Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam penyediaan bahan ajar pada guru SMAN 1 Waru Sidoarjo
Abstract
Abstrak
Di era digital ini, pemanfaatan teknologi terkini, yaitu kecerdasan buatan/Artificial Intelligence (AI) mengalami perkembangan yang pesat di dunia pendidikan. Berdasarkan penelitian sebelumnya, telah ditemukan beberapa kegiatan pengabdian yang dilakukan di sekolah tentang pemanfaatan teknologi AI dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan PkM ini, dilakukan pelatihan dan pendampingan pada guru SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo tentang pemanfaatan aplikasi AI, yang meliputi Humata.AI, Canva, dan Perplexity.AI. Jumlah guru yang mengikuti pelatihan dan pendampingan sebanyak 28 guru. Tujuan dari kegiatan PkM adalah meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kompetensi guru dalam bidang teknologi informasi. Pelaksanaan kegiatan PkM diawali dengan observasi dan wawancara, kemudian dilanjutkan persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan menyebarkan pre-test dan post-test kepada peserta untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan pengetahuan peserta dalam menggunakan aplikasi AI. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan AI sebesar 92,86%. Selain itu, selama pendampingan, menunjukkan bahwa guru SMAN 1 Waru semakin terampil dalam menggunakan aplikasi AI dalam menyediakan bahan ajar. Kegiatan PkM ini mampu memberikan kemudahan dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bagi guru dalam menyediakan bahan ajar.
Kata kunci: artificial intelligence; kecerdasan bisnis; pelatihan; pendampingan; pendidikan; pengabdian.
Abstract
In this digital era, the use of the latest technology, namely artificial intelligence (AI), is experiencing rapid development in the world of education. Based on previous research, it has been found that several community service activities have been carried out in schools regarding the use of AI technology in organizing learning activities. In this PkM activity, training and assistance was provided to teachers at SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo regarding the use of AI applications, which include Humata.AI, Canva, Perplexity.AI. The number of teachers who took part in this training and mentoring was 28 teachers. The aim of this PkM activity is to improve teachers' abilities, skills and competencies in the field of information technology. Implementation of PkM activities begins with observation and interviews, then continues with activity preparation, activity implementation, and evaluation. Evaluation is carried out by distributing pre-tests and post-tests to participants to determine the increase in participants' understanding and knowledge in using AI applications. Based on the results of the pre-test and post-test, it shows that there is an increase in teacher knowledge and skills in using AI by 92.86%. In addition, during mentoring, it was shown that SMAN 1 Waru teachers were increasingly skilled became more skilled in using AI applications in providing teaching materials. This PkM activity is able to provide convenience and increase effectiveness and efficiency for teachers in providing teaching materials.
Keywords: artificial intelligence; business intelligence; education; mentoring; service; training.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, N., S Dava, N. M., & Chusni, M. M. (2022). Pemanfaatan Artificial Intelegence Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Batch 1, 94–100.
Andriyanti, E., & Setiawan, B. (2023). Menulis buku ajar di tengah perkembangan artificial intelligence ( ai ). 23(2), 167–174. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.66386.167-174
Mahessa, F., Pangestu, R. P., Berwyn, A., & Aulia, S. (2023). Pengenalan Artificial Intelligence ( AI ) dalam Pembelajaran Sekolah Tahap Monitoring dan Evaluasi. APPA; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 205–208.
Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dan Mendeley Untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Community Development Journal, 4(6), 11453–11462.
Muazaroh, M., Supriyati, S., Nurhadi, M., Hanandry, T., & Hafidz, M. Al. (2022). Pembelajaran Digital Guna Mendukung Guru Ekonomi Menjadi Pembelajar Kreatif Di Era Pandemi. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(1), 31–36.
Ouyang, F., & Jiao, P. (2021). Computers and Education : Arti fi cial Intelligence Arti fi cial intelligence in education : The three paradigms. 2(April). https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100020
Purnasari, Pebria Deni Sadewo, Y. D. (2019). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Puspitaningrum, A. C., Nurhadi, M., Supriyanto, H., Prasetya, M. S., Hermansyah, D., Fitri, N. A., & Riskiawan, A. I. (2023). Pengelolaan Konten Website Dan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Menggunakan Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1–2.
Santi, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Tenaga Pengajar Dalam Tata Kelola Nilai Siswa dan Pembuatan Bahan Ajar Cerdas Di SMA Negeri 6 Barru Improving teachers ’ abilities in managing student grades and creating intelligent learning materials at SMA Negeri 6 Barru siswa . M. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 782–790.
Supriyanto, H., Nurhadi, M., Prasetya, M. S., Hermansyah, D., & Puspitaningrum, A. C. (2022). Pembuatan Media Informasi Digital Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9929
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: