Pelatihan kemitraan kepala sekolah, guru, dan orang tua dalam meningkattkan mutu pendidikan SDN 3 Batu Mekar Lingsar Lombok Barat
Abstract
Abstrak
Perbaikan mutu pendidikan membutuhkan patnership antara kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan yang transformatif, peran guru lebih konstruktif dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penyebab utama sekolah mempunyai kinerja yang tinggi yaitu; (1) budaya atau iklim sekolah; (2) kepemimpinan dan sistem sekolah; (3) dukungan orang tua. Untuk menciptakan mutu pendidikan, maka sekolah dituntut mengembangkan manajemen mutu yang menekankan pada pengembangan budaya mutu. Kepala sekolah, guru dan orang tua dapat mengembangkan perbaikan mutu pendidikan. Hasil observasi yang dilakukan di sekolah mitra ditemukan bahwa kerja sama antara kepala sekolah, guru dan orang tua belum terjalin dengan baik. sehingga dibutuhkan suatu pelatihan untuk memberikan pencerahan terkait pentingnya kemitraan antara kepala sekolah, guru dan orang tua. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang baik terkait bagaimana membangun kemitraan antara kepala sekolah, guru, dan orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Pelatihan ini dilaksanakan di sekolah SDN 3 Batu Mekar selama satu hari dan dihadiri oleh kepala sekolah, guru, dan orang tua dengan jumlah seluruh peserta adalah 25 orang. Dari hasil evaluasi kegiatan pelatihan ini meningkatkan pemahaman dan mendapatkan respons positif dari seluruh peserta yang hadir.
Kata kunci: pelatihan kemitraan; kepala sekolah; guru; orang tua; mutu pendidikan.
Abstract
Improving the quality of education requires a partnership between the principal as a transformative educational leader, the role of teachers more constructively and the involvement of parents to improve the quality of education. The main causes of high school performance are: (1) school culture or climate; (2) leadership and school systems; (3) parental support. To create quality education, schools are required to develop quality management that emphasizes the development of a quality culture. Principals, teachers and parents can develop educational quality improvement. The results of observations made in partner schools found that the cooperation between principals, teachers and parents has not been well established. so a training is needed to provide enlightenment related to the importance of partnerships between principals, teachers and parents. The purpose of this training is to provide a good understanding of how to build partnerships between principals, teachers and parents in improving the quality of education in schools. The training was held at SDN 3 Batu Mekar for one day and was attended by principals, teachers and parents with a total of 25 participants. From the evaluation results, this training activity increased understanding and received positive responses from all participants.
Keywords: partnership training; school principals; teachers; parents; quality of education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter Dan Etika Dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang.
Aprilia, C. A., Shofia, N. A., & Sari, W. N. (2021). Pentingnya Kontribusi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Cendikia Ilmiah, 1(1).
Ariyanti, N. S., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1).
Asiyani, G., Afandi, N. K., & Asiah, S. N. (2023). Perencanaan Komunikasi Kemitraan Untuk Mendukung Pelaksanaan Awal Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Jurnal Audhi :Anak Usia Dini Holistik Integratif, 6(1).
Asrin. (2006). Kepemimpinan Kepala Sekolah pada pengembangan budaya mutu di sekolah Menengah (Studi Multikasus pada SMAN 3 dan SMA Islam Malang). Universitas Negeri Malang.
Asrin, & Arwildayanto. (2012). Pengembangan Model PLQC (Principal Leadership of Quality Culture) Di SMA/SMK Se-Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.
Bafadal. (1995). Proses Perubahan di Sekolah (Studi Multisitus Pada Tiga Sekolah Dasar Yang Baik). Universitas Negeri Malang.
Dakabesi, E., & Wicaksono, L. (2022). Kepemimpinan Kolaborasi Kepala Sekolah Dalam Membangun Tim Kinerja Guru Di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(4).
Hasrul. (2021). Model Hipotetik Pembelajaran Karakter Berbasiskan Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Mata Pelajaran PPKn. Journal of Moral and Civic Education, 5(1).
Kinanti, Y. C. (2016). Kemitraan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(5).
Novita, L. (2017). Indikator Mutu Sekolah Menurut Perspektif Orangtua Siswa Di SMP Negeri 2 Bantul. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(2).
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini (Studi Di RA Tiara Chandra Yogyakarta). Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–19.
Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XXXIV(2).
Widodo, A., Angga, P. D., Syazali, M., & Umar, U. (2023). Mainstreaming Parental Involvement in Post-Pandemic: Resolving Learning Loss with the Partnership Model in Elementary Schools. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, 9(2).
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: