UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UMKM “BUNGA” SNACK DENGAN PERBAIKAN KEMASAN
Abstract
ABSTRAK
Usaha Mikro Kecil dan Menengah “Bunga” Snack adalah salah satu UMKM di Kabupaten Jepara Jawa Tengah yang bergerak di bidang makanan ringan. UMKM ini kurang memiliki daya saing, karena kondisi dari tahun ke tahun relatif sama. Padahal persaingan usaha makanan, semakin hari semakin ketat. UMKM ini memiliki permasalahan antara lain label kemasan yang masih sederhana, kemasan produk masih biasa, dan keadaan UMKM belum bisa berkembang. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu UMKM Bunga dalam rangka meningkatkan kualitas produknya berupa pengemasan dan pemberian label pada produknya. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi kegiatan; introduksi label, kemasan dan hand sealer; pelatihan kewirausahaan serta kegiatan pendampingan. Hasil dari pengabdian berupa perbaikan label kemasan, mengintroduksikan jenis kemasan yang bersifat marketable dengan menggunakan kemasan standing pouch, mengintroduksikan alat berupa hand sealer, dan kegiatan pelatihan kewirausahaan.
Kata kunci: label; kemasan; marketable
ABSTRACT
Micro, Small and Medium Enterprises Bunga Snack is one of the MSMEs in Jepara district, Central Java, which is engaged in the snack food sector. These SMEs lack competitiveness, because the conditions from year to year are relatively the same. Even though the competition in the food business is getting tougher day by day. These MSMEs have problems, including packaging labels that are still simple, product packaging is still ordinary, and the state of MSMEs has not been able to develop. The purpose of this community service is to help SMEs Bunga in order to improve the quality of their products in the form of packaging and labeling their products. The method used is the socialization of activities; introduction of labels, packaging and hand sealers; entrepreneurship training and mentoring activities. The results of the service include improving packaging labels, introducing marketable types of packaging using standing pouch packaging, introducing tools in the form of hand sealers, and entrepreneurship training activities.
Keywords: author’s guideline; document’s template; format; style.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eko Sasono, & Rahmi Y. (2014). Manajemen Inovasi Pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Stie Semarang, 6(3), 74–90.
Fisla Wirda, Herizon, & Trimardi Putra. (2020). Penguatan Daya Saing UKM Pada Usaha Makanan Khas Daerah Sumatera Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 579–587. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4165
Kusnandar, K., Harisudin, M., Setyowati, N., Adi, R. K., Qonita, R. R. A., & Khomah, I. (2020). Inovasi Bisnis : Upaya Adaptasi UKM Werkudoro di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 1(2), 81. https://doi.org/10.20961/agrihealth.v1i2.44034
Made Agus Putra Subali, I Gusti Rai Agung Sugiartha, & Arya Faisal Akbar. (2020). Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produksi Kerupuk Basa di Desa Jegu, Kabupaten Tabanan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 730–736. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4625
Nasution, Z. A., & Limbong, H. P. (2018). Kajian Faktor-Faktor Penguatan Usaha Pengembangan UKM Makanan Ringan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 29(924), 195–201.
Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574
Nurhayati, A., Lasmanawati, E., & Yulia, C. (2012). Pengaruh mata kuliah berbasis gizi pada pemilihan makanan jajanan mahasiswa program studi pendidikan tata boga. Penelitian Pendidikan, 13(1), 1–6. http://jurnal.upi.edu/file/1-ai.pdf
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Untari, D. T. (2019). Manajemen Pemasaran: Kasus Dalam Pengembangkan Pasar Wisata Kuliner Tradisional Betawi. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=y-3gDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=kenyamanan+ketertarikan+pengguna+gadget&ots=IHUE_Vx_PF&sig=9DIZN4ZYrAjbULRjkme7YKsoojA
Wardhani, R. S., & Agustina, Y. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Daya Saing Pada Sentra Industri Makanan Khas Bangka Di Kota Pangkalpinang. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 10(2), 64. https://doi.org/10.19184/jauj.v10i2.1252
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: