OPTIMALISASI POJOK BACA “RATU DONGENG” BERBASIS MEDIA DIGITAL DALAM PENGUATAN LITERASI DAN PEMBIASAAN PHBS DI SD NEGERI 5 BESAKIH
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membangun SDM yang berkualitas. Salah satu aspek krusial dalam pendidikan adalah literasi. Namun, masih banyak sekolah dasar mengalami permasalahan literasi, termasuk SD Negeri 5 Besakih. Mitra PKM ini adalah SD Negeri 5 Besakih, yang terdiri atas 9 orang guru dan 110 siswa yang terlibat aktif dalam rangkaian pendampingan. SD Negeri 5 Besakih termasuk sekolah terpencil di Kabupaten Karangasem. Lokasi sekolah yang berada di kaki Gunung Agung menyebabkan jarang mendapat perhatian. Siswa yang bersekolah di SD 5 Besakih adalah anak-anak petani yang jarang mendapat penguatan literasi di rumahnya. Kemampuan literasi siswa di SD Negeri 5 Besakih masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari Raport Pendidikan SD Negeri 5 Besakih Tahun 2023 yang menunjukkan capaian literasi pada kategori minimum. Selain itu, masalah yang dihadapi SD Negeri 5 Besakih adalah PHBS. Program pengabdian ini bertujuan untuk (1) menguatkan kemampuan literasi siswa melalui optimalisasi Pojok Baca “Ratu Dongeng” berbasis media digital; dan (2) membentuk pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan SD Negeri 5 Besakih. Pengabdian ini menggunakan metode PALS (participatory action learning system), yang meliputi persiapan (analisis kebutuhan mitra), pelaksanaan berupa sosialisasi dan pendampingan, monitoring berupa praktik mendongeng oleh siswa, evaluasi terhadap program ratu doengang dan refleksi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan optimalisasi pojok baca “ratu dongeng” berbasis media digital dapat mengatasi permasalahan literasi melalui pendekatan holistik dengan menerapkan Program Rabu dan Sabtu mendongeng yang dikaitkan dengan pemanfaatan media digital berupa video dongeng; (2) kegiatan optimalisasi pojok baca “Ratu Dongeng” dapat digunakan mengatasi permasalahan PHBS, seperti kebiasaan jajan sembarangan, membuang sampah, dan kurangnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekolah.
Kata kunci: Pojok Baca, Literasi, Media Digital.
ABSTRACT
Education is the main foundation in developing quality human resources. One crucial aspect of education is literacy. However, many elementary schools still face literacy problems, including SD Negeri 5 Besakih. The partner of this community service program is SD Negeri 5 Besakih, consisting of 9 teachers and 110 students who were actively involved in the implementation process. SD Negeri 5 Besakih is categorized as a remote school in Karangasem Regency. Its location at the foot of Mount Agung has resulted in limited access and minimal attention from external parties. The students, who mostly come from farming families, receive very little literacy support at home. The literacy skills of students at SD Negeri 5 Besakih remain low, as shown in the 2023 Education Report, which indicates that the school’s literacy achievement is still at the minimum category. In addition to literacy issues, the school also faces problems related to Clean and Healthy Living Behavior (PHBS). This community service program aims to (1) strengthen students’ literacy skills through the optimization of the digital-based “Ratu Dongeng” Reading Corner, and (2) develop Clean and Healthy Living Habits (PHBS) among students at SD Negeri 5 Besakih. The program employs the PALS (Participatory Action Learning System) method, which includes preparation (needs analysis), implementation through socialization and mentoring, monitoring through students’ storytelling practice, and evaluation of the “Ratu Dongeng” program followed by reflection. The results of this program indicate that (1) the optimization of the digital-based “Ratu Dongeng” Reading Corner effectively addressed literacy problems through a holistic approach by implementing Wednesday and Saturday storytelling activities supported by digital media in the form of storytelling videos; and (2) the optimization of the “Ratu Dongeng” Reading Corner also helped address PHBS-related issues, such as unhealthy snacking habits, littering, and low awareness of school cleanliness.
Keywords: Reading Corner, Literacy, Digital Media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, S. N., Putri, T. A., Setyawan, N. R., & Nugraheni, L. (2025). Analiasis Penguatan Pendidikan Karakter dan Peningkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Dongeng “Rahasia Hutan Belantara” Melalui Pembelajaran Komik Digital. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 196–208. https://doi.org/10.62383/dilan.v2i3.1945
Bur, N., & Septiyanti, S. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SD Inpres Katangka Gowa. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.37541/celebesabdimas.v2i1.301
Ginanjar, A. A. (2020). Analisis Tingkat Keterbacaan Teks Dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Literasi, 4(2), 175–180.
Hidayatulloh, I., Kurniati, & Maimunah. (2023). Karakteristik Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 3(1), 123–127.
Kemenkes. (2016). Gerakan PHBS Sebagai Langkah Awal Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Https://Ayosehat.Kemkes.Go.Id/Phbs; Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://doi.org/10.30595/mtf.v10i2.18566
Lestari, I. W., Putri, G. A., Fauzia, L., Yesinta, Apriliani, N. W., Narita, U. D., & Tauchid, A. (2024). Klinik Pelatihan Peningkatan Literasi Siswa Berbasis Digital dan Permainan di SD Negeri Sumbang 1 Kecamatan Sumbang. Journal of Research Applications in Community Service, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i2.2818
Maryati, Y. (2021). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Literasi Dalam Mewujudkan Sekolah Literat di SMA Negeri 1 Wonosobo. Tiwikrama, 2(1), 1–12.
Mayoux, L. (2005). Participatory action learning system (PALS): Impact assessment for civil society development and grassroots-based advocacy in Anandi, India. Journal of International Development, 17(2), 211–242.
Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Litera, 15(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9751
Nadi, N. K. A. S., Adiwijaya, P. A., Arna, M. A. S., & Sueca, I. N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Program “Ratu Dongeng” di Desa Pempatan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7701–7707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3673
Naim, Cahyani, P., Rahmawati, P., & Rachwati, R. S. (2024). Mengoptimalkan Budaya Membaca di Perpustakaan untuk Peningkatan Kompetensi Siswa SDN Jatisari 2. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cerdas (JAPAKESADA), 1(1), 54–66.
Nurhayati, D. A. W. (2023). The EFL Students’ Viewpoints on the Contributing Critical Reading Strategies in Critical Reading Comprehension Class. Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 8(2), 295–315. http://dx.doi.org/10.210
Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., & Agustin, I. T. (2023). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Sekolah. Jurnal Abdimas Umtas, 1(2), 46–52.
OECD. (2023). PISA 2022 Results: The State of Education and Learning Around the World. OECD Publishing.
Sari, D. M. M., & Prasetyo, Y. (2021). Project-Based-Learning on Critical Reading Course to Enhance Critical Thinking Skills. Studies in English Language and Education, 8(2), 442–456. https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.18407
Sudaryati, S., Pattiasina, P. J., Deswalantri, Widayati, U., Rukmana, A. Y., Normasunah, Meisuri, & Keban, S. K. (2023). Keterampilan Membaca. Getpress Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/376955989
Sueca, I. N., Artajaya, G. S., & Janawati, D. P. A. (2022). Pendampingan Program Literasi Berbasis “Ratu Dongeng” Dalam Penguatan Gerakan Literasi Sekolah. Madaniya, 3(3), 477–484.
Sueca, I. N., & Dewi, I. A. (2021). Pengembangan Klinik Literasi Berbasis Permainan Bahasa Dalam Kegiatan Literasi Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 252–257.
Sueca, I. N., Sudirman, I. N., Lahallo, C. A. S., Sukawana, I. W., & Novita, N. W. (2023). “Ratu Dongeng” Antibullying Dalam Pendampingan P5 di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Berkemajuan, 7(4), 2532–2537.
Suparlan. (2021). Keterampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i3.34952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
