PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BAGI GURU SDN SUKO SIDOARJO

Vanda Rezania, Zuyyina Fihayati, Muhlasin Amrullah, Hanem Masfufah, Rahmawati Hani Pratiwi

Abstract


ABSTRAK

Pelatihan ini dilaksanakan untuk membantu memecahkan permasalahan di SD tersebut, yaitu belum maksimalnya kompetensi literasi digital, numerasi siswa dan guru, serta penyediaan media pembelajaran digital. Produk yang ditawarkan adalah media pembelajaran E-Comic yang berisi dialog antar peran yang mengangkat materi pelajaran dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan memberikan pendampingan pada guru untuk menyusun media pembelajaran tersebut. Tahapan PKM yang diterapkan, antara lain: 1) Tahap Persiapan: penyusunan tim; 2) Tahap Input: Observasi; 3) pelatihan penyusunan media E-Comic; 4) penugasan dan praktek; 5) pendampingan dan evaluasi. Hasil PKM antara lain: 1) terdapat enam jenjang kelas yang berkomitmen untuk memproduksi media pembelajaran E-Comic; 2) rata-rata skor posttest, 70 yang berarti skor mengalami peningkatan dari rata-rata skor pretest 50; dan 3) enam kelas telah menuntaskan tugas 1 (menyusun cover, daftar isi, dan tujuan pembelajaran). Kegiatan ini masih berlangsung, sehingga hasil yang dipaparkan masih sebatas menuntaskan tugas 1. Selanjutnya, kegiatan berikutnya adalah menuntaskan tugas 2 hingga akhir sehingga menghasilkan produk media E-Comic.

 

Kata kunci: e-comic; media pembelajaran digital; sekolah dasar.

 

ABSTRACT

This training was carried out to help solve problems at the elementary school, namely the lack of digital literacy competence, student and teacher numeracy, and the provision of digital learning media. The product offered is E-Comic learning media which contains dialogue between roles that raises subject matter and its relation to everyday life and provides assistance to teachers in compiling these learning media. The PKM stages implemented include: 1) Preparation Stage: team building; 2) Input Stage: Observation; 3) training on preparing E-Comic media; 4) assignment and practice; 5) mentoring and evaluation. The results of PKM include: 1) there are six grade levels that are committed to producing E- Comic learning media; 2) average posttest score, 70; and 3) six classes have completed task 1 (compile cover, table of contents, and learning objectives). This activity is still ongoing, so the results presented are still limited to completing task 1. Furthermore, the next activity is completing task 2 to the end so as to produce E-Comic media products.

 

Keywords: digital learning media; E-Comic; elementary school


Keywords


digital learning media; E-Comic; elementary school

Full Text:

PDF

References


Asnawi, Mulyahati, B., & Fransyaigu, R. (2023). Penguatan Kompetensi Guru dalam Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar “E-Comic” di Sekolah Dasar. Community Development Journal, 4(1), 407–412. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12255

Ayuningtyas, A., Honggowibowo, A. S., Pujiastuti, A., Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Al Muthi’in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v1i1.265

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2020). Development Learning Model Of Character Education Through e-Comic In Elementary School. International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.

Desyanti, D., Suhaidi, M., & Fitra, F. (2019). Meningkatkan kemampuan menghafal juz amma melalui media pembelajaran audio visual. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 297–303. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.297-303

Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21: KOMIK DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Murni Winarsih. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1–8. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744

Fitria, H. (2013). Pengembangan Strategi Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Seminar Pendidikan Nasional, 1279–1288. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1558

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar (15th ed.). Bumi Aksara.

Indriasih, A., Sumaji, Badjuri, & Santoso. (2020). PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Info Artikel Abstrak. Pengembanagn E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini, 10(2), 154–162. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/4228

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/5682/4078

Lazarusli, B., Ginting, R., Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Pengembangan model pembelajaran pendidikan karakter melalui e-comic di sekolah dasar ditinjau keefektivannya. Aksioma, 4(2), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i2.74

Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760–768. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Prastiti, M. R. (2020). Media Pembelajaran Berteknologi Digital. Rumah Belajar-Kemdikbud. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2020/09/media-pembelajaran-berteknologi-digital/

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, Pub. L. No. 87, 1 (2017).

Rasiman, & Pramasdyahsari, A. S. (2014). International JOURnal of Education, Vol.2, No.11 Nov 2014. International Journal of Education and Research, 2(11), 535–544.

Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 4 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 22. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3457




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: