Pelatihan perencanaan strategi bisnis bagi pengusaha pemula
Abstract
Abstrak
Bagi mahasiswa, tantangan yang paling umum dialami adalah keputusan untuk memulai sebuah usaha. Bukan tanpa alasan, bayang-bayang akan kerugian dan keterbatasan akses permodalan masih menjadi tantangan besar bagi mahasiswa. Belum lagi masalah ketimpangan produksi dan pemasaran, juga menjadi tantangan yang dihadapi mahasiswa. Oleh sebab itu diperlukan sebuah strategi untuk mahasiswa untuk mendampingi mahasiswa menjalankan sebuah usaha. Manajemen strategis diperlukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kita saat ini, menetapkan target, serta metode atau cara dalam mencapai sebuah target. Metode yang digunakan dalam program ini terdiri atas empat langkah mulai analisis penilaian kebutuhan, pengembangan, monitoring dan evaluasi. Pengabdian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, UNNES tanggal 26 Agustus 2023 dikemas dalam bentuk ceramah dan praktek langsung oleh para peserta. Hasil dari pelatihan ini para peserta mampu membuat roadmap keberlanjutan sebuah bisnis yang adapatif bagi dunia bisnis yang dinamis.
Kata kunci: kewirausahaan; mahasiwa berwirausaha; manajemen strategis; strategic planning
Abstract
For students, the most common challenge experienced is the decision to start a business. The threat of loss and limited access to capital, problems of production and marketing inequality are also challenges for students. the problem of production and marketing inequality is also a challenge faced by students. Therefore, a strategy is needed for students to help students in running a business. The method used in this program consists of four steps starting from needs assessment analysis, development, monitoring and evaluation. This service was carried out at the UNNES Faculty of Economics and Business on August 26, 2023, packaged in the form of lectures and direct practice by the participants. As a result of this training, the participants were able to create a business sustainability roadmap that is adaptive to the dynamic business world.
Keywords: entrepreneurshi; entrepreneurial student; strategic managemen; strategic planning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, Moh Khoiri, and Novi Febriyanti. 2020. “Penyusunan Strategi Pemasaran Islam Dalam Berwirausaha Di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19.” El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 10(2):160–78.
Budiman, Arief, Muhammad Ilham Naufal, Nuruni Ika K. W, Sulastri Irbayuni, and Program Studi Manajemen. 2021. “KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA.” 6:27–36.
Christanti, Yunitasari; Abdullah Umar; Agung Hari Sasongko; Indira Tyas Widyastuti. 2017. “Business Model Sebagai Strategi Bersaing Untuk Pelaku Bisnis Pemula Studi Kasus: Bisnis Hijab.” 03(01):1–12.
Dhamayantie, Endang. 2017. “KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN.” Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan 11(1):80–91.
Hailuddin, Hailuddin; Diswandi; Irwan Suriadi; Sofiati Wardah. 2020. “PENYULUHAN TENTANG MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN USAHA PEMULA PADA JAMAAH SANTREN AL-BADRY KARANG BARU REMPUNG LOMBOK TIMUR.” Jurnal Abdi Mas TPB 2:27–31.
Jaharuddin, Jaharuddin;Irfan Purnawan;Rully Mujiastuti;Meri Prasetyawati;Rahmita Nurul Muthmainah. 2019. “STRATEGI MELAHIRKAN MAHASISWA PENGUSAHA PEMULA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA).” Jurnal Universitas Sebelas Maret 24(Xiii):25–37.
Martono, S., S. Wartini, Moh Khoiruddin, Widya Prananta, and Bogy Febriatmoko. 2023. “UNIVERSITY SUPERIOR PERFORMANCE BASED ON BALANCE SCORECARD : THE ROLE OF MANAGERIAL COMPETENCE AND MANAGEMENT CONTROL SYSTEM.” EPRA International Journal of Economics, Business and Management Studies (EBMS) 10(11):71–79.
Mawuntu, P. S. T., and R. C. Aotama. 2022. “Pengukuran Kinerja UMKM Berdasarkan Key Performance Indicators ( KPI ) Metode Balanced Scorecard.” Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi) 21(April):72–83.
Nilawati, Fiernaningsih;Pudji Herijanto;Ita Rifiani;Eko Boedhi Santoso;Mustofa Hadi. 2018. “Peningkatan Kemampuan Manajemen, Produksi, Dan Pemasaran Jasa Bagi Wirausahawan Pemula Fotografi Dan Videografi Di Blitar.” Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks 1(2):68–73.
OJK. 2023. “Sambut Era Society 5.0, Generasi Muda Harus Pacu Kemampuan Digital.” Https://Www.Ojk.Go.Id/Ojk-Institute/Id/News/Read/1060/Sambut-Era-Society-5-0-Angela-Tanoesoedibjo-Generasi-Muda-Harus-Pacu-Kemampuan-Digital-Natives.
Panorama, Maya. 2017. Islamic Entrepreneurship Bagi Pemula (Langkah Praktis Memulai Bisnis). PT Rajagrafindo Persada.
Primasari, Niken Savitri; Puspandam Katias. 2018. “START UP SCORE CARD BAGI PARA PEMULA USAHA MUDA MANDIRI (Audience: Mahasiswa Dan Siswa PesantrenAl-Jihad-Surabaya).” COMMUNITY DEVELOPMENT JOURNAL 2(1).
Samsuri, M. 2022. Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha 2022.
Siregar, Herbert, Agus Rahayu, Lili Adi Wibowo, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2020. “MANAJEMEN STRATEGI DI MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 1(2).
Soba, Heriyanto;Rokhani Hasbullah;Nunung Nuryantono. 2018. “Strategi Pengembangan Inkubator Bisnis Sebagai Lembaga Pendampingan Perusahaan Pemula : Studi Kasus Inkubator Bisnis IPB.” Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis 4(1):96–105.
Surya, Syuja Naufal Dzaki; I. Gede Juliana Eka Putra; Tiawan. 2023. “ANALISIS MODEL BISNIS STARTUP KEENANSUPERCAR DENGAN METODE VALUE PROPOSITION DESIGN.” 5(3):530–38.
Susilaningsih. 2015. “PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI: PENTINGKAH UNTUK SEMUA PROFESI?” Jurnal Economia 11:1–9.
Sutrisna, Sayu Ketut. 2017. Konsep Dan Pengembangan Kewirausahaan Di Indonesia. Deepublish.
Wahjusaputri, Sintha, and Ahmad Faisal Siregar. 2017. “Kewirausahaan ( Entreprenuership ) Berbasis Manajemen Strategik Bagi Wirausaha Baru Di Kecamatan Kebayoran Lama Utara , Jakarta Selatan.” Proceeding of Community Development 1:333–42.
Wiratno, Siswo. 2012. “PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PENDIDIKAN TINGGI.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 18:453–66.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: