PENDAMPINGAN DIGITALISASI PROFIL TPQ AL-MUHAJIRIN MELALUI PEMBUATAN WEBSITE OLEH MAHASISWA KKN

Eko Supriyono, Muh. Sahrul Pratama Sudirman, Abdul Karim, Sulis Maryati

Abstract


ABSTRAK

 

Pengabdian masyarakat ini bertujuan mendukung digitalisasi profil Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Muhajirin Koya Barat melalui pembuatan website menggunakan platform eMasjid. Kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN dengan tahapan koordinasi, observasi, sosialisasi, pembuatan website, pendampingan teknis, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa website berhasil meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan dokumentasi kegiatan TPQ, serta pengurus mampu mengoperasikan website secara mandiri setelah mendapatkan pelatihan. Meskipun demikian, beberapa fitur website, seperti pengelolaan visi-misi dan konten program pembelajaran, masih perlu optimalisasi. Untuk keberlanjutan, disarankan pelatihan literasi digital berkala, pendampingan lanjutan, serta integrasi website dengan program pendidikan dan sosial TPQ. Program ini menunjukkan bahwa digitalisasi administrasi lembaga nonformal keagamaan dapat meningkatkan efektivitas manajemen dan keterlibatan masyarakat.

 

Kata kunci: TPQ; Digitalisasi; Website; Literasi Digital; Pengabdian Masyarakat

 

ABSTRACT

 

This community service program aims to support the digitalization of the profile of Al-Muhajirin Koya Barat Qur’an Education Park (TPQ) through the development of a website using the eMasjid platform. The activities were carried out by KKN students through coordination, observation, socialization, website development, technical assistance, and evaluation. The results indicate that the website successfully improved transparency, accountability, and documentation of TPQ activities, and the administrators were able to operate the website independently after training. However, some features, such as the management of vision-mission statements and learning program content, still require optimization. For sustainability, periodic digital literacy training, continued assistance, and integration of the website with TPQ educational and social programs are recommended. This program demonstrates that digitalizing the administration of non-formal religious institutions can enhance management effectiveness and community engagement.

 

Keywords: TPQ; Digitalization; Website; Digital Literacy; Community Service

Keywords


Digitalization; TPQ; Website; Digital Literacy; Community Service

Full Text:

PDF

References


Artanto, D. (2025). Pendampingan Pengelolaan Administrasi dan Tata Kelola Keuangan bagi Pengurus Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. PKM, Lentera Salam Institute, 2(1), 19–27.

Badrudin, M. B., & Rohayani, A. (2025). Evaluasi Kepuasan Pengguna dan Efektivitas Website Pendaftaran dalam Transformasi Proses Penerimaan Siswa Baru. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 273–287. https://doi.org/10.70287/epistemic.v4i2.393

BudiHarti, & Maulida Nurul Azmi. (2022). Proses Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ An-Najah. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1835–1840.

Faridah, S., Aprilia, G. S. D., Ibad, A. I., Bakhtiar, M. G., Al Kholidy, M. F., Salsabila, D., Afandina, H. I., Adila, F. H., & Amilia, A. F. (2023). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. TAFANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227

Fazil, M., & Fahmi, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyiaran Keagamaan Dan Informasi Masjid Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 1(2), 32. https://doi.org/10.29103/jmm.v1i2.8077

Ginting, A. F., Hasibuan, C. A., Fachri, F. N., Anugrah, I., Hutabarat, I. M., Pratiwi, R. U., & Maysarah, S. (2023). Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan 1 Muharram dengan Anak KKN di Kelurahan Tanah Seribu, Binjai. BUDIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1.

Handoko, Y., Setiyadi, B., Lestari, A., & Arif Wijaya, H. (2024). Pendampingan Digitalisasi Pengelolaan Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Akreditasi MIN 2 Tanjung Jabung Timur. Journal of Human And Education, 4(6), 511–515.

Malla, H. A. B., Hamka, Haryani, A., Abu, A., & Nur, A. (2023). Teachers’ Digital Literacy Ability to Improve Islamic Religion Education Learning in Islamic Boarding School. International Journal of Educational Reform.

Najar, A. M., Resnawati, Abu, M., Andri, & Fiskia, N. (2024). Digitalisasi Sistem Administrasi Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan di SMPN 2 Tanantovea. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka, 2(4), 77–84.

Nurhasana, R., Muhafilah, N., & Kasih, N. A. T. (2022). Information Sustainability of Islamic Education Centers Through Website Digitization. Journal of Environmental Science and Sustainable Development, 5(2), 474–487. https://doi.org/10.7454/jessd.v5i2.1133

Oktavia, V. R., Rausanfita, A., Safitri, P. H., & Johan, A. W. S. B. (2025). Implementasi Digitalisasi Pembuatan Rapor untuk TPQ Al-Mubaarok Surabaya dalam Mendukung Evaluasi Santri. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 280–288. https://doi.org/10.54259/pakmas.v5i1.4102

Oktaviani, A., & Puspito, T. A. (2025). Pengabdian Masyarakat dalam Digitalisasi Masjid: Implementasi Website untuk Meningkatkan Akses Informasi. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.59395/abdiformatika.v5i1.257

Pirata, R., Faturahman, M. F., Picauly, M. A., Purnomo, A., Syauqi, N. Z., Lababan, M. S. A., Oktaria, D., & Yasirandi, R. (2023). Evaluasi dan optimalisasi kinerja website sekolah dalam transformasi digital. Jurnal Pemanfaatan Teknologi Untuk Masyarakat (JAPATUM), 2(2), 29–35. https://doi.org/10.59328/JAPATUM.2023.2.2.60

Rahmah, I. S., & Mubarak, L. A. (2025). Transformasi Digital dalam Manajemen Pendidikan Nonformal di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Manar. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.16358688

Sarina, A., Putra, D. A., Pernandes, P. Y., & Agustini, T. (2025). Pelatihan Pengelolaan Kegiatan Keagamaan Berbasis Masjid oleh Mahasiswa KKN Tematik di Desa Mekar Sari Ilir Talo. KENDURI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 14–19.

Suhilmiati, E., Hanika, I. M., Hardiyanti, N. R., Jejen, A., & Sutiapermana, A. (2024). The Role of Digital Literacy in Islamic Religious Education Learning in the Technology Era at MAN 3 Banyuwangi. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 3(1), 313–320. https://doi.org/10.55299/ijere.v3i1.832

Zahrah, A., Nurhadillah Rizki, I., Harahap, K., Yolanda, N., & Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, I. (2025). The Role of TPQ in Forming the Religious Character of Children in Society. Journal of Contemporary Gender and Child Studies (JCGCS), 4(2), 299–305. https://zia-research.com/index.php/jcgcs




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.