PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INKLUSIF UNTUK SISWA DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI ALOR
Abstract
ABSTRAK
Keterbatasan media pembelajaran yang sesuai menjadi tantangan utama dalam proses belajar-mengajar bagi siswa dengan gangguan pendengaran di SLB Negeri Alor. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inklusif yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa. Kegiatan dilaksanakan melalui beberapa metode, yaitu observasi, sosialisasi, workshop pembuatan media, serta uji coba dan pendampingan penggunaan media. Mitra dalam kegiatan ini adalah 6 orang guru dan kepala sekolah SLB Negeri Alor. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner dan observasi langsung selama proses implementasi. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan hard skill guru dalam merancang dan mengaplikasikan media pembelajaran visual sebesar 75%, serta peningkatan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar sebesar 68%. Media yang dikembangkan berupa modul cetak visual dan video pembelajaran dengan subtitle dan bahasa isyarat. Program ini memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran dan menjadi model praktik baik yang dapat direplikasi di SLB lain di wilayah NTT.
Kata kunci: media pembelajaran inklusif; gangguan pendengaran; SLB; hard skill; partisipasi belajar
ABSTRACT
The limited availability of appropriate learning media is a major challenge in the teaching and learning process for students with hearing impairments at SLB Negeri Alor. This community service aims to develop inclusive learning media that can increase active participation and student understanding. The activity was carried out through several methods, namely observation, socialization, media creation workshops, and trials and assistance in the use of media. The partners in this activity were 6 teachers and the principal of SLB Negeri Alor. Evaluation was carried out through questionnaires and direct observation during the implementation process. The results of the community service showed an increase in teachers' hard skills in designing and applying visual learning media by 75%, as well as an increase in student participation in learning activities by 68%. The media developed were in the form of visual print modules and learning videos with subtitles and sign language. This program has a positive impact on the quality of learning and is a model of good practice that can be replicated in other SLBs in the NTT region.
Keywords: inclusive learning media; hearing impairment; SLB; hard skills; learning participation
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqiella Salsa Fadia Hayya, R. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas Iii Sd. V(November).
Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Andri, N. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Inklusif. 5(5), 3607–3613.
Candra, W., & Safitri, D. (2020). Pengembangan Media Board Game Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. 6(November), 181–190.
Devi, S., Ardi, K., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa Di Sekolah Dasar. 5(1). Https://Doi.Org/10.23917/Bppp.V5i1.22934
Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa Sd Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. 1(3), 174–179.
Fahrur Rozi, A. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung. 05, 35–44.
Hamidaturrohmah. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. 8, 247–278.
Jesslin. (2020). Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. 3, 72–91.
Muhammad Ilham, W. E. H. (2020). The Development Of Social Studies Learning Devices With Scientific Method To Improve Critical Thinking Of Elementary Pendahuluan Karakteristik Materi Globalisasi Yang Memberikan Perubahan Yang Besar Pada Nilai- Nilai Yang Diyakini Oleh Masyarakat Di Masin. Vii(1), 12–29.
Ni Gusti Nyoman Estheriani, A. M. (2020). Reality Development Of Students ’ Thinking Creativity In Industrial Era 4 . 0 Through Learning Tools With Augmented Reality Media . Pembelajaran Yang Dilakukan Oleh Pendidik . Salah Satunya Adalah Metode Pembelajaran Dimana Melakukan Proses Pembelajaran . 22(2), 118–129.
Simbolon, N., Suartama, I. K., Studi, P., Pendidikan, T., & Ganesha, U. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata. 11.
Ulva, M., Studi, P., Matematika, P., Islam, U., Syarif, S., Riau, K., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Ilmu, F., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2020). Journal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus ( Autisme ) Di Sekolah Inklusif. 1, 9–19.
Unik Kurniawati, H. D. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1059.
Yunilda, H., Anwar, C., & Firdos, H. (2020). Profil Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus Ragam Slow Learner Di Kelas Inklusif Smp Garuda Cendekia Jakarta Kebijakan Penanganan Anak Berke-. 4(1), 37–51.
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.33991
Refbacks
- There are currently no refbacks.