PENDAMPINGAN UMKM DAN DIGITAL MARKETING KEPADA WARGA BINAAN LAPAS PEREMPUAN KELAS II B KUPANG
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berjudul “Pendampingan UMKM dan Digital Marketing Kepada Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas II B Kupang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan dan digital marketing, agar para mendapatkan pengetahuan tentang kegiatan wirausaha dan memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan kegiatan wirausaha mereka. Penggunaan metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah ceramah, diskusi, pelatihan dan pendampingan bagi mitra dengan target luaran yang ingin dicapai adalah mitra dapat memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang kewirausahaan dan bagaimana mereka dapat menggunakan teknologi digital dalam berwirausaha. Hal ini dikarenakan, para Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas II B Kupang adalah mereka yang sudah memiliki skill namun namun pemanfaataannya belum maksimal karena masih menjalani masa pembinaan di dalam Lapas, serta belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber pendapatan. Hasil dari kegiatan ini membentuk pemahaman warga binaan untuk mempunyai pemikiran kedepan untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada di sekitar mereka.
Kata kunci: digital marketing; kewirausahaan; perempuan; UMKM; teknologi.
ABSTRACT
This Community Service Activity (CSA) is entitled "MSMEs Assistance and Digital Marketing to Class II B Women's Prison Residents in Kupang". This activity aims to provide entrepreneurship and digital marketing training so that participants gain knowledge about entrepreneurial activities and utilize digital technology in developing their entrepreneurial activities. The method used in this community service activity is lectures, discussions, training, and mentoring for partners. The output target to be achieved is that partners have an understanding and knowledge of entrepreneurship and how they can use digital technology in entrepreneurship. This is because Class II B Kupang Women's Prison Assisted Residents are those who already have skills, but their utilization is not optimal because they are still undergoing coaching in prisons and have not been utilized optimally as a source of income. The results of this activity form an understanding of the assisted resident's need for forward-thinking to utilize the resources around them.
Keywords: digital marketing; entrepreneurship; MSMEs; technology; women.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bai, H. (2021). Role of Digital Technology in Transforming Organizational Competencies Influencing Green Economy: Moderating Role of Product Knowledge Hiding. Frontiers in Psychology, 12, 792550. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2021.792550/BIBTEX
Cahyono, A. S. (2014). Pemberdayaan Dan Pengembangan Keterampilan Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tulugagung. Jurnal BONOROWO, 2(1), 1–10. http://jurnal-unita.org/index.php/bonorowo/article/view/34
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=-1yGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT17&dq=digital+marketing&ots=XiYm8XmL01&sig=wxxWwJglylAr9h63oYXbnIaeT3c
Dorfleitner, G., Hornuf, L., Schmitt, M., & Weber, M. (2017). Definition of FinTech and Description of the FinTech Industry. FinTech in Germany, 5–10. https://doi.org/10.1007/978-3-319-54666-7_2
Dwivedi, Y., Rana, N., Review, M. A.-T. M., & 2017, U. (2017). Affiliate marketing: An overview and analysis of emerging literature. Ingentaconnect.Com. https://www.ingentaconnect.com/content/westburn/tmr/2017/00000017/00000001/art00003
Giglio, F. (2022). Fintech: A literature review. International Business, 15(1), 2022. https://doi.org/10.5539/ibr.v15n1p80
Gunawan, A., & Hazwardy, D. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 81. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4311
Hardiyanto, L. (2018). Motivasi Mahasiswa Menjadi Start Up Digital Entrepreneur: Technopreneurship. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 10(1), 1–15.
Hollebeek, L., marketing, K. M.-J. of interactive, & 2019, undefined. (2018). Digital content marketing’s role in fostering consumer engagement, trust, and value: Framework, fundamental propositions, and implications. Journals.Sagepub.Com, 45, 27–41. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2018.07.003
Jerry, W. (2018). Digital Marketing, Symphonya. Emerging Issues in Management (symphonya. SYMPHONYA Emerging Issues in Management, 1, 43–54. http://symphonya.unimib.it/article/download/9136/8713%0Ahttp://dx.doi.org/10.4468/2002.1.04wind.mahajan
Ledford, J. (2015). Search engine optimization bible. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2Gz-CAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR16&dq=Search+ENgine+Optimization+definitions&ots=vIOFVo7-3B&sig=nexdmBC3OuTMiUML0lPdM0jhn70
Litoiu, M., Woodside, M., Wong, J., … J. N.-P. of the 2010, & 2010, undefined. (2010). A business driven cloud optimization architecture. Dl.Acm.Org, 380–385. https://doi.org/10.1145/1774088.1774170
Quin, A. N., Alisyahbana, A., Pd, S., Agit, M. S. A., Si, M., Nugroho, A., Putro, S., Kom, S., Hasbiah, H. S., Yonas, M. S., Riwu, F., Si, S., Santoso, H. R., Ilma, M. S., Hasdiansa, W., & Nurmahdi, A. (2023). EKONOMI DIGITAL 4.0. Penerbit Tahta Media. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/321
Riwu, Y. F., & Kurniawati, M. (2023). Pelatihan Personal Branding Dan Digital Literacy Bagi Pelaku Umkm Di Kota Kupang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1399–1406.
Rowley, J. (2008). Understanding digital content marketing. Journal of Marketing Management, 24(5–6), 517–540. https://doi.org/10.1362/026725708X325977
Suprata, I. (2014). Pembinaan Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Mataram. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8993
Yalçın, N., & Sciences, U. K.-. (2010). What is search engine optimization: SEO? Procedia-Social and Behavioral. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042810022901
Yoo, Y., Henfridsson, O., & Lyytinen, K. (2010). The new organizing logic of digital innovation: An agenda for information systems research. Information Systems Research, 21(4), 724–735. https://doi.org/10.1287/ISRE.1100.0322
Hasmidyani, D., Fatimah, S., & Firmansyah, F. (2018). Mengembangkan jiwa kewirausahaan generasi muda melalui pelatihan penyusunan rencana usaha. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 32-47.
Hutauruk, T. R., Salasiah, S., & Jamli, J. (2016). Kesiapan Pemerintah Kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Timur Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (Mea). KINERJA, 20(2), 161-178.
Zalzalah, G,G., Basri, A.I., & Istiana, I. (2021). Edukasi entrepreneurship melalui program pembuatan produk dan strategi digital marketing "nugget lele. Abdimas Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1). http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/download/1110/603/3370
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: