Implementasi Program Qur’anic Village dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di Madrasah Al-Hasanah Desa Sindanglaya
Abstract
Madrasah Al-Hasanah menghadapi tantangan dalam pembinaan karakter Islami siswa, khususnya dalam literasi Qur’ani dan integrasi nilai agama dalam kegiatan belajar sehari-hari. Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengimplementasikan Program Qur’anic Village untuk meningkatkan literasi Qur’ani, menumbuhkan karakter Islami, dan mengoptimalkan peran madrasah sebagai pusat pembinaan nilai Qur’ani. Program dilaksanakan selama satu bulan melalui metode pembinaan langsung, literasi kreatif, tadarus dan hafalan, proyek kolaboratif, serta pendampingan guru dan tokoh masyarakat sebagai fasilitator. Subjek program adalah siswa madrasah berusia 7–10 tahun sebanyak 24 orang, didampingi 6 guru dan tokoh masyarakat setempat. Evaluasi dilakukan menggunakan observasi, lembar penilaian keterampilan Qur’ani, serta dokumentasi kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam karakter Islami siswa. Sebagian besar siswa menunjukkan konsistensi dalam membaca Al-Qur’an, perilaku sopan santun serta kepedulian sosial. Respons guru dan siswa terhadap program sangat positif, sementara elemen Qur’anic Village mulai diintegrasikan dalam kegiatan rutin madrasah. Program ini terbukti memberikan dampak jangka panjang dan berkelanjutan dalam pembentukan karakter Islami, serta meningkatkan kapasitas guru dan keterlibatan masyarakat dalam pendidikan.
Keywords
References
Badan pusat Statistik Kabupaten Bandung, “Kecamatan Cimenyan dalam Angka 2022” (Kab. Bandung, 2022).
Aliyatuz Zulfa, N., Sutrisno, S., & Sari, N. (2024). Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini: Tinjauan Peran Pendidik. Nak-Kanak: Journal of Child Research, 1(4), 153–163. https://doi.org/10.21107/njcr.v1i4.82
Hakima, A. (t.t.). Peran Model Experiential Learning Dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana.
Hidayah, S. N., Zulaihati, S., & Sumiati, A. (t.t.). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di Smk Negeri 46 Jakarta.
Ishaq, M., Mubassir, A., Arifin, M. Z., & Saiful, M. (2025). Membangun Kesadaran Masyarakat Di Lingkungan Perkampungan Desa Transisi Kota: Pendekatan Participatory Action Research. 2.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.
Ramadhani, W. P. (2025). Implementasi Teknik Taring (Tarik Jaring-jaring) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sdn 294 Maluku Tengah. 4.
Siswadi, S., & Syaifuddin, A. (2024). Penelitian Tindakan Partisipatif Metode Par (Partisipatory Action Research) Tantangan dan Peluang dalam Pemberdayaan Komunitas. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 19(2), 111–125. https://doi.org/10.55352/uq.v19i2.1174
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34609
Refbacks
- There are currently no refbacks.