PERAN MONITORING DAN EVALUASI DALAM MENGUATKAN KINERJA STAF DAN MUTU LAYANAN REKAM MEDIS
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam unit kerja rekam medis di beberapa rumah sakit masih sering ditemukan, terutama terkait kurangnya monitoring dan evaluasi (monev) kinerja staf yang berdampak pada ketidakseimbangan beban kerja, kesalahan pengkodean diagnosis, serta kendala koordinasi antar staf. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman staf rekam medis mengenai pentingnya monev sebagai upaya mendukung mutu pelayanan rumah sakit. Kegiatan dilaksanakan di RS Mitra Paramedika pada tanggal 5 Agustus 2025 dengan metode sosialisasi, diikuti oleh 10 partisipan dari unit kerja rekam medis. Tahapan kegiatan meliputi: (1) koordinasi awal dengan manajemen rumah sakit dan unit rekam medis; (2) penyusunan materi dan instrumen evaluasi; (3) pelaksanaan sosialisasi dan diskusi partisipatif; (4) pelaksanaan pretest dan posttest; serta (5) monitoring dan evaluasi tindak lanjut hasil kegiatan. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pengetahuan, serta diskusi partisipatif untuk mengidentifikasi permasalahan aktual di lapangan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta sebesar 13,6% dari hasil pretest ke posttest, serta lahirnya rekomendasi perlunya instrumen monev yang lebih spesifik sesuai job description staf rekam medis, forum evaluasi rutin, serta pemanfaatan digitalisasi agar hasil monitoring lebih akurat dan mudah ditindaklanjuti. Dengan demikian, kegiatan ini berkontribusi dalam peningkatan softskill manajerial staf rekam medis dan mendukung tercapainya mutu pelayanan rekam medis yang lebih optimal.
Kata kunci: rekam medis; monitoring; evaluasi kinerja; mutu pelayanan; pengabdian masyarakat
ABSTRACT
Problems within medical record units in several hospitals are still frequently encountered, particularly related to the lack of monitoring and evaluation (monev) of staff performance. This situation leads to an imbalance of workload, errors in diagnostic coding, and difficulties in staff coordination. The aim of this community service activity was to enhance the understanding of medical record staff regarding the importance of monitoring and evaluation as an effort to support the quality of hospital services. The activity was carried out at Mitra Paramedika Hospital on August 5, 2025, using a socialization method and was attended by 10 participants from the medical record unit. The stages of the activity included: (1) initial coordination with the hospital management and the medical record unit; (2) preparation of materials and evaluation instruments; (3) implementation of socialization and participatory discussions; (4) administration of pre-test and post-test; and (5) monitoring and evaluation of the follow-up actions. Evaluation was conducted through pre-test and post-test to measure knowledge improvement and participatory discussions to identify actual problems in the field. The results showed an increase in participants’ understanding by 13.6% from pre-test to post-test, and produced recommendations such as the need for more specific monitoring and evaluation instruments tailored to the job descriptions of medical record staff, the establishment of regular evaluation forums, and the utilization of digitalization to ensure that monitoring results are more accurate and easier to follow up. Thus, this activity contributed to improving the managerial soft skills of medical record staff and supported the achievement of more optimal quality in medical record services.
Keywords: medical records; monitoring; performance evaluation; service quality; community service
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariestia, M., Yulihasri, & Supiyah. (2019). Monitoring Evaluasi Penerapan Sistem Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis Di Rumah Sakit Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang : Monitoring and Evaluation of Performance Management Development System Implementation Clinical Performance Management Development System at Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang Hospital. NERS Jurnal Keperawatan, 15(2), 147–154. https://doi.org/10.25077/NJK.V15I2.180
Asgiani, P., Purwanti, E., Azizah, F. N., Nurdiyansyah, A. K., & Suryaningsih, Y. (2024). Prosentase Akurasi Kode Diagnosa Kasus Gangguan Jiwa Pada Implementasi Rekam Medis Elektronik di RSUD Nyi Ageng Serang. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 14(2), 111–116. https://doi.org/10.47701/INFOKES.V14I2.4008
Budi, S. C. (2011). Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Quantum Sinergis Media.
Erawantini, F., Saraswati, G. D., Politeknik, J. K., Jember, N., Mastrip, J., & Box, P. (2020). Pengukuran Kinerja dengan Metode Human Resource Scorecard pada Petugas Rekam Medis di Salah Satu Rumah Sakit Daerah Kabupaten Lumajang. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 8(2), 118–118. https://doi.org/10.33560/JMIKI.V8I2.273
Fadlilah, N. A., Ardianto, E. T., Farlinda, S., Kesehatan, J., & Jember, N. (2020). Evaluasi Kinerja Petugas Koding Dan Klaim Jkn Rawat Inap di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(3), 275–280. https://doi.org/10.25047/J-REMI.V1I3.2059
Harefa, K. Y., Waruwu, S., Lase, H., & Eliagus, T. (2023). Implementasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Umbu Kabupaten Nias. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2054–2061. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6546/4545
Kaji Rina, C., Indah Fajar Dini, Y., Kunci, K., Bangun Citra Kaji, C., Kinerja, E., Sdm, P., & Karyawan, P. (2025). Analisis Sistem Evaluasi Kinerja Karyawan dan Pengembangan SDM pada CV Bangun Citra Kaji. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 666–673. https://doi.org/10.31004/JH.V5I1.2156
Nurdiyansyah, A. karisma, Asgiani, P., Septiyani, N., Nurafiani, Devi, P. S., & Yasmin, S. H. (2024). Problem Solving Permasalahan Unit Rekam Medis di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Rm. Seodjarwadi Jawa Tengah. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 14(1), 41–49. https://doi.org/10.47701/infokes.v14i1.3776
Pasaribu, T. R., & Kurniawati, D. (2024). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Peningkatan Kinerja Apartur Sipil Negara. Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 5(1).
Permen PAN & RB No. 6 Tahun 2022 tentang Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara. (2022). https://peraturan.bpk.go.id/Details/202232/permen-pan-rb-no-6-tahun-2022
Rohmat, R., Hidayati, N., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Monitoring Dan Evaluasi Kinerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kpp Pratama Malang Selatan. E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(03). https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/6147
Rosanda, N., Asgiani, P., & Purbobinuko, Z. K. (2023). Kualifikasi Pendidikan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan di Faskes Tingkat II Masih Belum Memenuhi Standar Profesi. Informasi Dan Promosi Kesehatan, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.58439/ipk.v2i1.110
Sihombing, W. W., Aryadita, H., & Rusdianto, D. S. (2019). Perancangan Dashboard Untuk Monitoring Dan Evaluasi (Studi Kasus : FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 434–441. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4128
Somantri, A., Sukendar, A., Setiabudhi no, J., & Barat, J. (2022). Perancangan Dashboard Monitoring Kinerja Pegawai (Studi Kasus: Perusahaan Dagang XXX). Pasinformatik, 1(2). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinfo
Widyaningrum, K., Harijanto, T., & Hartojo, H. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Optimalisasi Unit Rawat Jalan di RS X. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(2), 136–140. https://doi.org/10.21776/UB.JKB.2015.028.02.4
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34399
Refbacks
- There are currently no refbacks.