POJOK LITERASI KREATIF: STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BACA DAN CRITICAL THINKING SKILL GENERASI ALPHA

Siti Sanisah, Mirayati Mirayati, Hulaemi Umar, Rizka Al Fina, Miftahul Jannah Hendriques, Shafiyyah Shafiyyah, Musidan Musidan, Syafira Wahyu Safitri

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Minat baca dan critical thinking skill siswa sekolah dasar masih membutuhkan perhatian serius. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan critical thinking skill siswa di tingkat dasar melalui pembentukan pojok literasi kreatif. Mitra kegiatan adalah SD Negeri 3 Batu Putih, dengan target kegiatan seluruh Generasi Alpha di SD Negeri 3 Batu Putih, yang secara alami membutuhkan pendekatan belajar yang aktif, contextual, dan menyenangkan. Metode yang diterapkan meliputi komunikasi dan koordinasi dengan mitra, identifikasi masalah dan kebutuhan literasi di sekolah, perencanaan program partisipatif dan pengembangan materi, pelaksanaan pojok literasi kreatif, pelatihan bagi guru dan pendampingan terstruktur, monitoring dan evaluasi, refleksi, serta diseminasi hasil pengabdian. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa yang signifikan, terlihat dari frekuensi kunjungan ke pojok membaca dan partisipasi aktif dalam kegiatan membaca serta diskusi kelompok. Siswa juga menunjukkan kemajuan dalam critical thinking skill, termasuk kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menyampaikan pendapat secara logis. Peran guru sebagai fasilitator literasi sangat penting dalam membantu proses berpikir siswa. Pembentukan pojok literasi kreatif juga mendorong terciptanya atmosfer pembelajaran yang mendukung kolaborasi, empati, dan ekspresi diri. Program ini dapat dijadikan sebagai model implementasi literasi kritis yang dapat diterapkan di sekolah dasar lain dengan penyesuaian lokal. Disarankan agar program ini menjadi bagian dari strategi sekolah dalam membangun budaya literasi dan memperkuat criticala thinking skill sejak usia dini.

 

Kata kunci: pojok literasi kreatif, minat baca, berpikir kritis, generasi alpha, sekolah dasar.

 

ABSTRACT

The reading interest and critical thinking skills of elementary school students still require serious attention. This activity aims to increase the reading interest and critical thinking skills of elementary school students through the establishment of creative literacy corners. The partner for this activity is SD Negeri 3 Batu Putih, with the target audience being the entire Alpha Generation at SD Negeri 3 Batu Putih, who naturally require an active, contextual, and enjoyable learning approach. The methods applied include communication and coordination with partners, identification of literacy problems and needs in schools, participatory program planning and material development, implementation of creative literacy corners, training for teachers and structured mentoring, monitoring and evaluation, reflection, and dissemination of service results. The results of the activities showed a significant increase in students' interest in reading, as seen from the frequency of visits to the reading corner and active participation in reading activities and group discussions. Students also showed progress in critical thinking skills, including the ability to analyze, evaluate, and express opinions logically. The role of teachers as literacy facilitators is very important in helping students' thinking processes. The establishment of creative literacy corners also encourages the creation of a learning atmosphere that supports collaboration, empathy, and self-expression. This program can be used serve as a model for the implementation of critical literacy that can be applied in other elementary schools with local adjustments. It is recommended that this program be part of the school's strategy in building a culture of literacy and strengthening critical thinking skills from an early age.

 

Keywords: creative literacy corner, reading interest, critical thinking, alpha generation, elementary school.

Keywords


pojok literasi kreatif; minat baca; berpikir kritis; generasi alpha; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Abdelghani, R., Law, E., Desvaux, C., Oudeyer, P. Y., & Sauzéon, H. (2024). Interactive Environments for Training Children’s Curiosity Through The Practice of Metacognitive Skills: A Pilot Study. Proceedings of IDC 2023 - 22nd Annual ACM Interaction Design and Children Conference: Rediscovering Childhood, 495–501. https://doi.org/10.1145/3585088.3593880

Afriani, R., & Widodo, H. (2020). Literacy-Based Learning to Foster Critical Thinking in Elementary Students. Journal of Education and Practice, 11(12), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.7176/JEP

Alfiana, F., Wahyuningsih, R., & Jamaluddin, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Pendekatan TaRL Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2800–2804. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1783

Amalia, D. (2025). Enhancing Reading Interest and Comprehension through Literature Circles. JELP: Journal of English Language and Pedagogy, 4(1), 1–12.

Anggraini, T. R. (2017). Menulis Dan Mencatat Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 52. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.668

Apriyani, R., & Elizar. (2024). Fostering Reading Habits: The Impact of the Reading Corner Program in Elementary Schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 7(3), 503–514. https://doi.org/10.23887/jlls.v7i3.87996

Bhena, M. M. O., Yosefa Awe, E., Ngurah, D., Laksana, L., Noge, M. D., Citra Bakti, S., & Kunci, K. (2024). Peningkatan Budaya Literasi Peserta Didik Melalui Program Pojok Baca di SDK Mabhambawa Improving Students’ Literacy Culture Through the Reading Corner Program di SDK Mabhambawa. Action Research Journal Indonesia, 6(4), 377–391. https://doi.org/10.61227/arji.v6i4.232

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Febriana, M. P. M., Astuti, N., Diana, S. M., Sowiyah, S., & Pangestu, D. (2023). Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 89. https://doi.org/10.24042/terampil.v10i1.13725

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431 ISSN

Heard, J., Scoular, C., Duckworth, D., Ramalingam, D., & Teo, I. (2020). Critical Thinking : Skill Development Framework. The Australian Council for Educational Research (ACER), 1–26. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.19768

Khoirunnisa, A. R., & Sukartono. (2024). Pemanfaatan Pojok Baca Kreatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas Atas SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2049–2056. https://doi.org/10.58230/27454312.596

Laelani, E., Putri, Y. E., & Yuliadi, I. (2024). Evaluasi Pendekatan TaRL Modifikasi CaDik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa (Studi Kasus di SD Negeri 1 Sumbawa. Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(2), 248–257.

Maisaroh, M. (2019). Perintisan Kewirausahaan Berbasis Pesantren Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Kewirausahaan Pada Santri Pp Ar Risalah Mlangi Yogyakarta. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 1(1), 34–40. https://doi.org/10.20885/jamali.vol1.iss1.art4

Maulida, N., Ghasya, D. A. V., & Pranata, R. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. Journal on Education, 06(01), 6414–6420.

Mukarromah, T. T., & Harapan, E. (2023). Literasi Digital: Pentingnya Keterampilan Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(12), 109–116.

Nasarudin, A. A., Fatihah, A., Sherine, E. A., Erviana, F. N., Soliha, M., & Kafabih, A. (2024). Optimization of The Reading Corner Space as an Effort to Improve Primary School Students’ Literacy Skills. Journal of Community Service and Rural Development, 1(1), 31–36.

Papen, U. (2023). The (New) Literacy Studies: The Evolving Concept of Literacy as Social Practice and Its Relevance for Work with Deaf Students. Cultura & Psyché, 4(1), 67–84. https://doi.org/10.1007/s43638-023-00067-1

Paul, R., & Elder, L. (2019). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Learning and Your Life (4th ed.). Pearson Education.

Putri, A. O., Dwinatalia, E., Jamaludin, U., Setiawan, S., Membaca, L., Baca, M., Didik, P., & Dasar, S. (2024). Studi Literatur: Optimalisasi Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8966–8975.

Ritonga, R., Cahaya Putri, S., Huwaida, A., Amelia Nainggolan, N., Chatena Munte, C., William Iskandar, J., Medan Estate, P. V, Sei Tuan, P., & Serdang, D. (2025). Peran Lingkungan Pembelajaran terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar Kelas V di Sekolah Dasar Universitas Negeri Medan. Aliansi:Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 127–132.

https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i4.1033

Sanisah, S., Dewi, N. K., Edi, & Rochayati, N. (2023). Analisis Alokasi Anggaran Pendidikan Secara Makro Serta Relevansinya Terhadap Capaian Human Development Index pada Dimensi Pendidikan. JAKA (Jurnal Analisis Kebijakan Kementrian Agama), 2(2), 111–126.

Sanisah, S., Mas’ad, Rochayati, N., Zulkarnain, I., Arif, Milandari, B. D., & Darmurtika, L. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pendidik Sekolah Dasar dalam Membuat Media Pembelajaran Multimedia Berbantuan Aplikasi Canva for Education. JCES: Jurnal of Character Education Society, 5(1), 95–108.

Sanisah, S., Rochayati, N., & Mas’ad. (2022). Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking dan Mengkomunikasikan Hasil Belajar Geografi Dengan Teknik WS-2M. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 6(1), 47–56. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i1.4630

Sanisah, S., & Tohirin. (2024). WS-2M Learning : Langkah Konkrit Meningkatkan Meningkatkan Critical Thinking Skill dan Mengkomunikasikan Hasil Belajar Siswa. Deepublish: Yogyakarta.

Sari, D. P., Rahmawati, I., & Setiawan, R. (2021). Interactive Literacy Media for Enhancing Critical Thinking Skills of Primary School Students. International Journal of Instruction, 14(3), 309–326. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2021.14318a

Sarnoko, Asrowi, Gunarhadi, & Usodo, B. (2024). Feasibility of A Problem-Based Social Constructivism Learning Model to Improve Higher-Order Thinking Skills Among Primary School Students. Journal of Education and E-Learning Research, 11(3), 588–596. https://doi.org/10.20448/jeelr.v11i3.5927

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226

Siregar, A., & Simbolon, L. B. (2023). Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Bentuk Pojok Baca terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 101820 Pancur Batu T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11124. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8127

Syahrul, & Sumarni, N. (2022). Dialogic Literacy Practices to Enhance Higher-Order Thinking Skills of Elementary Students. Cogent Education, 9(1), 2109874. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2109874

Taufiqurrahman, T., Sanisah, S., Arif, A., Muharini, M., Khosi’ah, K., & Rochayati, N. (2024). Analisis Perilaku Phubbing Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. SOSIO EDUKASI Jurnal Studi Masyarakat Dan Pendidikan, 7(2), 61–74. https://doi.org/10.29408/sosedu.v7i2.24497

UMMAT, T. P. (2021). INOVASI Baselie Survey in Lombok Island-Nusa Tenggara Barat (Lombok Tengah dan Lombok Timur). mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram

Wibowo, D. E., Pelangi, I., Wahrini, R., Sari, D. P., & Pd, M. (2022). Inti Profil Pelajar Pancasila (1st ed.). Kreator Cerdasa indonesia, Kediri: Jawa Timur.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.