SINERGI MODERASI BERAGAMA, KEARIFAN LOKAL, DAN DIGITALISASI: KUKERTA KOLABORATIF UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Abstract
ABSTRAK
Transformasi digital di pedesaan menghadirkan tantangan dalam menjaga moderasi beragama, pelestarian kearifan lokal, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Desa Teluk Sialang menghadapi rendahnya literasi digital, minimnya pemahaman moderasi beragama di kalangan pelajar, serta keterbatasan akses pasar bagi pelaku UMKM. Program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) lintas prodi hadir sebagai solusi dengan mengintegrasikan tiga pilar utama, yakni penguatan moderasi beragama, pemberdayaan berbasis kearifan lokal, dan pemanfaatan digitalisasi dalam satu model pengabdian yang komprehensif dan terstruktur. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan literasi digital masyarakat, mengembangkan ekonomi syariah berbasis konteks digital, dan memperkuat harmoni sosial melalui moderasi beragama. Metode pelaksanaan meliputi kelas toleransi interaktif di MTs Sa'adatuddaraini, pembuatan podcast di SD 035 Teluk Sialang, pelatihan promosi digital melalui media sosial dan Google Maps, edukasi kesadaran hukum dan hak warga desa, penyuluhan keharmonisan keluarga dan literasi digital, serta pendampingan sertifikasi halal secara door to door pada 25 UMKM. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan pada seluruh aspek, meliputi pemahaman moderasi beragama siswa dari 0% menjadi 100%, peningkatan literasi digital dan kesadaran hukum warga mencapai 100%, pemahaman keharmonisan keluarga dan literasi digital mencapai 100%, serta keberhasilan pengurusan NIB dan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang didampingi. Program Kukerta ini membuktikan bahwa model pengabdian kolaboratif lintas prodi terbukti mampu menciptakan solusi holistik bagi permasalahan desa, memberikan kontribusi nyata dalam membangun masyarakat Desa Teluk Sialang yang lebih inklusif, berdaya, dan harmonis.
Kata kunci: Moderasi Beragama; Kearifan Lokal; Digitalisasi Desa; Ekonomi Syariah; Kolaborasi Lintas Prodi
ABSTRACT
Digital transformation in rural areas presents challenges in maintaining religious moderation, preserving local wisdom, and empowering the community's economy. Teluk Sialang Village faces low digital literacy, minimal understanding of religious moderation among students, and limited market access for MSME actors. The cross-study Community Service (Kukerta) program emerges as a solution by integrating three main pillars: strengthening religious moderation, empowerment based on local wisdom, and digitalization utilization in a comprehensive and structured community service model. The aim of this service is to enhance community digital literacy, develop sharia-based economies within a digital context, and strengthen social harmony through religious moderation. Implementation methods include interactive tolerance classes at MTs Sa'adatuddaraini, podcast production at SD 035 Teluk Sialang, digital promotion training via social media and Google Maps, education on legal awareness and village residents' rights, counseling on family harmony and digital literacy, as well as door-to-door halal certification assistance for 25 MSMEs. The program results show significant improvements across all aspects, including students' understanding of religious moderation increased from 0% to 100%, residents' digital literacy and legal awareness reached 100%, family harmony understanding and digital literacy reached 100%, and successful processing of business registration numbers (NIB) and halal certifications for accompanied MSMEs. This Kukerta program demonstrates that a collaborative cross-study community service model effectively creates holistic solutions for village problems, providing tangible contributions in building a more inclusive, empowered, and harmonious Teluk Sialang Village community.
Keywords: Religious Moderation; Llocal Wisdom; Digitalization
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlin, A. B., & Husaini, A. (2025). Strategi Mengatasi Dampak Digiseksual Terhadap Keharmonisan Keluarga Muslim Di Era Society 5.0 Perspektif Maqashid Syariah. Cendekia Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(3), 1118–1127. https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i3.6249
Akim, A., Konety, N., Purnama, C., & Adilla, M. H. (2019). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i1.19258
Alhidayatullah, A. (2023). Optimalisasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha Dan Sertifikat Halal Bagi Umkm. Jurnal Abdimas Sang Buana, 4(2), 55. https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i2.2800
Ali, M., Prawening, C., & Marlina, M. (2023). Penguatan Moderasi Sosio-Religius Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal. As-Sabiqun, 5(6), 1587–1602. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4048
Ali, N. (2019). Pengorganisasian Kurikulum Dan Pembelajaran Pada Sekolah Kejuruan Di Lingkungan Pesantren. J-Mpi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 4(1), 48. https://doi.org/10.18860/jmpi.v4i1.7433
Amal, M. K., Alhidayatullah, A., & Lestari, N. A. (2023). Optimasi Aspek Legal Sertifikasi Halal Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 5079. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17436
Arifianto, Y. A. (2024). Teologi Kontekstual Untuk Perdamaian: Merespons Konflik Sosial Dan Agama Dalam Masyarakat Multikultural Di Era Kemajuan Teknologi Digital. Teokristi Jurnal Teologi Kontekstual Dan Pelayanan Kristiani, 4(2), 97–107. https://doi.org/10.38189/jtk.v4i2.884
Asriani, A., Herdhiansyah, D., Rizka, S., & Rismawan, Y. (2022). Penerapan Digital Marketing Berbasis Facebook Pada Umkm Kerupuk Sagu. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 1135–1144. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.712
Fatihin, S. R., Kaspon, & Khatima, H. (2025). Analisis Dampak Tiktok Terhadap Keharmonisan Keluarga Perspektif Hukum Keluarga Islam. Jurnal Riset Hukum Keluarga Islam, 61–70. https://doi.org/10.29313/jrhki.v5i1.7161
Fauzi, F. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pendidikan: Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Tarbiyah Bil Qalam Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.317
Firdaus, Z., & Jalaluddin, J. (2024). Strategies for Maintaining Family Harmony From the Perspective of the Ustaz of the Darul Hijrah Islamic Boarding School, Cindai Alus Martapura. Ierj, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.62976/ierj.v2i1.379
Gultom, R. (2023). Membangun Keluarga Harmonis Melalui Pendampingan Pastoral Bagi Pasangan Baru Menikah. Pneumatikos Jurnal Teologi Kependetaan, 14(1), 1–18. https://doi.org/10.56438/pneuma.v14i1.83
Hasanah, F. F. (2023). Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Literasi Digital Untuk Anak Usia Dini. Albanna, 3(2), 83–100. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i2.1984
Haulid, H., & Syukri, S. (2023). Religious Moderation Values in the Subject of Islamic Religious Education and Budi Pekerti Class IX Junior High School. El-Hikmah Jurnal Kajian Dan Pengabdian Pendidikan Islam, 17(1), 25–34. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i1.8417
Iswar, N. S., Maimun, M., Winengan, W., & Lubna, L. (2025). Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama Di Era Digital Pada Sekolah Menengah Atas Di Lombok Timur. Peshum, 4(5), 6930–6939. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i5.10026
Juhri, M. A., & Hariani, H. (2023). Cultivating Religious Inclusiveness Through Social Media: Decorating Podcast for Interfaith Dialogue in the “Login Program.” DMR, 1(2), 105–119. https://doi.org/10.32678/dmr.v1i2.13
Kasim, E. W., Mirna, W., & Riaddin, D. (2024). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Konsep “Satu Tungku Tiga Batu” Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 8(1), 206–215. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6989
Kurniawan, A. N., Nola, R., & Fibia, C. C. N. (2024). Pembentukan Karakter Toleransi Melalui PAI. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 27–41. https://doi.org/10.59001/pjier.v2i2.64
Mandala, O. S. (2024). Model Pendidikan Hukum Partisipatif Untuk Meningkatkan Kepedulian Hukum Warga Desa Ranggegate. JPM, 4(2), 97–107. https://doi.org/10.59259/jpm.v4i2.245
Marlisa, S. D., & Wijaya, R. (2021). Kesadaran Hukum Masyarakat Desa Jabontegal Pungging Mojokerto Dalam Memiliki Kartu Identitas Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 382–396. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p382-396
Merdekawati, A., Kurniawan, A., Leidiyana, H., Ghazali, A., & Waryono, W. (2021). Pelatihan Google Bisnisku Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja. Pakmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 66–70. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i2.72
Mimin, E. (2023). Pentingnya Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok Dalam Kurikulum PAUD Guna Menghasilkan Siswa Berkepribadian Unggul. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4500–4512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3984
Nasarudin, & Ahyuni, S. (2023). Strategi Pendampingan Industri Kreatif Menengah Kerajiinan Baduy Berbasis Local Wisdom: Tinjauan Model Triple Helix. JSCSR, 1(1). https://doi.org/10.61511/jscsr.v1i1.2023.164
Pamungkas, M. D., Suleman, Z., & Santoso, A. D. (2024). On Digital Ethnography: Nonviolent Campaign Movement of the Instagram Community @TOLERANSI.ID in Realizing Religious Moderation. Al-Qalam, 30(1), 126. https://doi.org/10.31969/alq.v30i1.1427
Pancarani, Y. (2024). Refleksi Tentang Penginjilan, Kristenisasi, Dan Moderasi Beragama Di Era Modern. Logon Zoes Jurnal Teologi Sosial Dan Budaya, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.53827/lz.v7i1.150
Parera, B. A., Aslam, M., & Seran, H. E. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Optimalisasi Brand Awareness. Deliberatio, 5(1), 91–103. https://doi.org/10.59895/deliberatio.v5i1.569
Putri, A. C. E., Wahyudi, M. R., Hijri, A. Y. A., Andromeda, Y., Febriyana, K., Nurhasanah, S. D., Gustina, A. E., Faradilah, F., Ningsi, N., & Faiziyah, N. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Pendampingan Pembuatan NIB Dan Sertifikat Halal Di Desa Gadingan. Abdimas. https://doi.org/10.23917/abdimas.5229
Putri, A. G., & Budayawan, K. (2022). Analisis Jalur (Path Analysis) Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa TKJ SMK Negeri 5 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 10(4), 61. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119832
Qisthi, N., & Ekawati, N. (2025). Pendampingan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Di Kecamatan Lemahabang Cirebon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(1), 1703–1709. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1803
Rifdah, K. M. N., & Lestari, R. (2024). Peran Komunikasi Islam Dalam Tradisi Erau Sebagai Media Harmonisasi Budaya Di Kutai Kartanegara. Pusaka, 12(1), 182–191. https://doi.org/10.31969/pusaka.v12i1.1476
Sajanapwar, P., & Chandratreya, A. (2024). Empowering Women Through Technology: The Impact of Digitization on Self-Help Groups. Interantional Journal of Scientific Research in Engineering and Management, 08(008), 1–14. https://doi.org/10.55041/ijsrem37050
Sari, U. A., Nuruddien, M., & Arumawan, M. M. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama: Implementasi Pembelajaran Pada Sekolah Berkebutuhan Khusus Di Ponorogo. Wikrama Parahita Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 229–236. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v8i2.7472
Sekarlangit, N., Cininta, M., & Seran, A. J. K. (2024). Perencanaan Pasar Tiban Dan Lahan Pertanian Sebagai Desa Wisata Gilangharjo. Jurnal Atma Inovasia, 4(4), 132–138. https://doi.org/10.24002/jai.v4i4.8503
Skjortnes, M. (2014). Religion and Development. Mission Studies, 31(1), 60–81. https://doi.org/10.1163/15733831-12341309
Suarnaya, I. P. (2021). Model Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Pegayaman Kabupaten Buleleng. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 4(1), 45–59. https://doi.org/10.36663/wspah.v4i1.239
Suyani, E., Rahmawati, M. C., & Azman, A. (2025). Membangun Moderasi Beragama Dan Karakter Di Lembaga Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Teoritis Dan Praktis. Prosundhar, 5(1), 219–235. https://doi.org/10.46576/prosundhar.v5i1.508
Tahir, M. S., Aswan, A., & Makbul, M. (2024). Optimalisasi Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Digital Di SD IT Plus Qurthuba Makassar. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(01), 11–25. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11366
Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi Jurnal Pengabdian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 101–111. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798
Wadhi, Y. P. H., Berto, Y., Safitri, N. W. N., & Siagian, R. A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restaurant Senja Eatery. Javok, 2(2), 135–141. https://doi.org/10.63604/javok.v2i2.93
Wahyuni, F., & Fernandes, I. (2022). Kesadaran Hukum Pada Perempuan Dalam Pemilihan Kepada Desa Di Indragiri Hilir. Selodang Mayang Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(1), 17–24. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i1.245
Wang, X., Shen, J., Wu, S., & Qu, H. (2025). Application of Feedforward Control Strategy to Optimize the Critical Quality Atributes of Solid Dispersion Formulations: A Case Study of Ginkgo Biloba Leaf Dripping Pills. Journal of Pharmaceutical Innovation, 20(5), 191.
Yasin, A., & Rahmadian, M. I. (2024). Strategi Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Pluralisme Agama Di Masyarakat Multikultural. Aksiologi Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.208
Yoesyifa, K. A., Ramadan, G., Virgina, G., Narannisa, M., Salma, G., Aulia, G. A., Sujiarti, L., Hapidudin, D., Malik, M. F., Wafa, A. S., & Marlida, S. (2024). Pembinaan Masyarakat Dalam Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Dan Sertifikat Halal Dalam Upaya Memajukan Usaha UMKM Di Desa Jangkurang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(7), 2966–2974. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i7.1372
Yuliana, Y., Lusiana, F., Ramadhanyaty, D., Rahmawati, A., & Anwar, R. N. (2022). Penguatan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2974–2984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i3.36868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
