SOSIALISASI STOP BULLYING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SISWA DI SDN INPRES 2 KOYA BARAT

Izmi Afdillah, Rismawati Rismawati, Titin Nur Baiti, Arfat Federubun, Sulis Maryati

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Bullying di sekolah dasar merupakan masalah serius yang berdampak negatif pada psikologis, hubungan sosial, dan prestasi akademik siswa. Pengabdian ini bertujuan: (1) meningkatkan pemahaman siswa mengenai bentuk, dampak, dan bahaya bullying; (2) menanamkan nilai karakter positif untuk mencegah perilaku bullying; dan (3) menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung tumbuh kembang siswa. Kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di SDN Inpres 2 Koya Barat melalui tahapan: koordinasi dengan pihak sekolah, observasi awal, persiapan media pembelajaran (poster, video edukatif, dan permainan interaktif), pelaksanaan sosialisasi dalam dua pertemuan (ceramah interaktif, diskusi kelompok, role play, permainan edukatif, refleksi, dan penulisan komitmen pribadi), serta evaluasi melalui pre-post test dan observasi perilaku siswa. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari 33% menjadi 78%, dengan peningkatan tertinggi pada pemahaman dampak bullying dan cara pencegahannya (+48%). Observasi juga menunjukkan perubahan perilaku positif, seperti keberanian menyampaikan pendapat, kemampuan menolak bullying, dan memberikan contoh pencegahan bullying. Temuan ini menegaskan efektivitas pendekatan partisipatif-interaktif dalam menanamkan empati, penghargaan terhadap teman sebaya, dan kesadaran kolektif untuk menciptakan sekolah bebas bullying.

Kata kunci: Bullying; Kesadaran Siswa; KKN; Partisipatif; Interaktif; Sekolah Dasar.

 

ABSTRACT

Bullying in elementary schools is a serious issue that negatively affects students’ psychological well-being, social relationships, and academic performance. This program aimed to: (1) increase students’ understanding of the forms, impacts, and dangers of bullying; (2) instill positive character values to prevent bullying behaviors; and (3) create a safe, comfortable, and supportive school environment. The program was implemented by KKN students at SDN Inpres 2 Koya Barat through stages of coordination with school staff, initial observation, preparation of learning media (posters, educational videos, and interactive games), implementation in two sessions (interactive lectures, group discussions, role play, educational games, reflection, and personal commitment writing), and evaluation through pre-post tests and behavioral observations. Results showed an increase in students’ understanding from 33% to 78%, with the highest improvement in understanding the impact of bullying and prevention strategies (+48%). Observations also indicated positive behavioral changes, such as increased confidence in expressing opinions, the ability to refuse bullying, and providing examples of bullying prevention. These findings confirm the effectiveness of a participatory-interactive approach in fostering empathy, respect for peers, and collective awareness to create a bully-free school environment. 

Keywords: Bullying; Student Awareness; KKN; Participatory; Interactive; Elementary School.


Keywords


Bullying; Student Awareness; KKN; Participatory; Interactive; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Azizah, N. N., Listiani, P. F., Fatmala, A. D. E., Fathurahman, Khaerima, M., & Fauziah, M. (2024). Perilaku Bullying Pada Anak Di Sekolah Dasar. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2661

Chairina, N., Aisa, S. N., Azzahra, N., Aulia, F., Malik, A. S., & Mulyadi, D. (2025). Stop Bullying untuk Menciptakan Ruang Tumbuh yang Positif di SDN Parigi 1, 3 dan 4. GANESHA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47–53.

Ekwarso, H., Daniyah, R., Layungsari, I., Wilson, A., Putri, A., Fadhillah, M. A., Darma, A. S., Erfianda, J., Atikah, F., Maulana, Z. A., & Diyana, R. (2024). Sosialisasi Stop Bullying oleh Mahasiswa KKN: Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SDN 022 Kembang Mekar Sari. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 8(2), 551–559.

Khaeriah, RD. H. M. K., Lestari, S. D., Hayati, A., & Respati, R. D. (2025). Membangun Karakter Anti-Bullying pada Anak Sekolah Dasar Studi Kasus Siswa SDN Sindangsari 2 Kabupaten Tangerang melalui Media Komunikasi dan Pendekatan Wisata Edukasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4, 4992–5001. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.2438

Milala, K. N. B., Harahap, F., & Hasruddin. (2024). Developing STEM-based LKPD to improve student’s critical thinking abilities. Inovasi Kurikulum, 21(4), 2243–2262. https://doi.org/10.17509/jik.v21i4.74743

Mustofiyah, L., Noviasari, A., Wahyuningsih, D., Hari Nugrahini, E., Widyasari, C., & Ernawati. (2024). Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Di SD: Studi Literature Review. 9(4).

Normina. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 71–85.

Rachma, A. N., Kurniasari, R., & Andriani, E. (2024). Pengaruh Media Poster, Video Edukasi dan Permainan Puzzle terhadap Pengetahuan dan Sikap PHBS Pada Siswa SDN Cikampek Barat 1. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS) e-ISSN, 8(2), 134–147. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/jukmas

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). EVALUASI PEMBELAJARAN (Fungky & Haqi, Eds.; 1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. www.penerbituwais.com

Sunanih, Nurhaliza, A., Shakila, A., Ulpah, D. N., Rahmaldi, D., Farida, D. N., Maulida, I., Ashilah, M., Rahmawati, N. A., Saputra, R. F., Qurani, S. N., Utami, W., & Santi, D. (2025). Analisis Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah Dasar. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 31–45. https://doi.org/10.30640/dewantara.v4i1.3767

Zain, S. K., Andri, S., & Mujib, A. (2025). Pendekatan Holistik Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Religius dan Keterampilan Sosial dan Menekan Perilaku Bullying Anak Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif, 9(1), 52–68. https://doi.org/10.15575/jp.v9i1.333

Zhao, N., Yang, S., Zhang, Q., Wang, J., Xie, W., Tan, Y., & Zhou, T. (2024). School bullying results in poor psychological conditions: evidence from a survey of 95,545 subjects. Frontiers in Psychology, 15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1279872

Dio TV. (2023). Data KPAI terkait Kasus Bullying di Sekolah Terhitung Tinggi. Dio TV-Tanah Dayak Bersuara. https://www.dio-tv.com/kalimantan/50413636407/data-kpai-terkait-kasus-bullying-di-sekolah-terhitung-tinggi

IDN Times. (2023). KPAI: Atasi Perundungan Sekolah Tak Cukup Hanya Bentuk Tim Penanganan. https://www.idntimes.com/news/indonesia/lia-hutasoit-1/kpai-atasi-perundungan-sekolah-tak-cukup-hanya-bentuk-tim-penanganan

KPAI. (2019). 67 Persen Kekerasan Bidang Pendidikan terjadi di Jenjang SD. https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-67-persen-kekerasan-bidang-pendidikan-terjadi-di-jenjang-sd

Okezone News. (2023). KPAI: Satu dari Tiga Peserta Didik Berpotensi Mengalami Bullying. https://news.okezone.com

Tempo. (2024). KPAI Terima 141 Aduan Kekerasan Anak Sepanjang Awal 2024. https://www.tempo.co/arsip/kpai-terima-141-aduan-kekerasan-anak-sepanjang-awal-2024

Wartabanjar. (2023). Data KPAI: Kasus Bullying Makin Meningkat, 226 di 2022 Korban Terbanyak Siswa SD. https://wartabanjar.com/2023/10/01/data-kpai-kasus-bullying-makin-meningkat

Wikipedia contributors. (2025, August 18). School bullying. In Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/School_bullying




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.