Pelatihan media pembelajaran digital memanfaatkan aplikasi canva menggali kreativitas guru dalam pendidikan di SDN Sekarjoho 1

Arcelita Putri Adenia, Reza Dwi Juniar, Metatia Intan Mauliana

Abstract


Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu aspek yang menjadi fokus dalam perkembangan ini adalah penggunaan media pembelajaran digital dalam proses pembelajaran. Dalam konteks ini, aplikasi Canva telah menjadi salah satu alat yang populer digunakan oleh para pendidik untuk menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pada pelaksanaan kegiatan pelatihan ini terdapat tiga tahap yang akan ditempuh, (1) Tahap Persiapan: Tahap persiapan dimulai dari cek profil mitra pengabdian untuk memastikan kebutuhan yang sesuai. Selanjutnya, membuat bahan materi pelatihan. (2) Tahap Pelaksanaan: Pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber meliputi gambaran umum aplikasi Canva, pembuatan akun, manfaat penggunaannya, dan tutorial pembuatan video pembelajaran. (3) Tahap Evaluasi: pada tahap akhir untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman guru mengenai materi yang sudah disampaikan serta dipraktikkan. Pelatihan ini menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan modern, dengan Canva memberikan cara mudah bagi guru untuk membuat materi pembelajaran yang visual dan menarik. Platform ini menawarkan banyak templat dan elemen desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan guru, sehingga mendorong kreativitas dalam proses pembelajaran. Dengan mengintegrasikan teknologi dan mendorong kreativitas, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Pelatihan media pembelajaran berbasis digital seperti membuat media  pembelajaran menggunakan Canva  sangat bermanfaat bagi  guru  SDN Sekarjoho 1 khususnya dalam membuat  media pembelajaran multimedia  yang interaktif dan menarik. Di era globalisasi  saat ini, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan juga sejalan dengan  kebutuhan guru untuk lebih meningkatkan kompetensinya baik hard skill  maupun soft skill sebagai guru profesional.

 

Kata Kunci : canva; desain; pembelajaran digital; guru sekolah dasar

 

Abstract

Education is a field that continues to develop along with technological developments. One aspect that is focused on in this development is the use of digital learning media in the learning process. In this context, the Canva application has become a popular tool used by educators to create interesting and interactive learning materials. In implementing this training activity, there are three stages that will be taken, (1) Preparation Stage: The preparation stage starts with checking the profile of the service partner to ensure appropriate needs. Next, create training materials. (2) Implementation Stage: Presentation of material presented by the resource person includes an overview of the Canva application, creating an account, the benefits of using it, and tutorials for making learning videos. (3) Evaluation Stage: At the final stage to find out how far the teacher understands the material that has been delivered and practiced. This training emphasizes the importance of technology integration in modern education, with Canva providing an easy way for teachers to create visual and engaging learning materials. The platform offers many templates and design elements that can be adapted to teachers' needs, encouraging creativity in the learning process. By integrating technology and encouraging creativity, this training aims to increase student engagement and understanding. Digital-based learning media training, such as creating learning media using Canva, is very useful for Sekarjoho 1 Elementary School teachers, especially in creating interactive and interesting multimedia learning media. In the current era of globalization, the use of technology in the world of education is also in line with the need for teachers to further improve their competence, both hard skills and soft skills, as professional teachers.

 

Keywords : canva; design; digital learning; elementary teacher


Keywords


canva; design; digital learning; elementary teacher

Full Text:

PDF

References


Adriani, A., Sasmayunita, S., & Salewangeng, A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Canva For Education Bagi Guru Bahasa SMA Se-kecamatan Ternate Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3173–3177. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/6632

Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A (2021. Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1-10.

Desyanti, D., Yusrizal, Y., & Sari, F. (2022). Implementasi Algoritma K-Modes untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), 719–727. https://doi.org/10.47065/bits.v3i4.1401

Hayati, T. U. F. (2020). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 8–15. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1715

Javadikasgari, H., Soltesz, E. G., & Gillinov, A. M. (2018). Surgery for Atrial Fibrillation. In Atlas of Cardiac Surgical Techniques (pp. 479–488). https://doi.org/10.1016/B978-0-323-46294-5.00028-5

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik SMP. Semantik, 11(1), 61–70. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70

Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760–768. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084

Maryunani. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Melalui Aplikasi Canva untuk Kelas VI SDN Krembangan Selatan III Surabaya. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 190-196.

Muhafid, E. A. ., Solihah, N. M. ., Rahmawati, W., Azizah, H. N., Niswah, H., & Rakhmat, A. N. (2023). Pelatihan Canva sebagai Alternatif Media Pembelajaran Digital Berbasis Paradigma Merdeka Belajar untuk Guru SD Negeri 1 Purwogondo. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 214-222. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i3.3092

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). The Data Tes Awal dan Tes Akhir. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Revola, Y. R. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Merancang Desain Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Canva. KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(3), 100-114. https://doi.org/10.62159/kenduri.v3i3.985

Rochmawati, N., Yamasari, Y., Yustanti, W., Qoiriah, A., & Aviana, A. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Canva untuk Guru MI Al Ahmad, Krian, Sidoarjo. Jurnal Abdi, 9(1), 46–52.

Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381

Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208–213. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/3115




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: