PEMBUATAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI TANAMAN BERBASIS QR-CODE DALAM PEMBELAJARAN IPA
Abstract
ABSTRAK
Salah satu bukti pesatnya perkembangan teknologi digital, yaitu adanya QR-Code yang sangat bermanfaat, salah satunya bagi dunia pendidikan, yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA yaitu pembuatan sistem informasi inventarisasi tanaman berbasis QR-Code untuk mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi berbagai jenis tanaman. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah; 1. Membuat QR-Code dan database inventarisasi tanaman; 2. Mengetahui respon peserta didik terkait pembuatan QR-Code dan database inventarisasi tanaman. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Annuban Wang Mai Sasanasart School yang terletak di Satun, Thailand Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 3 guru dan 17 peserta didik. Pengabdian ini dilakukan dengan metode penelitian terapan, langkah kegiatannya yaitu pendataan jenis tanaman, pembuatan QR-Code, pemasangan QR-Code, dan pembagian angket kuesioner. Didapatkan respon bahwa 57,1% siswa mengetahui tujuan pemberian QR-Code, merasa mudah dalam menggunakan QR-Code dan mengenal jenis tanaman, dan 42,9% sedikit mengetahui tujuan pemberian QR-Code, merasa sedikit mudah dalam menggunakan dan mengenal jenis tanaman, 85,7% siswa memahami manfaat pemasangan QR-Code, dapat memberikan informasi klasifikasi tanaman, memberikan motivasi belajar dan 14,3% siswa menjawab sedikit bisa, 71,4% menjawab bisa menggunakan QR-Code dan 28,6% sedikit bisa, 57,1% merasa mudah menggunakan QR-Code dan 42,9% sedikit mudah, seluruh siswa menjawab QR-Code memberikan pengalaman baru dan dapat menyediakan informasi lebih banyak terkait tanaman.
Kata kunci: identifikasi tanaman; QR-Code; pembelajaran IPA.
ABSTRACT
One evidence of the rapid development of digital technology, namely the existence of a QR-Code which is very useful, one of which is for the world of education, which can be used in science learning, namely the creation of a QR-Code-based plant inventory information system to overcome difficulties in identifying various types of plants. The purpose of this service activity is; 1. Create a QR-Code and plant inventory database; 2. Knowing the responses of students regarding the creation of QR-Code and plant inventory databases. This dedication activity was carried out at the Annuban Wang Mai Sasanasart School which is located in Satun, Southern Thailand. This activity was attended by 3 teachers and 17 students. This service is carried out using applied research methods, the activity steps are collecting data on plant species, making QR-Code, installing QR-Code, and distributing questionnaires. The response was that 57.1% of students knew the purpose of giving the QR-Code, found it easy to use the QR-Code and recognize the types of plants, and 42.9% knew little about the purpose of giving the QR-Code, felt it was a little easy to use and recognize the types of plants, 85.7% of students understand the benefits of installing the QR-Code, can provide information on plant classification, provide motivation to learn and 14.3% of students answer a little can, 71.4% answer can use the QR-Code and 28.6% can a little, 57 .1% found it easy to use the QR-Code and 42.9% found it easy, all students answered that the QR-Code provided a new experience and could provide more information about plants.
Keywords: plant identification; QR-Code; science learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adyatama, R. P. 2021. “Penerapan Kurikulum Pembelajaran Ips Di Thailand.” OSF Preprints. June (June).
Candra, Eva Nurul, and Risa Mufliharsi. 2020. “Sosialisasi Penggunaan Qr Code Sebagai Upaya Pengembangan Bahan Ajar Untuk Siswa SMK.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat) 4(2):311. doi: 10.30595/jppm.v4i2.6575.
Fathul Hadi, Charis, Ratna Mustika Yasi, and Cici Agustin. 2022. “Aplikasi Teknologi QR Code Pada Identifikasi Tumbuhan Di Wisata De-Djawatan.” TEKIBA : Jurnal Teknologi Dan Pengabdian Masyarakat 2(1):7–12. doi: 10.36526/tekiba.v2i1.1583.
Fauzi, Mohamad Rifqi, Reny Sukmawani, and Endang Tri Astutiningsih. 2020. “Minat Generasi Muda Provinsi Narathiwat Thailand Selatan Terhadap Bidang Pertanian.” MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) 2(2):95–101. doi: 10.52434/mja.v2i2.786.
Khaira, Ulfa, Tri Suratno, Mauladi Mauladi, Reni Aryani, and Edi Saputra. 2020. “Pembuatan Sistem Informasi Inventarisasi Tanaman Berbasis QR Code Untuk Identifikasi Tanaman Taman Hutan Kota HM Sabki Kota Jambi.” Riau Journal of Empowerment 3(2):69–78. doi: 10.31258/raje.3.2.69-78.
Lingkar, Jurnal, and Mutu Pendidikan. 2022. “PENGGUNAAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL BERWAWASAN LINGKUNGAN.” 19(2):73–77.
Rahmadhani, Vica, and Widya Arum. 2022. “Literature Review Internet of Think (Iot): Sensor, Konektifitas Dan Qr Code.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(2):573–82. doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1120.
Saenab, S., A. R. Saleh, and S. R. Yunus. 2022. “Pelatihan Pembuatan Herbarium Berbantuan QR Code Bagi Alumni Pendidikan IPA FMIPA UNM.” Beru’-Beru’: Jurnal Pengabdian … 1(2):133–38.
Sinaga, Megawati Indah, Aman Simaremare, and Yasaratodo Wau. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Qr Code Generator Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Basicedu 6(6):9887–97. doi: 10.31004/basicedu.v6i6.4082.
Sugiana, Dian, and Dedi Muhtadi. 2019. “Augmented Reality Type QR Code : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 135–40.
Tinggi, Pendidikan, Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah, Balai Pengkajian, Teknologi Pertanian, and Banda Aceh. 2022. “Digitalisasi Sistem Traceability Dan Keberlanjutan Agroindustri Pangan: Telaah Kritis Literatur.” Jurnal Teknologi Industri Pertanian 32(2):146–55. doi: 10.24961/j.tek.ind.pert.2022.32.2.146.
Zakaria, Andriansyah, Andesita Prihantara, Antonius Agung Hartono, Rostika Lystianingrum, and Fadhillah Hazrina. 2020. “Aplikasi Penampil Informasi Data Tanaman Mangrove Menggunakan QR-Code Di Hutan Mangrove Cilacap.” Madani : Indonesian Journal of Civil Society 2(1):23–29. doi: 10.35970/madani.v2i1.92.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: