SAHABAT BUMI: SD RAMAH LINGKUNGAN DENGAN PROGRAM PEMILAHAN SAMPAH, BANK SAMPAH & DAUR ULANG
Abstract
ABSTRAK
Program Sahabat Bumi dilaksanakan di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan pada siswa sekolah dasar. Kegiatan ini dirancang untuk membentuk budaya ramah lingkungan melalui tiga fokus utama, yaitu program pemilahan sampah, bank sampah, dan kegiatan daur ulang kreatif. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal, sosialisasi, pelatihan praktik, pendampingan, serta evaluasi berbasis partisipasi aktif guru dan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan terhadap perilaku siswa dalam pengelolaan sampah; sebelum pelaksanaan program hanya 23% siswa yang mampu memilah sampah dengan benar, meningkat menjadi 82% setelah program berjalan. Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan tanggung jawab sosial, kemandirian, dan kreativitas siswa dalam memanfaatkan barang bekas menjadi produk bernilai guna. Secara keseluruhan, Sahabat Bumi menjadi model edukasi lingkungan yang efektif untuk diterapkan di sekolah dasar dalam rangka membentuk karakter peduli lingkungan dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).
Kata kunci: Sahabat Bumi; Sekolah Ramah Lingkungan; Pemilahan Sampah; Bank Sampah; Daur Ulang.
ABSTRACT
The Sahabat Bumi (Friends of the Earth) program was implemented at SD ‘Aisyiyah 1 Mataram as a community service initiative aimed at fostering environmental awareness among elementary school students. This program was designed to create an environmentally friendly school culture through three main activities: waste sorting, a school waste bank, and creative recycling projects. The implementation methods included preliminary observation, socialization, hands-on training, mentoring, and participatory evaluation involving both teachers and students. The results indicated a significant improvement in students’ waste management behavior from only 23% who correctly sorted waste before the program to 82% after implementation. Furthermore, the activities developed students’ sense of responsibility, independence, and creativity in reusing materials into functional products. Overall, Sahabat Bumi serves as an effective environmental education model for elementary schools to promote environmental awareness, responsible behavior, and support for the Sustainable Development Goals (SDGs).
Keywords: Sahabat Bumi; Green School; Waste Sorting; Waste Bank; Recycling.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Algurén, B. (2021). How to Bring About Change – A Literature Review About Education and Learning Activities for Sustainable Development. Discourse and Communication for Sustainable Education, 12(1), 5–21. https://doi.org/10.2478/dcse-2021-0002
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di MI Ikhlasiyah Palembang. Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 1030–1037.
Basit, A., & Sundawa, D. (2022). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Hijau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 109–119. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569
Brifina Seik, A., Muna Saniyyah, H., Khairunnisa Mumtaz, K., Aisyah Najma Pasha, A., Maretha Hasibuan, R., & Subakdi, S. (2024). Membangun Kesadaran Lingkungan Hidup Sejak Dini Melalui Pendidikan Pengelolaan Sampah Plastik bagi Siswa Kelas 4 SD Pondok Labu 11 Pagi. Blantika: Multidisciplinary Journal, 3(2). https://doi.org/10.57096/blantika.v3i2.273
Diani, M. R., Haniifah, D., & Dianty, F. R. (2024). Analisis proyeksi pertumbuhan penduduk dan volume sampah DKI Jakarta terhadap dampak yang ditimbulkan. Journal of Waste and Sustainable Consumption, 1(1), 27–45. https://doi.org/10.61511/jwsc.v1i1.2024.691
Handayani, N. S., Kurniawati, A. R., Sari, D. P., Wulan, A. N., & Alfaqih, M. A. (2025). Strategi Penguatan Literasi Lingkungan melalui Prinsip 3R untuk Perubahan Pola Pikir Masyarakat. Khidmah Nusantara, 2(1), 58–69. https://doi.org/10.69533/8rr31137
Karim, A. Al, Wibowo, G. A., Utomo, I. M. S., & Aswagata, A. A. (2023). Peningkatan gaya hidup berkelanjutan melalui peduli lingkungan di sekolah menengah atas. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 291–299. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20199
Klau, Y. A. J. (2025). Edukasi Interaktif Tentang Dampak Sampah Dari Darat ke Laut di SD GMIT Oesapa. Jurnal Pengabdian Perikanan Dan Kelautan: Piskarias Ministerium, 3(1). https://doi.org/10.21776/ub.piskarias.2025.003.01.4
Kurniawan, A., & Fuaddah, A. (2024). Memberdayakan Rumah Tangga untuk Pengelolaan Sampah Berkelanjutan: Studi Kesadaran Masyarakat di Kota Semarang. Journal of Urban Sociology, 1(2), 112. https://doi.org/10.30742/jus.v1i2.3494
Lestari, S. C., & Halimatussadiah, A. (2022). Kebijakan Pengelolaan Sampah Nasional: Analisis Pendorong Food Waste di Tingkat Rumah Tangga. Jurnal Good Governance. https://doi.org/10.32834/gg.v18i1.457
Lohmann, J., Breithecker, J., Ohl, U., Gieß-Stüber, P., & Brandl-Bredenbeck, H. (2021). Teachers’ Professional Action Competence in Education for Sustainable Development: A Systematic Review from the Perspective of Physical Education. Sustainability, 13(23), 13343. https://doi.org/10.3390/su132313343
Ludiya, L. F. (2024). Pentingnya Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar Guna Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.529
Mihratun, M., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Penerapan Program Green School dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan di SDN 18 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 794–803. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.626
Nguyen, L. T. Van, Cleveland, D., Nguyen, C. T. M., & Joyce, C. (2024). Problem-based learning and the integration of sustainable development goals. Journal of Work-Applied Management, 16(2), 218–234. https://doi.org/10.1108/JWAM-12-2023-0142
Ningrum, R. C., Nadiyah, D., & Jamaludin, U. (2023). Kajian Kelestarian Alam Kampung Naga Dalam Upaya Pendidikan Karakter Lingkungan Di Sekolah Dasar. AT-TA`DIB, 7(3). https://doi.org/10.32832/at-tadib.v7i3.19490
Paaske, D. M., Segura-Bonilla, O., & Hernandez-Milian, J. (2021). ESD for managers in the Danish lower secondary educational curriculum. Journal of Work-Applied Management, 13(1), 154–166. https://doi.org/10.1108/JWAM-10-2020-0045
Rezeki, T. I., Irwan, Sagala, R. W., Rabukit, Helman, & Muhajir, M. (2024). Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Kearifan Lokal untuk Lingkungan Berkelanjutan. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 3(2), 9–19. https://doi.org/10.52622/jam.v3i2.290
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryana, N., & Tjenreng, M. B. Z. (2025). Pengelolaan Sampah di Kabupaten Bogor: Tantangan dan Solusi. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 5(1), 339–353. https://doi.org/10.37481/pkmb.v5i1.1314
Tasya Jadidah, I., Anisah, N., Nabila Zakiyah, A., Kumala Sari, E., Dewi, M., & Panca Putri, S. (2023). Pengaruh Pola Konsumsi Masyarakat Urban Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan. SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(02), 242–251. https://doi.org/10.62668/significant.v2i02.876
Zitri, I., Lestanata, Y., Darmansyah, D., Amil, A., & Umami, R. (2022). Inovasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Sistem Zero Waste di Nusa Tenggara Barat Model Pentahelix. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.335
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i3.35614
Refbacks
- There are currently no refbacks.
