Pengembangan youngpreneurship dalam pengabdian kepada masyarakat melalui analisis swot, value proposition, dan google trends

Syifa Fajar Maulani, Melia Handayani, Kukuh Widiyanto, Siti Kurotul Ainiah, Anisa Yuli Rahmawati, H. Herli Salim, Roby Naufal Arzaqi

Abstract


Abstrak

Tingkat pengangguran di Indonesia yang cukup tinggi sangat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat kita. Anak-anak di jalanan yang harusnya masih bisa meraih jenjang pendidikan yang tinggi justru harus harus kandas karena ekonomi keluarga yang tidak mendukung. Adapun permasalahan umur yang menjadi batasan untuk mecari kerja sehingga harus menunggu umur yang tepat agar bisa melamar pekerjaan. Dengan adanya ilmu tentang kewirausahaan disini yaitu untuk memberikan ilmu pengetahuan bagi mereka baik pengangguran lulusan sekolah maupun mahasiswa yang masih mengalami kendala dalam bekerja. Dengan memanfaatkan kreativitas yang ada sehingga hal itu setidaknya bisa membuat pengangguran, lulusan sekolah dan mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan. Dengan menggunakan metode pelaksanaan berupa penyampaian materi mengenai business model canvas, analisis sumber daya manusia yang dimiliki, analisis ide produk dengan google trends lalu diungkapkan melalui value propotion sehingga mendapatkan hasil serta arah yang jelas mengenai usaha yang dijalankan. Setelah itu dilakukanlah kegiatan praktikum untuk membuat produk dengan satu contoh yaitu cold pressed juice yang dimana mahasiswa/i bisa memanfaatkan buah-buahan serta sayuran yang ada sehingga menghasilkan produk minuman sari buah murni tanpa campuran air atau pemanis buatan lainnya. Melalui kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini, mahasiswa memperoleh pemahaman mendalam baik itu mengenai bisnis, pemasaran, sustainable melalui konsep bisnis cold pressed juice. Dalam kegiatan ini diharapkan bisa membekali mahasiswa dengan keterampilan seta pengetahuan yang baik untuk terjun ke dunia bisnis, menciptakan lapangan pekerjaan serta memberikan kontribusi positif untuk kemajuan ekonomi Indonesia.

 

Kata kunci: pengabdian kepada masyarakat; value propotion canvas; google trends; bussiness idea.

 

Abstract

The relatively high unemployment rate in Indonesia greatly affects the level of welfare of our society. Children on the streets who should still be able to achieve a high level of education have to fail because the family economy is not supportive. The problem with age is that it limits them when looking for work, so they have to wait for the right age to be able to apply for a job. The existence of knowledge about entrepreneurship is here to provide knowledge for those who still experience problems in working. Utilizing existing creativity can at least enable them to earn income. By using an implementation method in the form of delivering material regarding the business model canvas, analyzing the human resources they have, analyzing product ideas using Google Trends, and then expressing them through value proportions so that they get clear results and direction regarding their business. After that, practical activities were carried out to make products with one example, namely cold pressed juice, where they could use existing fruits and vegetables to produce pure fruit juice drink products without a mixture of water or other artificial sweeteners. Through this community service activity, students gain a deep understanding of business, marketing, and sustainability through the cold-pressed juice business concept. It is hoped that this activity can equip students with good skills and knowledge to enter the business world, create jobs, and make a positive contribution to Indonesia's economic progress.

 

Keywords: community service; value proportion canvas; google trends; business idea.


Keywords


community service; value proportion canvas; google trends; business idea.

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Martha, D., Amanah, N., & Putri, N. K. (n.d.). Pengembangan Kewirausahaan Digital di Indonesia (Vol. 14, Issue 2).

Baig, U., Hussain, B. M., Meidute-Kavaliauskiene, I., & Davidavicius, S. (2022). Digital Entrepreneurship: Future Research Directions and Opportunities for New Business Model. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 14, Issue 9). MDPI. https://doi.org/10.3390/su14095004

Dwi Riyanto, A., & Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto Jl LetJend Pol Sumarto, J. (2014). ISSN: 1979-2328 UPN "Veteran. In Seminar Nasional Informatika. http://www.google.com/trends/?hl=in

Franita, R., Fuady, A., Ekonomi, P., Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (n.d.). ANALISA PENGANGGURAN DI INDONESIA.

Handayani, M., Fajar Maulani, S., Rahman Tsani, R., Vita, C., Sari Rahayu, G., & Sabrina Zahra, R. (2023). PENGABDIAN MASYARAKAT “PROGRAM PELATIHAN DESAIN MENARIK DAN PEMASARAN DIGITAL DALAM BERWIRAUSAHA PADA DESA PILANGSARI.” 7.

Kajian, S., Kepada, P., Eko, M., & Alfianto, A. (2012). Kewirausahaan (Vol. 1, Issue 2).

Maula Zahra, D., Fakhri Zain, A., & Ardiani Putri, N. (n.d.). Pelatihan Kewirausahaan untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. 5(1), 2023. https://doi.org/10.24235/dimasejati.202351

Maulani, S. F., Handayani, M., Vita, C., Nirmala, I., & Usep, M. (n.d.). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT "YOUNGPRENEOUR FOR THE FUTURE BERBASIS INDUSTRI KREATIF. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2871-2880

Sudianto, A., Gunawan, I., Ahmadi, H., Fathurrahman, I., Wasil, M., & Kerta Wijaya, L. (2021). Pembinaan Kewirausahaan Berbasis Teknologi untuk Mengembangkan Jiwa Technopreneurship Abstrak. 2(1). https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.2574

Suhartini. (n.d.). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.22086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: