PELATIHAN DASAR APLIKASI AUTOCAD KEPADA SISWA SISWI SMA DAN SMK ISLAM SUDIRMAN TANGGUNGHARJO

Bagus Acung Billahi, Ahmad Hakim Bintang Kuncoro, Talitha Zhafira, Anik Kustirini

Abstract


ABSTRAK

SMA dan SMK Islam Sudirman Tanggungharjo salah satu sekolah swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1984 ini berada di Jl. Raya Kapung Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Pemikiran dari Siswa SMA dan SMK tersebut masih terpaku untuk sebisa mungkin mendapatkan pekerjaan langsung setelah lulus dari jenjang sekolah menengah atas. Kurang pahamnya Siswa terkait jurusan yang ada di perguruan tinggi, seperti perbedaan antara Teknik Sipil dan Arsitek. Serta masih kurang paham adanya perguruan tinggi yang menyediakan kelas karyawan yang dapat diikuti jika sudah bekerja. Perlu adanya pemberian pemahaman dan gambaran terkait potensi jurusan yang ada di perguruan tinggi. Pelatihan dasar aplikasi AutoCAD menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Siswa SMA dan SMK Islam Sudirman Tanggungharjo. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa terkait jurusan di perguruan tinggi, potensi kuliah sambil kerja, dan peningkatan kemampuan baru menggunakan aplikasi AutoCAD. Pelatihan dilakukan dengan metode presentasi, demonstrasi, serta praktik langsung. Untuk mengukur pencapaian maka dilakukan pengisian kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kuesioner menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta pelatihan terkait jurusan di perguruan tinggi, kuliah sambil kerja, dan penggunaan aplikasi AutoCAD. Sebelum dilakukan pelatihan, rata-rata pengetahuan peserta sebesar 32%, dan mengalami peningkatan menjadi rata-rata sebesar 70% setelah diberi pelatihan.

 

Kata kunci: AutoCAD; pelatihan; siswa; SMA; SMK.

 

ABSTRACT

SMA and SMK Islam Sudirman Tanggungharjo, one of the private schools established in 1984, is located on Jl. Raya Kapung Tanggungharjo District, Grobogan Regency, Central Java. The high school and vocational students are still considering working directly after graduating. They lack an understanding of existing majors in college, such as not being able to distinguish between Civil Engineering and Architect. And I don't know about studying while working. There needs to be an explanation and training, such as the basic use of the AutoCAD application to illustrate the Civil Engineering department. This training aims to increase students' knowledge related to majors in higher education, the potential for studying while working, and increase new skills using the AutoCAD application. Training is carried out by presentation, demonstration, and direct practice methods, and questionnaires are filled out before and after training for evaluation. The questionnaire results showed an increase in trainees' knowledge related to majors in college, lectures while working, and the use of AutoCAD applications. Before the training, the average knowledge of participants was 32% and increased to an average of 70% after training.

 

Keywords: AutoCAD; high school; vocational school; students; training.


Keywords


AutoCAD; high school; vocational school; students; training.

Full Text:

PDF

References


Adiguna, Amiwarti, Purwanto, H., Setiobudi, A., Alzahri, S., & Firdaus, M. (2021). Workshop AutoCAD 2D di SMK Negeri 1 Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 136–145. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpm.v3i2.1126

Akhmadi, A. N., Qurohman, M. T., & Syarifudin. (2017). Peningkatan Kompetensi AutoCAD bagi Siswa SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming (PHB), 1(1), 15–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30591/japhb.v1i1.683

Atmajayani, R. D. (2018). Implementasi Penggunaan Aplikasi AutoCAD dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Menggambar teknik bagi Masyarakat. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 184–189. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.174

Binyamin, Asnan, M. N., Prasetyo, B. B., & Ledau, D. F. (2020). Program Pelatihan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi AutoCAD di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 2(1), 52–61. https://doi.org/https://doi.org/10.30650/jp.v2i1.442

Lapisa, R., Basri, I. Y., Arif, A., & Saputra, H. D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan AutoCAD. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 119–126. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.82

Nasution, F. A. K., Irwan, A., & Junaidi. (2020). Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak (Software) AutoCAD untuk Gambar Teknik bagi Siswa SMK Negeri 4 Medan. PRIORITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 50–55. https://doi.org/https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i02.250

Permanasuri, N. P. D. A., & Sitinjak, T. A. (2022). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Melalui Pelatihan AutoCAD Dasar. Pengabdian Kampus: Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 7–10. https://doi.org/https://doi.org/10.52850/jpmupr.v9i1.4197

Pohan, R. F., & Rambe, M. R. (2022). Pelatihan AutoCAD untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FORDICATE (Informatics Engineering Dedication), 1(2), 173–179. https://doi.org/https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2416

Puspitasari, E., Wirawan, Rizza, M. A., Dani, A., & Suyanta. (2021). Pelatihan Desain 2D dan 3D Menggunakan AutoCAD bagi Karang Taruna Desa Merjosari, Kota Malang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 264–268. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1083

Ramadhan, A. (2016). Pelatihan Penggunaan Software AutoCAD Bentuk 3 Dimensi Sebagai Pelengkap Gambar Kerja. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 2(1), 6–18. https://www.researchgate.net/publication/333323737_Pelatihan_Penggunaan_Software_AutoCAD_Bentuk_3_Dimensi_Sebagai_Pelengkap_Gambar_Kerja

Sukarno, R., Sugita, I. W., & Syaefudin, E. A. (2014). Pelatihan Dasar-Dasar CAD/CAM/CAE dan Software AutoCAD untuk Guru-guru SMK Bidang Keahlian Teknik Mesin di Wilayah Kabupaten Bekasi. SARWAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 122–129. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/sarwahita.112.10

Suryaman, H., Wiyono, A., & Risdianto, Y. (2022). Pelatihan AutoCAD Tingkat Lanjut untuk Guru SMK. JURNAL ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 85–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/abdi.v8i1.15586

Yani, A., Ratnawati, & Anoi, Y. H. (2020). Pengenalan dan Pelatihan AutoCAD untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Nusantara Mandiri Kota Bontang. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 101–106. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppm.v3i2.1861

Yusuf, I., Usman, R., Sariyusda, & Hayyum, M. (2019). Pelatihan AutoCAD 2D untuk Pemuda Gampong Mesjid Punteuet Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe. Jurnal Hasil-Hasil Penerapan IPTEKS Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 18–22. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v3i1.992

Zulkarnaen, M. I., Nuryati, S., & Yulius, E. (2022). Pelatihan Dasar AutoCAD untuk Pelajar dan Pemuda di Desa Jejalen Jaya. An-Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 1(1), 133–137. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i1.4233




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: