreativitas Mengajar Guru Melalui In House Training di SDIT Al Wahdah Bone-Bone Luwu Utara. Didaktika: Jurnal …, 12(4), 469–486. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/256
Yusuf Ali, E., & Takdir, M. (20214). Penyelenggaraan Program In-House Training sebagai Upaya Membentuk Guru Profesional. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 457–470. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1783
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31829
Refbacks
- There are currently no refbacks.