Menciptakan peluang usaha melalui pendampingan rintisan bisnis masker organik kunyit tepung beras di Purworejo

Titin Ekowati, Fitri Rahmawati, Esti Margiyanti Utami

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan rintisan bisnis  dalam hal proses produksi dan inovasi, pemasaran yang meliputi pemilihan media promosi, pengemasan dan penjualan, pembuatan laporan keuangan bisnis, pengelolaan sumber daya manusia dan pembentukan jaringan bisnis. Meode pendampingan rintisan bisnis ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pendampingan usaha bagi kelompok pelaku bisnis pemula pengolahan kunyit tepung beras menjadi Masker Organik. Hasilnya kelompok rintisan bisnis sudah dapat membuat perencanaan bisnis dengan baik, melakukan praktek bisnis dengan hasil yang cukup memuaskan, membuat berbagai sarana iklan dan promosi, serta menjalin kerjasama dengan baik dengan pemasok, peyalur dan konsumen. Melalui pendampingan kelompok rintisan bisnis dapat memiliki pemahaman tentang penyusunan rencana bisnis sampai ke praktek bisnis. Rintisan bisnis dapat mengembangkan diri menjadi bisnis yang lebih besar di masa mendatang. Kegiatan pendampingan ini juga dapat dilakukan pada kelompok rintisan bisnis dengan produk yang berbeda.

 

Kata kunci: pendampingan; rintisan bisnis; masker organik.

 

Abstract

This community service activity is carried out in the form of mentoring business startups in terms of production and innovation processes, marketing which includes selecting promotional media, packaging and sales, creating business financial reports, managing human resources and establishing business networks. This business start-up mentoring method was implemented with the aim of providing business assistance for groups of beginner business people processing rice flour turmeric into organic masks. As a result, the business start-up group has been able to make good business plans, carry out business practices with satisfactory results, create various means of advertising and promotion, and establish good cooperation with suppliers, dealers and consumers. Through mentoring, business start-up groups can gain an understanding of the preparation of business plans down to business practices. Business startups can develop into bigger businesses in the future. This mentoring activity can also be carried out in business start-up groups with different products.

 

Keywords: assistance; business startup, organic mask


Keywords


assistance; business startup, organic mask

Full Text:

PDF

References


Anugrah, N., Apriyanti, R., Rahmat, N. 2024. “Formulasi Masker Rimpang Kunyit (Curcuma Domestica Val.) Kombinasi Dengan Tepung Beras (Oriza Sativa L) Sebagai Anti Jerawat.” Jurnal Pelita Sains Kesehatan 4(1):1–6.

Apriyanti, Masayu Endang. 2018. “Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan.” Sosio E-Kons 10(1):20. doi: 10.30998/sosioekons.v10i1.2223.

Atmaja, S. 2023. “Model Pendampingan UMKM Pangan Melalui Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi.” JUMANIS –BAJA. 5(1):70–85.

Azizah, U.N., & Marwiyah, M. 2022. “Kelayakan Masker Cly Kunyit (Curcuma Domestica Val.) Dan Tepung Beras (Gemma Oryzanol) Untuk Mencerahkan Kulit Wajah Jenis Berminyak.” Beauty and Beauty Health Education Journal 11(1):1–5.

Chandra, Gerald Christoper, & Bambang Haryadi. 2016. “Proses Inovasi Produk Pada PT Mekar Usaha Nasional.” Agora 4(2):338–44.

Erlinawati, W.S., & Dwiyanti, S. 2018. “Pengaruh Proporsi Tepung Beras Dan Bubuk Kunyit Putih (Curcuma Zedoaria Rosc.) Terhadap Hasil Lulur Bubuk Tradisional.” Jurnal Tata Rias 7(3):15–22.

Febriyanto, Dwi Panggah, Like Soegiono, and Ari Budi Kristanto. 2019. “Pemanfaatan Informasi Keuangan Dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.” Jurnal Ilmiah Akuntansi … 9(2):147–60.

Hartati, S.Y. & Barlittro, B. 2013. “Khasiat Kunyit Sebagai Obat Tradisional Dan Manfaat Lainnya.” Warta Penelitian Dan Pengembangan Tanaman Industri 19(2):5–9.

Jong, J. D., & Hartog, D. D. 2003. “Leadership as a Determinant of Innovative Behaviour.” In Scales Research Reports (Issue June).

Mattiro, S., Ismawati, V.P., Martinus, P., & Abdi, M. 2020. “Sosialisasi Pembuatan Jamu Kunyit Sebagai Obat Tradisional Masyarakat Di Desa Belimbing Baru, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar.” Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi 2(2):1–10.

Nurul, Huda, and Syamsinirwani Sri. 2019. “Meningkatkan Kinerja Unit Usaha Mikro Kecil Dan.” 7(2):251–60.

Pratiwi, D.,& Wardaniati, I. 2019. “Pengaruh Variari Perlakuan (Segar Dan Simplisia) Rimpang Kunyit (Curcuma Domestica) Terhadap Aktivitas Antioksidan Dan Kadar Fenol Total.” Jurnal Farmasi Higea 11(2):159–65.

Putranti, Honorata, and Suparmi. 2016. “Pengaruh Kemasan Ramah Lingkungan Dan Informasi Terhadap Minat Beli Ulang ( Studi Konsumen AMDK Kota Semarang ).” Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC 87–98.

Rudi, R., Sulistyaningtyas, F.,& Ratnasari, D. 2017. “Pembuatan Sediaan Masker Tepung Beras Organik Dan Kayu Manis Untuk Mengobati Kulit Pada Wajah Berjerawat.” Journal of Hlistic and Sciences 1(1):40–49.

Rusmanah, Enok, Arie Wibowo Irawan, and Fredi Andria. 2019. “Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga.” Jurnal ABM Mengabdi 6(1):14–25.

Sulistyaningrum, F., & Maspiyah, M. 2014. “Pengaruh Perbedaan Persentase Tepung Biji Buah Pinang Terhadap Kualitas Sediaan Masker Kulit Wajah Berbahan Dasar Kulit Beras Sebagai Kosmetika Tradisional.” E-Journal. 3(2):16–22.

Suprihatin, T., Rahayu, S., Rifa’I, M., & Widyarti, S. 2020. “Senyawa Pada Serbuk Rimpang Kunyit (Curcuma Longa l) Yang Berpotensi Sebagai Antioksidan.” Buletin Anatomi Dan Fisiologi 5(1):35–42.

Trulline, Putri. 2021. “Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E-Commerce.” Jurnal Manajemen Komunikasi 5(2):259. doi: 10.24198/jmk.v5i2.32746.

Wati, H., Hidayati, R., Hastuti, E., & Mardiati, N. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembuatan Lulur Tradisional Dari Beras Dan Kunyit Di Kecamatan Cempaka Banjarbaru.” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 6(6):621–24.

Widiyanto, Andi, Rozaq Sulastiyono, Wahyu Santoso, Surya Abdilah, Muhammad Faisal Rizki, & Rachman Perayoga. 2022. “Empowering MSMEs in Dlinggo Hamlet through Digital Marketing as a Means of Promotion.” Community Empowerment 7(6):988–93. doi: 10.31603/ce.6695.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: