SOSIALISASI PERENCANAAN KARIER PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH SOKARAJA

Danny Ontario Rusmono, Ahmad Fauzan Iswahyudi, Yoza Okta Saputra, Anung Probo Ismoko, Feliani Ananda Safitri

Abstract


ABSTRAK

Perencanaan karier merupakan hal penting bagi siswa sekolah menengah atas yang sudah memasuki kelas XII. Perencanaan karier dimulai dari proses memilih pendidikan, pilihan karier, serta mengelola karier yang dilakukan seumur hidup. Siswa yang tidak memiliki perencanaan karier yang baik, akan membuat dirinya kesulitan dalam menentukan langkah demi langkah dalam hidupnya. Hal ini tercermin di SMA Muhammadiyah Sokaraja. Dalam hal ini siswa kelas XII masih belum memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai perencanaan karier dan komponen penting di dalamnya dan meningkatkan pemahaman peserta dalam merencanakan karier. Pengabdian kali ini menggunakan metode sosialisasi dengan melibatkan SMA Muhammadiyah Sokaraja sebagai mitra pengabdian. Sosialisasi tersebut dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu a) persiapan sosialisasi dimana tim pengabdian melakukan koordinasi awal megnenai kebutuhan mitra, b) pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang terdiri dari tiga bagian yaitu pengantar, pemberian materi dan pasca sosialisasi, c) evaluasi sosialisasi yaitu melakukan analisis data pre-test dan post-test. Peserta kegiatan sosialisasi ini berjumlah 30 siswa kelas XII. Hasil dari sosialisasi perencanaan karier berupa peningkatan pemahaman peserta dengan perbedaan rata-rata pre-test dan post-test sebesar -4.7 poin (tanda negatif berarti hasil post-test lebih besar dari pre-test). Jika dilihat dari effect size data tersebut menunjukkan angka -1.02 yang berarti kegiatan sosialisasi ini memiliki pengaruh yang besar dengan persentase sebesar 84%. Dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini, diharapkan dapat menjadi kegiatan awal yang mempelopori kegiatan-kegiatan serupa di masa yang akan datang.

Kata kunci: Perencanaan Karier; Siswa SMA; Sosialisasi.


ABSTRACT


Career planning is an important matter for high school students, especially those in their final year. Career planning begins with the process of choosing an education, a career path, and lifelong career management. Students who lack good career planning will find it difficult to determine their life’s next steps. This is reflected at SMA Muhammadiyah Sokaraja, where 12th-grade students still lack clear goals and plans. The objective of this community service project was to provide knowledge and understanding of career planning and its important components as well as improving students’ level of understanding about career planning. This project utilized a socialization method with SMA Muhammadiyah Sokaraja as a partner. The socialization program was conducted in three phases a) preparation, where the team held intial coordination meetings to assess the partner’s needs, b) the implementation, which was comprised of three parts: an introduction, the presentation, and post-socialization, and c) the evaluation of this program, which involved analyzing data from pre- and post-tests. The socialization event was attended by 30 12th-grade students. The results showed an increase in participants’ understanding of career planning, with a mean difference between the pre- and post-test scores of -4.7 points (the negative sign indicates that the post-test scores were higher than the pre-test scores). The effect size from the data was -1.02, indicating that the socialization activity had a large effect, accounting for 84% of the variance. It is hoped that this type of socialization activity will be the first of many similar initiatives in the future.

Keywords: Career planning; High school students; Socialization program.


Keywords


Perencanaan Karier; Siswa SMA; Sosialisasi.

Full Text:

PDF

References


Aprizal, J. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pekanbaru. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ayu, M. N. K., Widarnandana, I. G. D., & Retnoningtias, D. W. (2022). Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 341–350. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021

Becker, L. A. (2000). Effect Size (ES). University of Colorado.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (Second Edition). Lawrence Erlbaum Associates.

Fajri, C. (2022). Memastikan penerapan industri 5.0 hadir merata di seluruh Indonesia. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/3018049/memastikan-penerapan-industri-50-hadir-merata-di-seluruh-indonesia

Hartono. (2018). Bimbingan Karier. Kencana.

Haryanto, Marti’ah, S., & Theodora, B. D. (2018). Perencanaan Karier Siswa Sma : Studi Konseptual. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 429–434.

Jati, P. I. (2019). Model Sosialisasi untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Nilai-Nilai Karanter Cinta Tanah Air dengan Menggunakan Strategi Reading Guide Kombinasi Team Quiz pada Pemuda Desa Tunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen Tahun 2019/2020. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jendro. (2023). Penerapan johari window dalam meningkatkan pemahaman diri siswa. Jurnal Mitra, 2(2). https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/48

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 dalam Pandemic Covid-19. Education and Learning Journal, 1(2), 102–112.

Lakens, D. (2013). Calculating and reporting effect sizes to facilitate cumulative science: A practical primer for t-tests and ANOVAs. Frontiers in Psychology, 4(NOV), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00863

Lindriati, S., Suntoro, I., & Pitoewas, B. (2017). Pengaruh Sosialisasi dan Tingkat Pemahaman Masyarakat terhadap Minat Pembuatan Akta Kematian Di Desa Purworejo. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(6), 1689–1703.

Meldona, & Siswanto. (2012). Perencanaan Tenaga Kerja: Tinjauan Integratif. UIN-Maliki Press.

Olejnik, S., & Algina, J. (2003). Generalized eta and omega squared statistics: measures of effect size for some common research designs. Psychological Methods, 8(4), 434–447. https://doi.org/10.1037/1082-989X.8.4.434

Sari, H. N., Rahmania, N., & Anshori, M. I. (2023). Pengembangan Karir dalam Era Ambiguitas. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1(4), 25–46.

Simatupang, A. (2020). Digitalisasi dan internasionalisasi pendidikan tinggi dalam pembentukan society 5.0 dan industri 5.0. Buku Karya Ilmiah Dosen UKI, 215–226. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Sunarsi, D. (2024). SWOT: Teori, Implementasi, Strategy. Penerbit Litnus.

Winkel, W. ., & Hastuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.