PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMP IT IBNU SINA MERAUKE MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Andi Reski, Marni Bawawa, Mitra Rahayu, Merta Simbolon

Abstract


ABSTRAK

Program merdeka belajar merupakan salah satu strategi yang dilakukan Pemerintah untuk membawa peserta didik menjadi pembelajar yang kompeten di abad 21. Dimana, Pemerintah menjadikan teknologi sebagai sarana utama dalam membentuk keterampilan self directed learning atau pembelajar mandiri. Pembelajar mandiri ini tentu saja membutuhkan dukungan dari guru yang berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator. Sebagai fasilitator tentu saja guru diharapkan mampu menyiapkan materi pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik agar semangat belajar. Salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan PKM ini dengan tujuan untuk melatih dan mendampingi para guru SMP IT Ibnu Sina dalam menyiapkan media pembelajaran berbasis ICT agar tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Adapun hasil dari kegiatan PKM ini adalah guru SMP IT Ibnu Sina mampu membuat media pembelajaran berbasis ICT yang menunjang peningkatan kompetensi baik kompetensi profesional maupun kompetensi pedagogik guru dalam menghasilkan bibit-bibit pembelajar mandiri yang cerdas, kreatif, dan inovatif di Kota Merauke.

 

Kata kunci: guru; ICT; kompetensi; media; pembelajaran

 

ABSTRACT

The independent learning program is one of the strategies carried out by the Government to bring students to become competent learners in the 21st century. Where, the Government makes technology the main means of forming self-directed learning skills or independent learners. These independent learners of course need support from teachers who act as learning resources, facilitators, managers, demonstrators, mentors, motivators, and evaluators. As a facilitator, of course the teacher is expected to be able to prepare learning materials that can motivate students to be enthusiastic about learning. One of them is by utilizing ICT-based learning media. Therefore, this PKM activity was carried out with the aim of training and assisting the teachers of SMP IT Ibnu Sina in preparing ICT-based learning media to create effective and efficient learning. The results of this PKM activity are that SMP IT Ibnu Sina teachers are able to create ICT-based learning media that supports competency improvement both professional competence and teacher pedagogic competence in producing intelligent, creative, and innovative independent learners in Merauke City.

 

Keywords: teacher; ICT; competence; media; learning


Keywords


teacher; ICT; competence; media; learning

Full Text:

PDF

References


Aji, S. D., Setyowati, T., Jumina, S., & Hudha, M. N. (2021). Augmented reality: Physics on wave and vibration. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012090.

Andrian, R., & Ardiansyah, A. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Bagi Guru-Guru SMA Provinsi Lampung. TABIKPUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(1), 55–62. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v1i1.7.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Ismail & Nursakti. (2023). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di SMKN 3 SOPPENG. Abdimas UNIPOL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 57–60. https://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/view/15.

Ismayani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Elex Media Komputindo.

Kumoro, D. T., Saputri, D. S. C., & Apriani, A. (2017). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru SMP. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1–6.

Muchoyimah, S., Kusairi, S., & Mufti, N. (2016). Identifikasi Kesulitan Siswa pada Topik Usaha dan Energi. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 492–500.

Nursakti & Anaguna, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality. Abdimas UNIPOL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24–27.

Nuzuliana, A. H., Bakri, F., & Budi, E. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Pada Materi Fluida Statis di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV, 27–32.

Reski, A. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 001–008. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/mjose.v1i1.859.

Reski, A. &, & Palittin, I. D. (2021). Pelatihan Penggunaan Edmodo untuk Meningkatkan Pengetahuan Teknologi Pembelajaran Guru SMP Yapis Merauke. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 113–122. https://doi.org/10.37850/taawun.v1i02.191

Reski, A., & Bawawa, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Online Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru MA Al-Munawwaroh Merauke. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 283–288. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.302

Sutrisno, V. L. P & Siswanto, B. T. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 112–119. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11, 131–144.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: