IMPLEMENTASI PROGRAM QUR’ANIC VILLAGE DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA DI MADRASAH AL-HASANAH DESA SINDANGLAYA

Yulia Wulan Sari, Nayvha Az Zahra, Haifa Hasya Fatimah Nurafifah, Muhammad Thuvail, Ar Rais, Alif Muhammad, Hilmi Shuhaibur, Husnan Akbar, Muthia Azmi, Nur Halisah, Nazwa Aulia, Rana Mardiana, Alya Yusrina, Alfin Najib, Maulana Zidane Al Tajib, D Irfan Maulana, Rizky Ananda, Hernawati Hernawati

Abstract


ABSTRAK

Madrasah Al-Hasanah menghadapi tantangan dalam pembinaan karakter Islami siswa, khususnya dalam literasi Qur’ani dan integrasi nilai agama dalam kegiatan belajar sehari-hari. Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengimplementasikan Program Qur’anic Village untuk meningkatkan literasi Qur’ani, menumbuhkan karakter Islami, dan mengoptimalkan peran madrasah sebagai pusat pembinaan nilai Qur’ani. Program dilaksanakan selama satu bulan melalui tahapan koordinasi, perencanaan, implementasi, hingga monitoring dan evaluasi, dengan melibatkan mitra kegiatan yaitu Belmawa (Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan), PKM Ormawa, Madrasah Al-Hasanah, tokoh masyarakat, serta Universitas Muhammadiyah Bandung. Subjek program adalah siswa madrasah berusia 7–10 tahun sebanyak 24 orang, didampingi 6 guru dan tokoh masyarakat setempat. Evaluasi dilakukan melalui observasi, lembar penilaian keterampilan Qur’ani, serta dokumentasi kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam karakter Islami siswa. Sebagian besar siswa menunjukkan konsistensi dalam membaca Al-Qur’an, perilaku sopan santun, serta kepedulian sosial. Respons guru, siswa, dan masyarakat terhadap program sangat positif, sementara elemen Qur’anic Village mulai diintegrasikan dalam kegiatan rutin madrasah. Program ini terbukti memberikan dampak jangka panjang dan berkelanjutan dalam pembentukan karakter Islami, serta meningkatkan kapasitas guru dan keterlibatan masyarakat dalam pendidikan.

 

Kata kunci: Qur’anic Village; karakter Islami; literasi Qur’ani; pembinaan siswa; pendidikan keagamaan.

 

ABSTRACT

Madrasah Al-Hasanah faces challenges in fostering Islamic character among students, particularly in Qur’anic literacy and integrating religious values into daily learning activities. This community service program aims to implement the Qur’anic Village to enhance Qur’anic literacy, develop Islamic character, and optimize the role of the madrasah as a center for Qur’anic education. The program was carried out for one month through stages of coordination, planning, implementation, and monitoring-evaluation, involving key partners such as Belmawa (Directorate of Learning and Student Affairs), PKM Ormawa, Madrasah Al-Hasanah, community leaders, and Universitas Muhammadiyah Bandung. The participants included 24 students aged 7–10 years, accompanied by six teachers and local facilitators. Evaluation was conducted using observation, Qur’anic skill assessment sheets, and activity documentation. The results showed significant improvement in students’ Islamic character. Most students consistently read the Qur’an, demonstrated polite behavior, and social responsibility. Teachers, students, and the community responded positively, and elements of the Qur’anic Village have been integrated into routine madrasah activities. The program has proven to provide long-term sustainable impacts on character building while enhancing teacher capacity and community involvement in education.

 

Keywords: Qur’anic Village; Islamic character; Qur’anic literacy; student development; religious education.


Keywords


Qur’anic Village; karakter Islami; literasi Qur’ani; pembinaan siswa; pendidikan keagamaan.

Full Text:

PDF

References


Aliyatuz Zulfa, N., Sutrisno, S., & Sari, N. (2024). Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini: Tinjauan Peran Pendidik. Nak-Kanak: Journal of Child Research, 1(4), 153–163. https://doi.org/10.21107/njcr.v1i4.82

Badan pusat Statistik Kabupaten Bandung, “Kecamatan Cimenyan dalam Angka 2022” (Kab. Bandung, 2022).

Hakima, A. (t.t.). Peran Model Experiential Learning Dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana.

Hasanah, U. (2022). Strategi Pembelajaran Qur’ani dalam Membentuk Akhlak Mulia Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 7(2), 99–115.

Hidayah, S. N., Zulaihati, S., & Sumiati, A. (t.t.). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di Smk Negeri 46 Jakarta.

Huda, M. (2021). Penguatan Literasi Qur’ani di Desa Religius. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 101–113.

Ishaq, M., Mubassir, A., Arifin, M. Z., & Saiful, M. (2025). Membangun Kesadaran Masyarakat Di Lingkungan Perkampungan Desa Transisi Kota: Pendekatan Participatory Action Research. 2.

Kolb, D., & Kolb, A. (2018). Experiential Learning Theory: A Handbook. Prentice Hall.

Musfiroh, T., & Nurhidayat, A. (2022). Pendidikan Karakter Islami Berbasis Al-Qur’an. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(1), 45–57.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.

Ramadhani, W. P. (2025). Implementasi Teknik Taring (Tarik Jaring-jaring) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sdn 294 Maluku Tengah. 4.

Rahman, M. (2021). Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 222–235.

Sari, D. M., & Fitriani, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 45–58.

Siswadi, S., & Syaifuddin, A. (2024). Penelitian Tindakan Partisipatif Metode Par (Partisipatory Action Research) Tantangan dan Peluang dalam Pemberdayaan Komunitas. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 19(2), 111–125. https://doi.org/10.55352/uq.v19i2.1174

Widodo, H., & Nursaptini, N. (2020). Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Program Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(3), 211–220.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.