SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA DAN PAMERAN HASIL KARYA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI 5 PANGALI-ALI

Muhammad Nur, Wahyuddin Wahyuddin, Ulfasari Syukur, Fatimah Malik, Syaharuddin Syaharuddin

Abstract


ABSTRAK

Sekolah Dasar Negeri 5 Pangali-Ali adalah salah satu Sekolah Penggerak di Provinsi Sulawesi Barat. Tujuan sosialisasi kurikulum merdeka dan pameran hasil karya proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah untuk mensosialisasikan kurikulum merdeka kepada berbagai pihak utamanya para guru dan orang tua siswa. Selain itu juga sebagai wujud pemberian semangat bagi para peserta didik yang melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila selama satu Semester. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Desember 2022 bertempat di SD Negeri 5 Pangali Ali, Kelurahan Pangali-Ali, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Peserta pada kegiatan ini yaitu Para guru, orang tua/ wali siswa dan peserta didik/siswa. Metode pelaksanaan sosialisasi dan pameran tersebut yaitu sambutan oleh Kepala Sekolah, Sosialisasi oleh Fasilitator Sekolah Penggerak, Pameran Karya, Sambutan dari Guru PKP, perwakilan orang tua siswa dan perwakilan dari sekolah penggerak yang lain.  Hasil pelaksanaan sosialisasi ini para guru lebih termotivasi untuk melaksanakan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, inovatif, menyenangkan, menantang, dan  berpusat pada peserta didik.  Selain itu, juga memberikan motivasi kepada para orang tua siswa untuk senantiasa mendukung pembelajaran disekolah dan terlibat dalam pembelajaran Kurikulum merdeka. Selanjutnya Pameran Hasil Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 5 Pangali Ali memberikan dampak yang besar dalam membentuk  perilaku yang baik dan karakter yang melekat pada diri peserta didik berprofil pelajar pancasila  yaitu beriman, bertaqwa kepada tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

 

Kata kunci: sekolah penggerak; sulawesi barat; SDN 5 Pangali-Ali; pelajar pancasila

 

ABSTRACT

SD Negeri 5 Pangali Ali is one of the sekolah penggerak in West Sulawesi Province. The purpose of the socialization of the independent curriculum and the exhibition of the work of the pancasila student profile strengthening project are among others to socialize the independent curriculum to various parties, especially teachers and parents of students. Apart from that, it is also a form of giving encouragement to students who carry out the Pancasila Student Profile Strengthening Project for one semester. This activity was held on Thursday, 15 December 2022 at SD Negeri 5 Pangali Ali, Pangali-Ali Village, Banggae Timur District, Majene Regency, West Sulawesi. Participants in this activity were teachers, parents of students and students. The method of implementing the socialization and exhibition namely remarks by the Head of School, Socialization by the Sekolah Penggerak Facilitator, Work Exhibition, Speeches from PKP Teachers, and representatives of parents. As a result of implementing this socialization, teachers are more motivated to carry out learning processes that are interactive, inspiring, innovative, challenging, and colaboration. In addition, it also provides motivation to parents of students to always support learning at school and be involved in learning the independent curriculum. Furthermore, the Exhibition of The Pancasila Student Profile strengthening project at SD Negeri 5 Pangali Ali had a major impact in shaping good behavior and inherent character in students with a Pancasila student profile, namely Faith, fear of God Almighty and noble character, Global Diversity, Mutual Cooperation (gotong royong), Creativity, Critical thinking, and Independent.

 

Keywords: sekolah penggerak; west sulawesi; SDN 5 Pangali-Ali; pancasila students


Keywords


sekolah penggerak; west sulawesi; SDN 5 Pangali-Ali; pancasila students

Full Text:

PDF

References


Desianti, L. C., & Rahayuningsih, T. (2022). Sekolah Penggerak and Guru Penggerak Evaluation Policy as Pioneers of Changes in The Education System in The New Paradigm Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 128–140. https://doi.org/10.55215/ pedag onal .v6i1.4936

Irawati D, Iqbal AM, Hasanah A, & Arifin BS. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Sains dan Teknologi, 9(3), 2022–2687. https://doi.org/10.47668 /edusaintek.v9i3.576

Ombili, H., Doloan, D., Rauf, S., Rahmat, A., & Husain, R. (2022). Project Program Sekolah Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Literasi Kewirausahaan Di SDN 29 Kota Selatan. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi , 687–706.

Patilima, S. (2022). Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Dasar, 2228–2236.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v6i4.3237

Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195. https://doi.org/ 10.32585/jp.v31i2.2637

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4),7076–7086. https:// doi.org/ 10.31004/basicedu.v6i4.3274

Satriawan, W., Dian Santika, I., Naim, A., Tarbiyah, F., Ma, S., Kalirejo, arif, (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatiF. Jurnal Kependidikan Islam, 11, 2021. https://doi.org/10. 24042/alidarah.v11i1.7633

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Surahman, S., & Ainur Alam Budi Utomo. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Dasar Kurikulum Prototipe Berdasar Keputusan Mendikbudristek Nomor 317/M/2021 Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.36805/jurnal sekolah dasar.v7i1.2097




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: