PENINGKATKAN PEMASARAN DAN IDENTITAS PRODUK KERUPUK DESA JUMPUTREJO MELALUI PEMBUATAN LOGO DAN KEMASAN
Abstract
ABSTRAK
Logo memiliki peran penting dalam pemasaran maupun identitas pada suatu produk yang berguna untuk membedakan antara produk satu dengan yang lainnya. Selain logo sebagai identitas produk, kemasan juga difungsikan sebagai daya tarik agar konsumen membeli produk yang dipasarkan, akan tetapi disisi lain banyak pelaku usaha yang mengabaikan pentingnya kedua hal tersebut untuk meningkatkan daya jual produk dagangnya. Oleh karena itu, dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan di Desa Jumputrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo ini menyasar para pelaku Usaha Dagang (UD) yang bergerak dibidang produk makanan, yaitu kerupuk. Pelaksanaa PKM ini dilakukan dengan metode pelatihan serta dengan teknik pengamatan melalui studi pustaka dan observasi lapangan. Selanjutnya observasi dengan melakukan pengamatan pada produk. Hasilnya setelah logo dan kemasan dibuat dan dipasarkan terdapat peningkatan penjualan kerupuk dibuktikan dengan kesimpulan naiknya grafik. Manfaat dari kegiatan (PKM) ini supaya para pemilik Usaha Dagang di Desa Jumputrejo dapat mengembangkan lagi produknya agar tidak kalah bersaing dengan produk luar lainya sehingga dapat meningkatkan nilai perekonomian untuk semua orang yang terlibat didalamya.
Kata kunci: logo; kemasan; usaha dagang; kerupuk.
ABSTRACT
Logos have an important role in marketing as well as identity on a product that is useful for differentiating one product from another. In addition to the logo as a product identity, packaging also functions as an attraction so that consumers buy the products being marketed, but on the other hand many business actors ignore the importance of these two things to increase the selling power of their trade products. Therefore, in this Community Service (PKM) activity which was carried out in Jumputrejo Village, Sukodono District, Sidoarjo Regency, the target was Trading Business actors (UD) engaged in food products, namely crackers. The implementation of PKM is carried out using training methods and observation techniques through literature studies and field observations. Further observations by observing the product. As a result, after the logo and packaging were made and marketed, there was an increase in sales of crackers, as evidenced by the conclusion of an increase in the graph. The benefit of this activity (PKM) is that the owners of Trading Businesses in Jumputrejo Village can further develop their products so that they are not unable to compete with other foreign products so as to increase economic value for everyone involved in it.
Keywords: logo; packaging ; trading business; crackers.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Diansyah, H., Farmadani, G. A., Juandri, Y., Aditia, T., & Andika, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Kemasan Dan Desain Logo Terhadap Produk Baru Berupa Cake Singkong Caramel Di Desa Alai Selatan Kecamatan Lembak. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1564. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10507
Hamid, E. S., & Susilo, Y. (2011). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Heilbrunn, B. (2001). Le| logo.
Hidayatulloh, M. K. Y., Hamid, M., Arianti, S., & Kholid, A. (2021). Pendampingan belajar desain grafis bagi Generasi Z melalui aplikasi Corel Draw di Desa Bandarkedungmulyo. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7–10.
Munawaroh, L., & Rochmaniah, A. (2017). Resepsi Konsumen terhadap Brand Image Produk Fashion Sophie Martin Paris. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 21–30.
Purwasih, & Soesatyo. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Sektor Industri Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1–6.
Rustan, S. (2013). Mendesain logo. Gramedia Pustaka Utama.
Said, A. A. (2017). Mendesain logo. Fakultas Seni Dan Desain UNM Makassar.
Sukirno, S. (2008). Teori Pengantar Makroekonomi edisi 3. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16788
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: