PELATIHAN E-MAIL MARKETING BAGI UMKM WILAYAH KELURAHAN PANINGGILAN UTARA
Abstract
ABSTRAK
Saat ini internet menjadi kebutuhan utama dari setiap masyarakat. Salah satu fasilitas yang memanfaatkan internet adalah electronic mail (e-mail) untuk berkirim pesan dengan lebih cepat dibandingkan cara biasa. Pengiriman e-mail, dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk agar usaha dapat lebih berkembang yaitu dengan menggunakan teknik e-mail marketing. Pada pelatihan kali ini, dilakukan pelatihan e-mail marketing bagi masyarakat di wilayah kelurahan Paninggilan Utara, agar memanfaatkan e-mail untuk pengembangan usaha. Dalam kegiatan ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu pengamatan langsung, wawancara, dan studi literatur. Metode yang digunakan antara lain penjelasan teori dan praktek langsung kepada peserta. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah masyarakat dapat mengetahui pemanfaatan internet dan e-mail untuk pengembangan usaha melalui teknik e-mail marketing, serta terwujudnya misi Kelurahan Paninggilan Utara sebagai mitra pelatihan. Pemanfaatan internet dan e-mail melalui pelatihan ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk melakukan pemasaran dalam mengembangkan usahanya.
Kata kunci: internet; e-mail; marketing.
ABSTRACT
Currently, the internet is the main need of every society. One of the facilities that utilizes the internet is electronic mail (e-mail) to send messages faster than normal methods. Sending e-mail can be used to market products so that the business can develop further, namely by using e-mail marketing techniques. In this training, e-mail marketing training was carried out for people in the Paninggilan Utara sub-district area, so that they could use e-mail for business development. In this activity, several stages were carried out, namely direct observation, interviews, and literature study. The methods used include direct theoretical and practical explanations to participants. The results obtained from this training are that the public can understand the use of the internet and e-mail for business development through e-mail marketing techniques, as well as realizing the mission of North Paninggilan Village as a training partner. It is hoped that the use of the internet and e-mail through this training can help people carry out marketing in developing their businesses.
Keywords: internet; e-mail; marketing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azra, F. E. A. (2023). PENINGKATAN KAPASITAS KOMPETENSI UMKM DENGAN PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA DI DESA CIBITUNG KULON KABUPATEN BOGOR. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1782–1788.
Brianita, O., Dindaputri, Z. N., & Harmawan, B. N. (2023). SOSIALISASI APLIKASI E-PEKEN SEBAGAI SARANA PENJUALAN ONLINE UMKM KELURAHAN SEMOLOWARU KOTA SURABAYA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1640–1645.
Dewanti, R. A., Marseto, & Nisa, F. L. (2023). PENERAPAN KONSEP DIGITAL MARKETING MENUJU EKONOMI KREATIF BAGI UMKM DESA NGEPOH KABUPATEN PROBOLINGGO. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2018–2025.
Ika, T., Kusumawanti, J., & Anggraini, T. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Sosial Media Dan Marketplace Serta. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1403–1407.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. In Ghalia Indonesia (Cetakan 10). Ghalia Indonesia.
Novitasari, D. S., Marseto, & Nisa, F. L. (2023). PENDAMPINGAN UMKM MENUJU INDUSTRI KREATIF MELALUI IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING KEPADA PELAKU UMKM DESA KEDUNGDALEM, KABUPATEN PROBOLINGGO Dwi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1536–1543.
Paramita, L., Putri, A. U., Yeni, Y., & Lazuarni, S. (2022). Pelatihan Cara Meningkatkan Pendapatan Melalui Pemanfaatan Facebook Sebagai Alternatif Penjualan Pada Pedagang Sembako Di Desa Alai Selatan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1333. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10388
Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. Edulitera (Anggota IKAPI–No. 211/JTI/2019).
Ratnasari, I., Arnu, A. P., & Hannie, H. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Anggota Koperasi Umkm Juara Kabupaten Karawang. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1823
Sari, P. N. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING BERBASIS POTENSI LOKAL DAERAH PADA ANGGOTA KARANG TARUNA DESA WANGEN KABUPATEN KLATEN. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1940–1947.
Shita, R. T., Pramusinto, W., Hin, L. L., Diana, A., Achadiani, D., & Fatmasari. (2023). PENDAMPINGAN MASYARAKAT DI YAYASAN KREASI INSAN NUSANTARA ( YAKIN ) UNTUK PENJUALAN ONLINE MELALUI. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 94–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix
Siregar, L. D., Farla, W., Diah, Y. M., Meitisari, N., & Mavilinda, H. F. (2021). PELATIHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENDAMPINGAN APLIKASI TEKNIS MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI BAGI UMKM DESA KERINJING DI MASA PANDEMI. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 661–664.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). In Alfabeta (Cetakan 10). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2013). Dalam Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wong, J. (2013). Internet marketing for beginners. Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: