BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDUKUNG PERKULIAHAN BERBASIS MASALAH DAN PROYEK
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melakukan bimbingan teknis instrument penilaian pendukung perkuliahan berbasis masalah dan proyek untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan dosen-dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat. Pengabdian ini berawal dari dari kesepakatan antara kerjasama antara dua Universitas dengan bersepakat mengambil satu sasaran yang perlu dibahas dan disajikan dalam instrument penilaian saat ini adalah instrument yang berbasis masalah atau proyek yang tersusun dengan format yang sama dalam satu perguruan tinggi. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pengabdian ditempuh melalui pendekatan bimbingan teknis yaitu bimbingan yang diberikan oleh tenaga ahli atau professional dibidangnya dengan tujuan: 1) meningkatkan kualitas sember daya manusia; 2) memperbaiki koordinasi kerja; 3) mengoptimalkan kompetensi dosen; dan 4) peningkatan kinerja insitusi. Tahapan pelaksanaan kegiatan menggunakan langkah-langkah: 1) identifikasi masalah pembelajaran terkhusus kebutuan evaluasi pembelajaran; 2) menyesuaikan evaluasi pembelajaran dengan capaian pembelajaran; 3) menetapkan perangkat asesmen berdasarkan soal-soal bertipe hots; 4) membuat instrument pembelajaran dalam satu format yang sama dengan melakukan bimbingan teknis penyusunan. Dari hasil pengabdian diperoleh sebagai berikut: 1) pelaksanaan pengabdian dosen-dosen di universitas nadhlatul ulama yang bertujuan melakukan bimbingan teknis penyusunan instrument penilaian pendukung perkuliahan berbasis masalah dan proyek; 2) membuat format penilaian yang serempak dan disepakati dan kemudian menjadi dasar bimbingan teknis penyusunan; 3) terdapat produk instrument penilaian berdasarkan format penilaian yang tersusun dan mata kuliah yang diampu.
Kata kunci: instrumen penilaian; bimbingan teknis; berbasis masalah dan proyek
ABSTRACT
The purpose of this community service activity is to carry out technical guidance on problem-based and project-based lecture supporting assessment instruments to improve the understanding, knowledge, and skills of lecturers at Nahdlatul Ulama University, West Kalimantan. This dedication stems from an agreement between the collaboration between the two universities by agreeing to take one target that needs to be discussed and presented in the current assessment instrument, which is a problem- or project-based instrument that is structured in the same format in one college. The method used to achieve the goal of dedication is taken through a technical guidance approach, namely guidance provided by experts or professionals in their field with the objectives of: 1) improving the quality of human resources; 2) improve work coordination; 3) optimizing the competence of lecturers; and 4) increasing institutional performance. The stages of implementing activities use the steps: 1) identification of learning problems, especially the needs of learning evaluation; 2) adapting learning evaluations to learning outcomes; 3) determine the assessment tools based on hot questions; 4) make learning instruments in the same format by carrying out technical guidance on preparation. From the results of the dedication, the following were obtained: 1) the implementation of the dedication of lecturers at Nadhlatul Ulama University which aims to provide technical guidance for the preparation of problem-based and project-based lecture support assessment instruments; 2) create an assessment format that is unanimous and agreed upon and then becomes the basis for technical guidance for preparation; 3) there is an assessment instrument product based on the structured assessment format and the subjects taught.
Keywords: assessment tools; technical guidance; problem-based and projects
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggreani, C. (2021). Bimbingan Teknis Penyusunan Instrumen Teknik Penilaian Nontes BDR (Belajar Dari Rumah). JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat …, 4(1), 107–112. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/188
Barrows, H.S. & Tamblyn, R. M. . (1980). Problem-Based Learning, an Approach to Medical Education, New York: Springer Publishing Company.
David, F., van der Sijde, P., & van den Besselaar, P. (2018). Academics coping with business logic: A study at Indonesian universities. Journal of Engineering and Technology Management, 49, 91-108.
Mata, P., Ips, P., Sdit, D. I., Somba, K., & Kabupaten, O. P. U. (2020). Program Studi Magister Pendidikan Dasar Disusun dan diajukan oleh.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Rachmawati, Y., Maizora, S., & Maulidiya, D. (2019). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 162–171. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.162-171
Reed, M. M., & Brunson, R. R. (2018). Exploration of the efficacy of the case method of teaching. The CASE Journal.
Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09(02), 193–210.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Dosen, Jakarta: Raja Grafindo Persada, cetakan ke-III.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.
Utami, R. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Dan Cara Mengatasinya Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii-C Smp Negeri 13 Malang. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2606
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: