PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK PROMOSI DIGITAL PRODUK UMKM: STUDI KASUS TEMPE BU ESI

Gustina Masitoh

Abstract


UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian lokal, namun banyak pelaku UMKM masih menghadapi kendala dalam hal promosi produk terutama di era digital saat ini. Salah satu permasalahannya adalrah kuang pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media digital untuk promosi. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan promosi digital produk, berupa desain kemasan baru, konten media social atau katalog digital. Metode pelatihan ini adalah studi kasus produk UMKM Bu Esi, berbasis analisis produk UMKM dan membuat desain grafis. Hasilnya adalah memiliki hasil yang signifikan, baik berupa peningkatan keterampilan maupun dampak terhadap promosi produk UMKM tempe Bu Esi. selanjutnya peningkatan pemahaman dan ketrampilan menggunakan aplikasi desain grafis berupa canva, membuat desain visual yang menarik untuk produk UMKM tempe Bu Esi. Simpulan pelatihan ini adalah mitra UMKM produk tempe BU Esi, tidak hanya mampu mengoprasikan aplikasi desain grafis seperti canva, tetapi mampu menghasilkan desain produk dengan kemasan baru yang sesuai dengan identitas produk UMKM tempe Bu Esi. Pelatihan ini disarankan untuk menyelenggrakan pelathan lanjutan yang encakup branding dan strategi pemasaran digital secara menyeluruh.


Keywords


Desain Grafis; Pelatihan UMKM; Promosi Digital; Produk Lokal

References


Alawiah, E. T., & Setyorini, D. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pelatihan Pembuatan Label Kemasan menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 279–285.

Amaliah Nafiati, D. (n.d.). Kewirausahaan UMKM. Aikomedia Press.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital Marketing 8th Edition (Eight). London: Pearson.

Dwi, A., Saul, R., & Hendry, M. (2024). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA CANVA SEBAGAI ALAT PERAGA BISNIS BAGI INDUSTRI USAHA KERIPIK Jurnal Pengabdian Masyarakat Anshara Madani ( JPMAM ). 2(2).

Graciafernandy, M. A., ST, S. M., MT, M. M., Susilawati, S. E., Arofah, R. U., SM, M. M., Prasetya, P., Wardhana, M. M. D. C. A., MM, C., & Putri, N. K. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN (MENUJU MARKETING 5.0).

Karim, A., Fadlina, F., & Ginting, G. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(1), 12–16.

Kewirausahaan, J., Susena, K. C., Hidayah, N. R., Manajemen, P. S., Bengkulu, U. D., Akuntansi, P. S., & Bengkulu, U. D. (2023). Strategi pemasaran produk tempe melalui digital marketing. 5(2), 47–52.

Kholil, M., Adilase, B. P., & Subrata, G. (2022). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Wilayah Desa Jembrak Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 2(2), 80–86.

Mukti, M. W., Gini, N. T., Asma, N. Z. A., Nastiti, G. R., Sabrina, R. R., Shofanida, N. A., Rahwamati, A., Putri, L. W., & Rastyardjo, A. M. (2024). MENINGKATKAN DAYA TARIK PROMOSI UMKM DESA PLOSO MELALUI PELATIHAN DESAIN GRAFIS DENGAN CANVA. Jurnal Abdimas Indonesia, 6(2), 135–141.

Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22–28.

Mutiarachim, A., & Tyoso, J. S. P. (2024). Pelatihan pembuatan media promosi mudah dan menarik dengan aplikasi Canva untuk UMKM di Desa Blerong Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 4(1), 1–9.

Saehan, A., Kusmanto, K., Suryadi, S., & Hidayat Pohan, T. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), 44–48. https://doi.org/10.58369/jpmg.v3i2.129

Yin, R. K. (2017). Case study research and applications: Design and methods. Sage publications.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.