PEMANFAATAN TEKNOLOGI CAMTASIA UNTUK TEKNIK PRESENTASI PADA SMAN 5 BONE

Kurnia Yahya, Musdalifah Thamrin

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ( Pkm) Workshop Pemanfaatan Teknologi Camtasia untuk Teknik Presentasi pada Siswa Siswa SMA Negeri 5 Bone ini bertujuan untuk menjadikan  para siswa menjadi siswa yang berkualitas  serta untuk meningkatkan motivasis siswa sehingga lebih tertarik dalam mengerjakan tugas yang diberikan.  Kegiatan ini mengenalkan teknologi aplikasi Camtasia untuk Teknik presentasi  yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan para siswa dalam pembuatan tugas yang akan dipresentasikan. Peserta dalam kegiatan workshop diikuti oleh siswa kelas XII SMA Negeri 5 Bone. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu diberikan informasi dan diterapkan media pembelajaran Camtasia Studio. Materi yang diajarkan  adalah bagaimana merancang  dan menerapkan Camtasia studio. Pembelajaran dilaksanakan dalam 3 Fase yaitu Fase perencanaan, implementasi dan penilaian.

 

Kata kunci: camtasia; video; presentasi

 

ABSTRACT

This community service activity ( Pkm) Workshop on the Use of Camtasia Technology for Presentation Techniques to Students at SMA Negeri 5 Bone aims to make students become quality students and to increase student motivation so that they are more interested in doing the assigned tasks. This activity introduces Camtasia application technology for presentation techniques that can be used to improve students' abilities in making assignments to be presented. Participants in this workshop were attended by class XII students of SMA Negeri 5 Bone. The method used to achieve the goal is to provide information and apply Camtasia Studio learning media. The material taught is how to design and implement Camtasia studio. Learning is carried out in 3 phases, namely the planning, implementation and assessment phases.

 

Keywords: camtasia; video; presentation


Keywords


camtasia; video; presentation

Full Text:

PDF

References


Aflahah, A., Hefni, M., & Fawaid, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis

IT Menggunakan Software Camtasia untuk Guru Alumni Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah.PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 2(2), 54-65.

Dariyadi, M. W. (2016). Penggunaan Software “Camtasia Studio” Sebagai Media Pembelajaran

Bahasa Arab Berbasis Ict. In Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 2, (pp. 207-2019).

Fauzi, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Membuat Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi “Camtasia Studio” Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Alfauzana: Jurnal Pembelajaran Bahasa

Arab dan Kebahasa araban. UIN SBY, 3(2), 167-190

Hafizh, M. A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Camtasia Studio Pada Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv Sd. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), 141–154. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6411

Magdalena, R. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Aplikasi Camtasia Studio 2018 Berbasis

Pendekatan Inkuiri pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Pekanbaru

(Disertasi). Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosddakarya.

Rahmatang, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Camtasia untuk Model

Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Peserta Didik Kelas VIII. 7 SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten

Jeneponto (Disertasi). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Rahmayani, M. (2011). Pengaruh penggunaan multi media berbasis camtasia studio terhadap hasil belajar

matematika siswa (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sari, D. P., Subranto, A., Rizki, T. M., Istiqomah, I., Maulla, S. R., & Jaenudin, J. (2022). Pelatihan Video Pembelajaran Berbasis Software Ms. Powerpoint dan Camtasia Studio bagi Guru SMPAn Nurmaniyah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 2(2), 137-141.

Sukri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Azhar Aceh Tenggara. Tesis. IAIN Sumatera Utara.

Watson, M. (2008). Developmental discipline and moral education. Dalam Nucci, LP., & Narvaez, D. (Penyunting). Handbook of moral and character. New York: Routledge.

Wulandari, A. R., & Listiadi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Dengan Menggunakan Camtasia Studio Sebagai Bahan Pengamatan Pada Mata Pelajaran

Komputer Akuntansi (MYOB) Kelas XI Di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2), 113-120.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: