PKM PENIGKATAN VALUE ADDED MELALUI PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICE DAN DIGITAL MARKETING METHOD PADA UMKM INDUTRI MEBEL ANEKA JAYA
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Mebel Aneka Jaya ialah mekanisme produksi yang masih menggunakan peralatan sederhana sehingga berdampak pada terbatasnya kapasitas prosuksi, selain itu model yang dihasilkan juga tidak mengikuti trend model terkini, pem asaran yang dilakukan dengan cara tradisional dan tidak memanfaatkan teknologi informasi yang ada, permasalahan lainnya yaitu pemahaman manajemen keuangan yang rendah. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada UMKM Mebel Aneka Jaya dengan cara pengadaan alat produksi yang tepat guna, pemberian pelatihan digital marketing dan pelatihan manajemen keuangan sehingga diharapkan dapat menambah Value Added. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan pelatihan dan pendampingan good manufacturing practice dengan memanfaatkan alat yang modern, memberikan pelatihan manajemen keuangan serta memberikan pelatihan tentang strategi marketing berbasis digital supaya produk dapat dipasarkan sesuai dengan target pasarnya, sehingga mampu memperluas pangsa pasar dan memenangkan persaingan dengan kompetitornya. Hasil pengabdian ini berupa Mebel Aneka Jaya dibantu oleh tim Unikama dapat memajukan usahanya dan juga mampu bersaing dengan kompetitor. Peningkatan produksi 50%. Peningkatan penjulan naik 50% dengan adanya digital marketing. Peningkatan pendapatan naik 50%. Mitra bisa membuat laporan keuangan.
Kata kunci: PKM; mebel aneka jaya; produk olahan kayu; value added; market orientation.
ABSTRACT
The problems faced by Aneka Jaya Furniture UMKM are the production mechanism which still uses simple equipment, which has an impact on limited production capacity, apart from that the models produced do not follow the latest model trends, marketing is carried out using traditional methods and does not utilize existing information technology, problems Another is low understanding of financial management. This service aims to provide solutions to Aneka Jaya Furniture MSMEs by procuring appropriate production equipment, providing digital marketing training, and financial management training so that it is hoped that it can increase Value Added. The method used in this research is training and mentoring good manufacturing practices by utilizing modern tools, providing financial management training and providing training on digital-based marketing strategies so that products can be marketed according to their target market, so they can expand market share and win the competition by its competitors. The result of this service is that Aneka Jaya Furniture, assisted by the Unikama team, can advance its business and also be able to compete with competitors. 50% increase in production. Sales increased by 50% with digital marketing. Increase in revenue up 50%. Partners can make financial reports.
Keywords: PKM; aneka jaya furniture; processed wood products; value added; market orientation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 147–157.
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.
Cravens, D.W., Piercy, N. F. (2013). Strategic Marketing. McGraw-Hill.
Hasan, H. S., Akbar, M. A., & Surachman, A. E. (2018). Analisis Penerapan Program GMP dan 5P Terhadap Kinerja Karyawan di PT Kalbe Morinaga Indonesia. Jurnal Ilmiah, 17 No. (2), 11–22.
Hayami, Y., Kawagoe, T., Morooka, Y., & Siregar, M. (1987). Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village. In CGPRT Centre (Issue 8).
Herdhiansyah, D., Gustina, G., Besse Patadjai, A., & Asriani, A. (2021). Kajian Penerapan Good Manufacturing Practices (Gmp) Pada Pengolahan Keripik Pisang. Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 15(3), 845–853. https://doi.org/10.21107/agrointek.v15i3.1 0037
Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 No. (1), 49–59.
Ismail, Muhammad, & Sahabuddin, R. (2022). Pengaruh Sumber Daya Tanwujud terhadap Kinerja Usaha Kecil Mebel di Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. YUME: Journal of Management, 5(2), 189–201. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.447
Kotler;, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing (Tujuh). Salemba Empat.
Murjiyanto, R. (2017). Konsep Kepemilikan Hak Atas Merek di Indonesia (Studi Pergeseran Sistem “Deklaratif” ke dalam Sistem “Konstitutif.” Jurnal Hukum Ius Quia Iustum Faculty of Low. Fakultas Hukum Universitas Janabrada, Volume 24.
Oscarius, A. W. (2020). Strategi Manajemen Hubungan Pelanggan Dan Orientasi Pasar: Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Industri Furnituredi Jawa Timur. Lakeisha.
Silalahi, E., & Manullang, M. (2019). Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 2(2), 71–77. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v2i2.22
Slater, S. F., & Narver, J. C. (2000). The Positive Effect of a Market Orientation. Journal of Business Research 48, 48(98), 69–73.
Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi (Ekonisia (ed.)). Ekonisia.
Suyanto. (2004). Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan (Andi (ed.)).
Zainudin, A., Widiastuti, N. A., Sarwido, S., & Alim, S. (2021). Peningkatan Media Promosi di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Internet Marketing pada Industri Mebel di Kabupaten Jepara. E- Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 658–662. https://doi.org/10.26877/e- dimas.v12i4.6725
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: