Perlindungan hukum kepada anak korban bullying pada SMA Averos kota Sorong

Wahab Aznul Hidaya, A. Sakti R. S. Rakia, Muhammad Ali, Hasriyanti Hasriyanti, Kristi W. Simanjuntak

Abstract


Abstrak

Bullying di lingkungan sekolah telah menjadi fenomena yang meresap dan kompleks. Artikel ini membahas beragam aspek terkait bullying, termasuk definisi, faktor-faktor yang mendorong perilaku ini, dampaknya terhadap korban dan pelaku, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil. Bullying merupakan perilaku agresif yang merugikan, di mana individu yang lebih kuat secara fisik atau mental menyalahgunakan kekuasaannya untuk menyakiti individu yang lebih lemah secara berulang. Meningkatkan kesadaran tentang masalah bullying di kalangan guru dan siswa di SMA Averos Kota Sorong. Dengan memberikan informasi yang komprehensif tentang definisi, faktor-faktor pendorong, dan dampak dari perilaku bullying, diharapkan para peserta akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kompleksitas masalah ini. Mitra pengabdian adalah SMA Averos Kota Sorong Papua Barat Daya dan dihadiri dengan 38 siswa/siswi. Metode penyuluhan atau sosialisasi merupakan pendekatan yang efektif untuk menyampaikan informasi dan membahas masalah tertentu serta cara mengatasi permasalahan yang sedang terjadi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang terstruktur dengan baik dapat membantu dalam mengatasi masalah bullying di sekolah. Langkah-langkah seperti penyusunan materi edukasi, melibatkan konselor, dan pengukuran pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan merupakan bagian penting dari pendekatan ini. Melalui kegiatan ini, diharapkan kesadaran dan pengetahuan tentang bullying dapat ditingkatkan di kalangan guru dan siswa, serta kontribusi signifikan dalam pencegahan bullying di SMA Averos Kota Sorong.

 

Kata kunci: bullying SMA ; kota Sorong ; tindak pidana

 

Abstract

Bullying in school settings has become a pervasive and complex phenomenon. This article discusses various aspects of bullying, including the definition, factors that drive this behaviour, its impact on victims and perpetrators, and preventive measures that can be taken. Bullying is an aggressive, harmful behaviour in which a physically or mentally stronger individual abuses his or her power to repeatedly harm a weaker individual. Raising awareness about bullying issues among teachers and students at SMA Averos Sorong City. By providing comprehensive information on the definition, driving factors, and impact of bullying behaviour, it is expected that the participants will have a better understanding of the complexity of this issue. The service partner was SMA Averos Kota Sorong, Southwest Papua and was attended by 38 students. The extension or socialisation method is an effective approach to convey information and discuss certain problems and how to overcome the problems that are happening. Well-structured community service activities can help in overcoming the problem of bullying in schools. Steps such as developing educational materials, involving counsellors, and measuring knowledge before and after counselling are important parts of this approach. Through this activity, it is expected that awareness and knowledge about bullying can be increased among teachers and students, as well as a significant contribution in bullying prevention in SMA Averos Kota Sorong.

 

Keywords: bullying ; high school ; Sorong city ; criminal offence


Keywords


bullying ; high school ; Sorong city ; criminal offence

Full Text:

PDF

References


Analiya, T. R., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Indonesia. Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societes, 3(1), 125–144. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/view/10950

Argadinata, H., Majid, M., & Benty, D. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Program Anti-Bullying: Perspektif Multikultural Berbasis Human Relation. Proceedings Series of Educational Studies, (2018). Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/view/8170/2498

Bachri, Y., Putri, M., Sari, Y. P., & Ningsih, R. (2021). Pencegahan Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Salingka Abdimas, 1(1), 30–36.

Damayanti, S., Okta N. S., & Kesuma B. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Bullying di Sekolah. Jurnal Rechtens, 9(2), 153–168.

Fatmawati, L. (2020). Perbedaan Perilaku Bullying di tinjau dari jenis kelamin. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fauziyah, N. (2022). Program Program Layanan Bimbingan dan Konseling sebagai Pencegahan Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 39–52.

Hidaya, W. A., & Muharuddin, M. (2020). Penerapan Diversi Undang-Undang No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (Studi Kasus Polres Sorong Kota). JUSTISI, 6(2), 52–63. https://doi.org/10.33506/js.v6i2.965

Iga Farida, S. I., & Rochmani, R. (2020). Kebijakan Hukum Pidana Terhadap Pelaku Perundungan (Bullying) Anak Dibawah Umur. Jurnal Ilmiah Dinamika Hukum, 21(2), 44–51. https://doi.org/10.35315/dh.v25i2.8331

Kompas.com. (2023). Siswi MTs di Sorong Depresi dan Meninggal Usai Di-"bully" 6 Temannya, Pelaku Disanksi Skorsing. Retrieved from https://regional.kompas.com/read/2023/11/20/170700378/siswi-mts-di-sorong-depresi-dan-meninggal-usai-di-bully-6-temannya-pelaku?page=all

Muhammad, M. (2009). ASPEK PERLINDUNGAN ANAK DALAM TINDAK KEKERASAN (BULLYING) TERHADAP SISWA KORBAN KEKERASAN DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Kabupaten Banyumas). Jurnal Dinamika Hukum, 9(3), 230–236. https://doi.org/10.20884/1.jdh.2009.9.3.234

News, S. T. (2024). https://sorong.tribunnews.com/2023/11/20/viral-kasus-bullying-di-sorong-keluarga-korban-tuntut-keadilan-ke-sekolah?page=2.

Sitasari. (2017). Persepsi tentang Perilaku Bullying di Tinjau dari Jenis kelamin. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi.

Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji. (2014). Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat) (16th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widodo, S. T. M., & Nita, V. (2019). Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 67–75.

Zakaria, A. F. (2016). Studi tentang upaya guru IPS dalam mengembangkan perilaku prososial dan mengurangi perilaku bullying siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 117–124. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ jpis.v25i1.3675

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian Dan PPPM, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: