SOSIALISASI KEBIJAKAN TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Siti Sanisah, Sri Rejeki, Fauzan Fauzan, Sirajuddin Sirajuddin, Nurin Rochayati, Arpan Islami Bilal, Lia Azali, Edi Edi, Ana Mardiana, Muhammad Sar'i

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Kasus kekerasan di sekolah terindikasi meningkat dari waktu ke waktu, dibutuhkan upaya ekstra untuk mencegah dan menangani kasus dimaksud agar tidak terus berkembang. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi kebijakan tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan sekolah. Pengabdian dilakukan dalam bentuk sosialisasi dengan mitra strategis pengabdian adalah SMP Negeri 5 Jonggat dengan melibatkan 50 orang sebagai peserta sosialisasi. Kegiatan pengabdian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, penyusunan materi sosialisasi, pelaksanaan sosialisasi, serta evaluasi dan tindak lanjut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan rerata pemahaman peserta dari 45 (pre-test) menjadi 85 (post test), kepuasan  88, relevansi materi sosialisasi 90, tanggapan dan pengalaman peserta mencapai 85 serta terbentuknya komitmen bersama dalam mencegah dan menangani kekerasan di sekolah. Kegiatan diharapkan menjadi langkah awal dalam menciptakan sistem perlindungan berkelanjutan di sekolah. Disarankan agar pihak sekolah melakukan kegiatan serupa secara berkala sebagai ruang edukasi untuk meminimalisir kasus kekerasan di sekolah sehingga tercipta ruang yang aman dan nyaman untuk seluruh penghuni sekolah.

 

Kata kunci: Sosialisasi Kebijakan; Pencegahan dan Penanganan Kekerasan; Lingkungan Sekolah; TPPK.

 

ABSTRACT

Cases of violence in schools are indicated to increase from time to time, and extra efforts are needed to prevent and handle these cases so that they do not continue to grow. This community service aims to socialize policies on preventing and handling violence in the school environment. The service was carried out in the form of socialization with the strategic partner of the service SMP Negeri 5 Jonggat involving 50 people as socialization participants. The service activity consists of four stages, namely planning, preparation of socialization materials, implementation of socialization, and evaluation and follow-up. The results of the activity showed an increase in the average understanding of participants from 45 (pre-test) to 85 (post-test), satisfaction from 88, relevance of socialization material to 90, responses and experiences of participants reached 85, and the formation of a joint commitment in preventing and dealing with violence in schools. The activity is expected to be the first step in creating a sustainable protection system in schools. It is recommended that schools conduct similar activities periodically as an educational space to minimize cases of violence in schools so as to create a safe and comfortable space for all school occupants.

 

Keywords: Policy Socialization; Violence Prevention and Handling; School Environment; TPPK

Keywords


Policy Socialization; Violence Prevention and Handling; School Environment; TPPK

Full Text:

PDF

References


Christiana, E. (2019). Identifikasi Bentuk Kekerasan dan Penangannya di Lingkungan Sekolah Dasar. Child Education Journal, 1(2), 58–64.

Chung, J.-K. (2023). Safeguarding Children from School Violence: A Systematic Analysis of The Issue of Psychological and Physical Pressures from Teachers and Peers. The Journal of Education, Culture, and Society, 2(1), 131–143.

Damanik, D. A. (2019). Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Sosiologi Pendidikan. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 77–90. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.77-90

Fatimah, A. S., Hidayat, Y., & Purbayani, R. (2024). Strategi Guru Dalam Mencegah Perilaku Bullying Sejak Dini di PAUD Bahrul Ihsan Kawasen. Jurnal Intisabi, 1(2), 90–102. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i2.11

Febrianti, L., Desvianti, E., Seruni, P. M., & Nurmania, Z. (2024). Pendidikan Anti Kekerasan Pada Anak Di Lingkungan Sekolah SMP YLPI Pekanbaru. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(1), 333–342. https://doi.org/10.33379/icom.v4i1.4019

Furlong, M., & Morrison, G. (2000). The School in School Violence: Definitions and Facts. Journal of Emotional and Behavioral Disorders, 8(2), 71–82. https://doi.org/10.1177/106342660000800203

Haramaini, R., & Tandos, R. (2021). Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hak dan Kewajiban Guru Ra Al Mukhlisin Ujung Krawang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 131–135. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i3.2050

Haryadi, R., Heriani, I., & Sanjaya, S. (2024). Bimbingan Teknis Strategi Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual di Sekolah Bagi Guru BK. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 137–147. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.10153

Intan, T., Ismail, N., & Handayani, V. T. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Alternatif Sebagai Mitigasi Dan Adaptasi Pada Masa Pandemi Covid-19. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 73–78. https://doi.org/10.30656/ka.v3i2.3043

Kang, K. A., Kim, S. J., Oh, B. doo, & Kim, Y. H. (2024). Development of a Chatbot for Cchool Violence Prevention Among Elementary School Students in South Korea: A Methodological Study. Child Health Nursing Research, 30(1), 45–53. https://doi.org/10.4094/chnr.2023.054

Karimah, A. F., Julia, J., Iswara, P. D., Ismail, A., Gusrayani, D., & Isrokatun, I. (2024). Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 416–424. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.841

Khomsin, A., Jaya, I., Chandra, N., & Utami, M. (2024). Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA): Sebuah Kajian Literatur Implementasi dan Dampaknya di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024, 12, 354–362.

Latumeten, A. A. T., Saputra, R. A., Arajlam, A., Rajagukguk, F. F., Aurel, F., Bachdar, L. K., & Sultan, M. (2023). Socialization of the Danger, Impact and Prevention of Sexual Violence on Children in SD Negeri 025 Kelurahan Argosari, Kabupaten Kutai Kertanegara. Jurnal Abdimas Gorontalo, 6(2), 126–135.

Maisaroh, M. (2019). Perintisan Kewirausahaan Berbasis Pesantren Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Kewirausahaan Pada Santri Pp Ar Risalah Mlangi Yogyakarta. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 1(1), 34–40. https://doi.org/10.20885/jamali.vol1.iss1.art4

Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. (2024). Literatur Review: Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Untuk Sekolah. 2024, 5(1), 826–834.

Meilantika, A. D., Rizky, A., & Masdah, S. (2024). Edukasi dan Pendampingan Permasalahan Kekerasan Seksual pada Siswa di Lingkungan Sekolah Menengah Atas. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38–43. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i1.3355

Menristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. Biro Hukum Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–36. https://doi.org/: Jakarta

Moreno, A. G., & Jurado, M. del M. M. (2024). Healthy Lifestyle in Adolescence: Associations with Stress, Self-Esteem and the Roles of School Violence. Healthcare (Switzerland), 12(63), 1–13. https://doi.org/10.3390/healthcare12010063

Muñoz-Troncoso, F., Cuadrado-Gordillo, I., Riquelme-Mella, E., Miranda-Zapata, E., & Ortiz-Velosa, E. (2023). Perception of School Violence: Indicators of Normalization in Mapuche and Non-Mapuche Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(24), 1–19. https://doi.org/10.3390/ijerph20010024

PPA. (2025). Peta Sebaran Jumlah Kasus Kekerasan Tahun 2025. Kementerian Perempuan Dan Perlindungan Anak. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Pramono, W., & Hanandini, D. (2022). Tindak Kekerasan Terhadap Anak di Sekolah: Bentuk dan Aktor Pelaku. Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.55850/simbol.v1i1.6

Sanisah, S., Dewi, N. K., Edi, & Rochayati, N. (2023). Analisis Alokasi Anggaran Pendidikan Secara Makro Serta Relevansinya Terhadap Capaian Human Development Index pada Dimensi Pendidikan. JAKA (Jurnal Analisis Kebijakan Kementrian Agama), 2(2), 111–126.

Sanisah, S., Edi, Rochayati, N., & Mas’ad. (2022). Penguatan Kapasitas Jurnalis Warga dalam Diseminasi Data dan Informasi Pembangunan. JCES: Journal of Character Education Society, 5(3), 661–676. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.9334

Sanisah, S., Rochayati, N., Milandari, B. D., & Darmurtika, L. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pendidik Sekolah Dasar dalam Membuat Media Pembelajaran Multimedia Berbantuan Aplikasi Canva for Education. JCES: Jurnal of Character Education Society, 5(1), 95–108.

Sibisi, N. N., Sibisi, N. T., & Mpofu, Z. F. (2024). Preventative Strategies to Curb School Violence: A Case Study of Selected Schools in Hhohho District of Eswatini, Mbabane. Social Sciences, 13(79), 1–18. https://doi.org/10.3390/socsci13020079

Sukirman. (2020). Teori, Model dan Sistem Pendidikan (Arifuddin (ed.); I). Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Utami, P. (2024). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Pembentukan Karakter SDM Milenial Yang Unggul di SMKN 6 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Abdimas Peradaban, 5(1), 9–13. https://doi.org/10.54783/ap.v5i1.32




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.32014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.