PELATIHAN DESIGN GANCI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN MENGURANGI PENGANGGURAN KAWULA MUDA
Abstract
Generasi muda yang terhimpun dalam karang taruna AKSAMALA dan Remaja Musholah Al-Mabrur di desa Bahagia kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi Jawa Barat berdiri sejak tahun 2017. Nama AKSAMALA, berarti suci dengan nama ini berharap bisa menjalankan tugas sebagai pemuda di lingkunganya dengan niat dan hati yang bersih. Para anggota karang taruna terdiri dari pelajar SMP, SMA, Mahasiswa, pekerja serta ada yang masih menganggur, sehingga perlu dilakukan pengabdian masyarakat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk: 1. Memberikan pelatihan desain pin serta ganci (gantungan kunci) merupakan salah satu dari cinderamata (merchandise) yang mudah untuk dibuat serta diperjual belikan. 2. Memberikan ide, menciptakan kreativitas, dan menumbuhkan jiwa entrepreur diutamakan kepada pemuda pengangguran ataupun masih sekolah. 3. Menambah skill serta wawasan para pemuda untuk mendesain dan membuat souvenir berupa pin, dan gantungan kunci. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah, praktik design pin serta ganci menggunakan software adobe photoshop dan praktik pembuatannya. Hasil kegiatan pelatihan design serta cetak digital berbentuk produk dalam bentuk pin dan gantungan kunci, sebagai peluang usaha serta untuk mengurangi pengangguran di desa Bahagia kecamatan Babelan.
Kata kunci: desain digital; desa bahagia babelan; gantungan kunci.
ABSTRACT
The young generation who are gathered in the AKSAMALA youth group and Al-Mabrur Youth Musholah in the Happy village of Babelan sub-district, Bekasi Regency, West Java, were established in 2017. The name AKSAMALA, means holy with this name, hoping to carry out their duties as youth in their environment with clean intentions and hearts. The members of the youth group consist of junior high school, high school students, college students, workers and some who are still unemployed, so it is necessary to do community service. The purpose of this community service is to: 1. Provide training on pin and ganci (key chain) designs which are easy to make and trade merchandise. 2. Giving ideas, creating creativity, and fostering an entrepreneurial spirit is prioritized for youth who are unemployed or still in school. 3. Increase the skills and insights of young people to design and make souvenirs in the form of pins and key chains. This community service is carried out using the lecture method, the practice of designing pins and snaps using Adobe Photoshop software and the practice of making them. The results of design training activities and digital printing are in the form of products in the form of pins and key chains, as business opportunities and to reduce unemployment in the Happy village of Babelan sub-district.
Keywords: digital design; babelan happy village; key chain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aris, A., Syahnaz, C., & Ulfah, S. M. (2017). Desain Merchandise Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi Sd Islam Miftahul Huda. SENSI Journal, 3(2), 150–159. https://doi.org/10.33050/sensi.v3i2.768
Ashfahani, T., Widianto, E., Wahyu Rosena, A., Dilasari, A., Ajeng Aulia, D., Wahyuningsih, S., & Andriarno, W. (2021). Pelatihan Pembuatan Merchandise untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Masyarakat di Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i1.284
Komang Verdiansyah, S. (2020). Arty : Jurnal Seni Rupa BRANDING STRATEGY. Arty: Jurnal Seni Rupa, 9(3), 215–225.
Made Antara, M. V. Y. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Bali, 2.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Msigwa, R., & Kipesha, E. F. (2013). Determinants of Youth unemployment in Developing Countries : Evidences from Tanzania. Journal of Economics and Sustainable Development Vol.4, No.14, 2013, 4(14), 67–77.
Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430
Pramudjasi., R., Juliansyah, & Lestari, D. (2019). Pengaruh Jumlah Penduduk dan Pendidikan serta Upah terhadap Pengangguran di Kabupaten Paser. Kinerja, 16(1), 69–77. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/5284/472
Sri kalimah, A. A. (2020). PELATIHAN CETAK DIGITAL SEBAGAI PELUANG USAHA DI WISATA EDUKASI KAMPUNG TAHU KOTA KEDIRI. Jurnal ADIMAS, 4(1), 62–66. https://journal.umpo.ac.id/index.php/adimas/article/view/2381
Sunarya, L., Debataraja, M., & Kamal, M. F. (2020). Media Merchandise Sebagai Penunjang Promosi Pada Smp Putra Bangsa Kota Tangerang. MAVIB Journal, 1(2), 135–144. https://doi.org/10.33050/mavib.v1i2.1034
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16222
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: