PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL, BRANDING DAN PACKAGING MODERN PADA UMKM JAMU TRADISIONAL

Novi Yanti Sandra Dewi, Muhammad Zaki Abdillah, Ahmad Hulaimi, Ahadiah Agustina, Nur Aini

Abstract


ABSTRAK

                                                                                               

Industri rumahan jamu tradisional Bude Nur menghadapi tantangan terkait pemasaran dan pengemasan produk. Program ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha melalui pelatihan yang mencakup tiga aspek utama: pemasaran digital, branding, dan desain kemasan modern. Pelatihan ini dilaksanakan dengan melibatkan tim pengabdian masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Mataram, berkolaborasi dengan mitra untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan profesional. Metodologi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif dan praktis, yang melibatkan mitra secara aktif dalam setiap tahapan program, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Selama pelatihan, mitra diajarkan cara memanfaatkan media sosial facebook dan platform e-commerce, untuk memperluas jangkauan pasar. Selain itu, pelatihan branding dan desain kemasan juga diberikan untuk membantu meningkatkan daya tarik produk jamu tradisional Bude Nur. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan daya saing produk Bude Nur yang signifikan. Mitra berhasil memanfaatkan strategi pemasaran digital yang lebih luas, mengembangkan merek yang lebih kuat, dan merancang kemasan produk yang lebih informatif dan menarik. Program ini berhasil memberikan dampak positif bagi Bude Nur dalam mengembangkan kemampuan pemasaran dan pengemasan, serta memperluas jangkauan pasarnya.

 

Kata kunci: pemasaran digital; branding; packaging; UMKM; jamu

 

ABSTRACT

Bude Nur's traditional herbal medicine home industry faces challenges related to product marketing and packaging. This program aims to improve business competitiveness through training covering three main aspects: digital marketing, branding, and modern packaging design. The training was conducted by involving a community service team from the University of Muhammadiyah Mataram, collaborating with partners to develop more effective and professional marketing strategies. The methodology used in this activity is a participatory and practical approach, which actively involves partners in every stage of the program, from planning to evaluation. During the training, partners are taught how to utilize social media platforms like Facebook and e-commerce platforms to expand market reach. In addition, branding and packaging design training is also provided to help increase the appeal of Bude Nur's traditional herbal medicine products. The results of this activity show a significant increase in the competitiveness of Bude Nur's products. Partners successfully utilized a broader digital marketing strategy, developed a stronger brand, and designed more informative and attractive product packaging. This program has successfully had a positive impact on Bude Nur in developing marketing and packaging capabilities, as well as expanding its market reach.

 

Keywords: digital marketing; branding; packaging; SMEs; herbal medicine


Keywords


digital marketing; branding; packaging; SMEs; herbal medicine

Full Text:

PDF

References


Achmad, W. (2023). MSMEs Empowerment through Digital Innovation: The Key to Success of E-Commerce in Indonesia. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(3), 469–475. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1742

Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM d. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2640–2651.

Arissaputra, R., Sentika, S., & Sena Rahma Amelia. (2023). Enhancing Brand Quality through Business Kit Assistance for Micro Enterprise Jamu Bandung. International Journal of Community Service Implementation, 1(2), 29–34. https://doi.org/10.55227/ijcsi.v1i2.166

Fauzi, I. M., Iswari, D. A., Negara, S. P. P. S., Susila, I., Putri, S. O., & Fadhilah, N. (2023). Pelatihan Pengemasan Sayuran Di Pekarangan Pangan Lestari Ngongak Tanduran Pangongangan Kota Madiun. Jurnal Daya-Mas, 8(2), 87–91. https://doi.org/10.33319/dymas.v8i2.135

Framita, D. S., & Maulita, D. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Hendarsyah, D. (2022). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. Wikuacitya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–99. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.23

Kusjuniati, K. (2022). UMKM Indonesia Menuju Industri Halal Dan Go Digital Dalam Memasuki Pasar Global. Widya Balina, 7(2), 462–468. https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.152

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624–632.

Mas’udah, K. W., Achmad, Z. A., Chayani, I. S. P., Multazam, N. A., & Putra, R. F. A. (2021). Pelatihan Desain Pengemasan Dan Pemasaran Kelompok Umkm Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Kota Surabaya Jawa Timur. SHARE: “SHaring - Action - REflection,” 7(2), 129–135. https://doi.org/10.9744/share.7.2.129-135

Meliza, M. (2022). Pelatihan Pengemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Ikan Nila Desa Degayu Pekalongan Utara. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(2), 51–54. https://doi.org/10.51747/abdipancamarga.v3i2.981

Permatasari, I., Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2023). Strategi Produk Dengan Pelatihan Pengemasan Produk Pada Kelompok Usaha Keripik Singkong Rk. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2914

Purwanto, P., Sari, F. N., Burasukma, M., & Nursolihah, S. (2021). The Role of Islamic Social Finance Through Ziswaf and BMT During the Covid-19 Pandemic. Malia Journal of Islamic Banking and Finance, 5(2), 81. https://doi.org/10.21043/malia.v5i2.11911

Sundaygara, C., & Dinnullah, R. N. I. (2021). Peningkatan Usaha Ukm Kerupuk Puli Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Pengemasan Produk. Abdimas Galuh, 3(2), 255. https://doi.org/10.25157/ag.v3i2.5491




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.33987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.