INOVASI SISTEM PEMBELAJARAN DAN SISTEM ADMINISTRASI DI SMP MUHAMMADIYAH 7 BOLON COLOMADU KARANGANYAR UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DAN PEMBELAJARAN
Abstract
ABSTRAK
SMP Muhammadiyah 7 Bolon Colomadu Karanganyar menghadapi permasalahan keterbatasan infrastruktur teknologi, belum adanya sistem pembelajaran digital (Learning Management System/LMS) dan sistem administrasi terintegrasi, serta rendahnya literasi digital guru dan siswa. Tujuan program ini adalah mengembangkan inovasi sistem pembelajaran dan administrasi berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan efisiensi administrasi sekolah. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, pelatihan literasi digital bagi guru dan staf, penyediaan infrastruktur pendukung, penerapan platform LMS, pendampingan, serta evaluasi berkelanjutan. Tahapan kegiatan ini dimulai dengan penyerapan aspirasi mitra bulan Mei 2025 dilanjutkan koordinasi dengan tim dosen dan mahasiswa merancang dan membuat aplikasi sesuai permasalahan mitra dari bulan Juli-September 2025 dan kemudian evaluasi kegiatan di bulan September 2025. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMP Muhammadiyah 7 Bolon dengan jumlah peserta 70 siswa, 15 guru, dan 5 staf administrasi. Evaluasi dilakukan melalui monitoring kuantitatif (partisipasi penggunaan LMS, data administrasi digital) dan kualitatif (FGD serta angket kepuasan). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan literasi digital guru dan siswa sebesar 100% sesuai target, efisiensi administrasi meningkat hingga 30%, serta efektivitas pembelajaran digital meningkat 25%. Program ini berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan pendidikan, kemandirian belajar siswa, serta mendukung pencapaian SDGs bidang pendidikan berkualitas dan inovasi teknologi.
Kata kunci: inovasi pembelajaran; administrasi digital; literasi digital; LMS; SMP Muhammadiyah 7 Bolon.
ABSTRACT
SMP Muhammadiyah 7 Bolon Colomadu Karanganyar faces the challenges is the lack of infrastuctures of technology, learning management system (LMS) and intregated administration system as well as the lack of literacy level of teachers and students. The objective of this program is developing effective innovation system in administration and learning management system. The methods consists of socialization, digital literacy training for staff, teachers, providing insfrastrucrure, implementation, coaching and sustainable evaluation. The stages of this program started with aspiration discussion in Mey 2025, continued with the coordination with team tesearch and students, designing and developing system based on the real problem from July-September 2025 and lasted with evaluation in September 2025. The join partner of this program is SMP Muhammadiyah 7 Colomadu with 70 students, 15 teachers, 5 staffs of administration. Evaluation done through quantitative monitoring (participation of LMS users, digital administration data) and qualitative (FGD and survey). The results of the program is the significant increase of digital literacy up to 100%, efficiency on administration 30% increase and effective learning process up to 25% increase. This program contributed on the quality service in learning, student independent learning in support of SDGs in qualified education and technology innovation.
Key words: innovation of learning; digital administration, digital literacy; LMS; SMP Muhammadiyah 7 Bolon.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade Kusumastuti, & Ahmad Mustamil Khoiron. (1385). Metode penelitian. 17, 302.
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. 1, 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724
Alfrida Retnodiani, A., & Hartono, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Work Engagement. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 717–732. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.3412
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Finita Dewi1), Fuad Abdul Hamied2), Nenden Sri Lengkanawati3), Emi Emilia4), S., & Ihrom5), M. (2017). Integrasi pembelajaran mendalam, pendekatan berbasis teks dan teknologi dalam pengajaran bahasa inggris. 8(i), 31–43.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Kurniawan, M. E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Lilin. Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 1–8.
Muamaroh, M., Setyabudi, T., Mujazin, Saifudin, Nurhidayat, N., & Enggarani, N. S. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis IT. Warta LPM, 27(1), 33–40. https://doi.org/10.23917/warta.v27i1.2547
Muhibudin, A. (2017). Paradigma Pemanfaatan Teknologi Informasi ( It ) Dalam Proses Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan ( Study Di Smp Negeri 2 Ciledug Kabupaten Cirebon). Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(2), 1–7.
Nur Endah Januarti1 dan Grendi Hendrastomo2. (2017). Inovasi Pembelajaran Sosiologi Kurikulum 2013 Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. 11(1), 92–105.
Nurvitasari, E., & Henie Poerwandar Asmaningrum. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Guru Dalam Pembelajaran Kimia Sma Di Distrik Merauke. Jurnal Magistra, 6(1), 34–44. https://core.ac.uk/download/pdf/268213993.pdf
Prof. Dr. Mukhlas Sumani, M. P. (2024). Belajar dan pembelajaran (teori belajar dan pembelajaran) (Issue August).
Sinta, V., Jakak, P. M., Masitoh, G., & Sari, N. L. (2025). Pelatihan Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Data Guru Mas Darussalam Tegal Rejo. Journal of Community Empowerment, 4(1), 62. https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31862
Tabanan, A. T. M. T. S. A. (2024). Penerapan model manajemen pembelajaran berbasis tik di mts al-amin tabanan implementation of ict-based learning management models at mts al-amin tabanan. 2(3), 1182–1184.
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34233
Refbacks
- There are currently no refbacks.