PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK PROMOSI DIGITAL PRODUK UMKM: STUDI KASUS TEMPE BU ESI

Gustina Masitoh, Wardianto Wardianto, Rusmiati Rusmiati, Nurun Nisa Anggraini, Anggy WS

Abstract


ABSTRAK                                                                            

UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian lokal, namun banyak pelaku UMKM masih menghadapi kendala dalam hal promosi produk terutama di era digital saat ini. Salah satu permasalahannya adalah kuang pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media digital untuk promosi. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan promosi digital produk, berupa desain kemasan baru, konten media social atau katalog digital. Metode pelatihan ini adalah studi kasus produk UMKM Bu Esi dengan 10 mitra UMKM poduksi tempe, dilakukan beberapa tahapan yaitu, sosialisasi, pelatihan teknis pembuatan kemasan, praktik membuat desain, dan evaluasi hasil pelatihan. Hasilnya adalah memiliki hasil yang signifikan, baik berupa peningkatan keterampilan maupun dampak terhadap promosi produk UMKM tempe Bu Esi. selanjutnya peningkatan pemahaman dan ketrampilan menggunakan aplikasi desain grafis berupa canva, membuat desain visual yang menarik untuk produk UMKM tempe Bu Esi. Simpulan pelatihan ini adalah Peserta mampu membuat desain kemasan, dan konten media social yang menarik secara mandiri, dengan jumlah rata-rata sebesar 87,14% meningatkan pemahaman dan keterampilan peserta  dalam menggunakan aplikasi desain grafis untuk promosi digital produk UMKM tempe Bu Esi. Pelatihan ini disarankan untuk menyelenggrakan pelathan lanjutan yang mencakup branding dan strategi pemasaran digital secara menyeluruh.

 

Kata kunci: Desain Grafis; Pelatihan UMKM; Promosi Digital; Produk Lokal

 

ABSTRACT

MSMEs are one of the backbones of the local economy, but many MSME actors still face obstacles in terms of product promotion, especially in the current digital era. One of the problems is the lack of knowledge and skills in using digital media for promotion. This training aims to improve the ability to promote digital products in the form of new packaging designs, social media content, or digital catalogs. The training method is a case study of MSME products. Bu Esi, with 10 MSME tempeh production partners, carried out several stages, namely, socialization, technical training in making packaging, practice making designs, and evaluation of training results. The results are significant, both in the form of increased skills and impacts on the promotion of MSME tempeh products, Bu Esi. Furthermore, increasing understanding and skills in using graphic design applications in the form of Canva and creating attractive visual designs for MSME tempeh products for Bu Esi. The conclusion of this training is that participants are able to create packaging designs and attractive social media content independently, with an average of 87.14% increasing participants' understanding and skills in using graphic design applications for digital promotion of MSME tempeh products, Bu Esi. This training is recommended to organize advanced training that covers branding and digital marketing strategies as a whole.

Keywords:. Graphic Design; SME Training; Digital Promotion; Local Products


Keywords


Desain Grafis; Pelatihan UMKM; Promosi Digital; Produk Lokal

Full Text:

PDF

References


Alawiah, E. T., & Setyorini, D. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pelatihan Pembuatan Label Kemasan menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 279–285.

Amaliah Nafiati, D. (n.d.). Kewirausahaan UMKM. Aikomedia Press.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital Marketing 8th Edition (Eight). London: Pearson.

Dwi, A., Saul, R., & Hendry, M. (2024). Pendampingan Pemanfaatan Media Canva Sebagai Alat Peraga Bisnis Bagi Industri Usaha Keripik Jurnal Pengabdian Masyarakat Anshara Madani ( JPMAM ). 2(2).

Graciafernandy, M. A., ST, S. M., MT, M. M., Susilawati, S. E., Arofah, R. U., SM, M. M., Prasetya, P., Wardhana, M. M. D. C. A., MM, C., & Putri, N. K. (2024). Manajemen Pemasaran (Menuju Marketing 5.0).

Karim, A., Fadlina, F., & Ginting, G. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(1), 12–16.

Kewirausahaan, J., Susena, K. C., Hidayah, N. R., Manajemen, P. S., Bengkulu, U. D., Akuntansi, P. S., & Bengkulu, U. D. (2023). Strategi pemasaran produk tempe melalui digital marketing. 5(2), 47–52.

Kholil, M., Adilase, B. P., & Subrata, G. (2022). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Wilayah Desa Jembrak Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 2(2), 80–86.

Mukti, M. W., Gini, N. T., Asma, N. Z. A., Nastiti, G. R., Sabrina, R. R., Shofanida, N. A., Rahwamati, A., Putri, L. W., & Rastyardjo, A. M. (2024). Meningkatkan Daya Tarik Promosi Umkm Desa Ploso Melalui Pelatihan Desain Grafis Dengan Canva. Jurnal Abdimas Indonesia, 6(2), 135–141.

Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22–28.

Mutiarachim, A., & Tyoso, J. S. P. (2024). Pelatihan pembuatan media promosi mudah dan menarik dengan aplikasi Canva untuk UMKM di Desa Blerong Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 4(1), 1–9.

Saehan, A., Kusmanto, K., Suryadi, S., & Hidayat Pohan, T. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), 44–48. https://doi.org/10.58369/jpmg.v3i2.129

Yin, R. K. (2017). Case study research and applications: Design and methods. Sage publications.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.