PENGELOLAAN TPQ AL–MUJAHIDIN MAYELAHA (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) BERBASIS KURIKULUM DINIYAH DI DESA WOLWAL TENGAH
Abstract
ABSTRAK
Hasil observasi dan wawancara yang kami lakukan diperoleh informasi bahwa guru TPQ kurikulum yang digunakan serta metode yang di gunakan masih sangat konvensional.Bimbingan yang berjalan saat ini adalah belajar membaca Al-Quran melalui metode iqro’ dan hapalan surat-surat pendek. Adapun Tujuan PKM Ini adalah untuk:1)memperbaiki tata kelola bimbingan baca Al-Qur’an; khususnya pada Kurikulum yang berbasis diniyah(2) membina kader-kader untuk menjadi sukarelawan dalam bimbingan baca tulis Al-Qur’an; (3) menambah menu bimbingan dengan beberapa kegiatan yang menunjang, seperti: tahfizh/murojaah, kitabah, tahsin, dan bacaan sholat/fiqih; serta (6) menata administrasi yang lebih komprehensif.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode ceramah,diskusi dan pelatihan serta sosialisasi..Adapun hasil yang di temukan adalah Melihat berbagai kendala yang dihadapi maka kami memberi masukan agar kurikulum diniyah coba di terapkan oleh pengelola dengan memberi pemahaman terkait dengan kurikulum ini dan dampaknya bagi peserta didik dan guru- guru sudah mulai memahami kurikulum diniyah.dari berbagai tahan kegiatan yang kami lakukan pengelola, guru antusias mengikuti kegiatan ini dan ada yang sudah mulai mempraktekkannya dengan memberi pelajaran tambahan berupada dasar -dasar Pendidikan islam.
Kata Kunci : Pengelolaan; TPQ; Kurikulum Diniyah; Desa Wolwal Tengah
ABSTRACT
The results of our observations and interviews revealed that the curriculum and methods used by TPQ teachers are still very conventional. The current guidance focuses on learning to read the Quran through the Iqro' method and memorizing short surahs.The objectives of this PKM are: 1) improving the governance of Quran reading guidance, particularly in the diniyah-based curriculum; 2) developing cadres to become volunteers in Quran reading and writing guidance; 3) expanding the guidance menu with several supporting activities, such as: tahfizh/murojaah, kitabah, tahsin, and prayer reading/fiqh; and 6) organizing a more comprehensive administration.The methods used in the research were lectures, discussions, training, and socialization.The results found were: Seeing the various obstacles faced, we provide input for administrators to try implementing the diniyah curriculum by providing an understanding related to this curriculum and its impact on students and teachers who have begun to understand the diniyah curriculum. From the various stages of activities we have carried out, administrators and teachers are enthusiastic about participating in this activity and some have started to practice it by providing additional lessons in the form of the basics of Islamic Education.
Keywords : Management; TPQ Al – Mujahidin Mayelaha; Diniyah Curriculum; Central Wolwal Village
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahuang, N. W. R. (2022). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Mutu Membaca al-Qur’an di Taman Pebdidikan al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Lorong Aspun Kota Ambon. IAIN Ambon.
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) sebagai upaya membentuk karakter pada anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 44–50.
Artanto, D. (2025). Pendampingan Pengelolaan Administrasi dan Tata Kelola Keuangan bagi Pengurus Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Lentera Salam Institute, 2(1), 19–27.
Azmi, M. N. (2022). Proses Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ An-Najah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1835–1840.
Bolotio, R., Hadirman, H., & Musafar, M. (2021). Prolematika Pengelolaan Pendidikan Islam Non-Formal Pada Komunitas Muslim. Jurnal Ilmiah Iqra’, 15(1), 32–47.
Humairoh, F., & Saefudin, A. (2025). Relevansi Kurikulum Madrasah Diniyah di Era Society 5.0: Studi Kasus Madrasah Diniyah Tarbiyatul Qur’an Ngasem Batealit Jepara. IQRO: Journal of Islamic Education, 8(2), 581–596.
Husna, R., Zulmuqim, Z., & Zalnur, M. (2022). Pendidikan Diniyah: Dinamika TPQ-TQA dan MDT (Awu) dan sejenisnya dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Kawakib, 3(1), 23–31.
Khoir, M. A., & Syarifuddin, H. (2024). Meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pengajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) melalui sekolah guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sistem 21 jam. Jurnal Al Basirah, 4(2), 91–112.
Khoir, M. A., Yanti, S. H., & Septiani, R. (2022). Optimalisasi pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan membaca Al-Qur’an metode Anaba bagi pengajar TPQ/TPA di Kelurahan Tipes Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 937–946.
Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 387–404.
Mulyono, M. (2014). Pemberdayaan pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an.
Oktaviani, Y., Zohriah, A., & Firdaos, R. (2023). Manajemen Kurikulum Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Dalam Meningkatkan Baca Tulis Alqur’an (Studi TPQ Al-Mujahidin dan TPQ Al-Muawwanah Kota Serang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4373–4381.
Purba, M. R. A., Halimah, S., Salminawati, S., & Sakdah, M. S. (2023). Analisis Kurikulum Diniyah Al-Washliyah di Madrasah Aliyah Al-Qismu ‘Aliy Medan. Instructional Development Journal, 6(2), 137–148.
Purwaka, S., Muhyidin, S., Sumadiono, S., & Rumbory, U. (2025). Pelatihan pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Kabupaten Jayapura. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 91–98.
Rahmatika, N. (2024). Kurikulum Madrasah Diniyah dan Relevansinya Dengan Kebutuhan Pendidikan Keagamaan di Madrasah Diniyah Al-Thohiriyah Sidoarjo. Journal of Islamic Education Leadership, 4(2), 105–115.
Yusuf, M., Khoiri, Y., In’am, A., & Mahrus, M. (2024). Pendampingan Pengelolaan Administrasi TPQ-Madin Menuju Lembaga Non Formal Berkualitas di Desa Talun Rejoso Nganjuk. DHARMA: Jurnal Pengabdian Masyarkat, 4(1), 10–27.
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34272
Refbacks
- There are currently no refbacks.