Pelatihan fotografi dan social media marketing untuk pengelolaan destinasi wisata Umbul Sidomulyo Kalasan

Rr. Pramesthi Ratnaningtyas, Muhammad Yudha Pratama

Abstract


Abstrak

Pengabdian masyarakat berangkat dari permasalahan mitra yang belum memaksimalkan sosial medianya dalam upaya untuk pengelolaan destinasi wisata Umbul Sidomulyo Kalasan. Selain itu, mitra tidak memiliki video yang menjadi media untuk memperkenalkan, mengidentifikasikan dan merepresentasikan Umbul Sidomulyo Kalasan sebagai objek wisata alam dan air. Karenanya, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan membagi tim dalam beberapa divisi. Tahapan pelaksanaan meliputi pra, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Kegiatan pelaksanaan berupa pelatihan fotografi dan social media marketing dengan narasumber yang memang menekuni bidang tersebut. Hasil kegiatan yakni mitra dapat lebih mengetahui peran dan pentingnya sosial media. Salah satunya sebagai media promosi atau marketing. Luaran dari kegiatan adalah tim memproduksi video profile mitra yang sudah memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan terdaftar di Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual. Tim juga turut membantu penataan unggahan postingan Instagram mitra dengan ambil bagian langsung pada sosial media mitra.

 

Kata kunci: fotografi; social media marketing; umbul sidomulyo kalasan; destinasi wisata

 

Abstract

Community service stems from the problem of partners who have not maximized their social media in an effort to manage the Umbul Sidomulyo Kalasan tourist destination. Apart from that, partners do not have a video that can be used as a medium to introduce, identify and represent Umbul Sidomulyo Kalasan as a natural and water tourist attraction. Therefore, community service activities are carried out by dividing teams into several divisions. Implementation stages include pre, implementation and post implementation. Implementation activities include photography and social media marketing training with resource persons who are specialized in these fields. The result of the activity is that partners can better understand the role and importance of social media. One of them is as a promotional or marketing medium. The output of the activity is that the team produces video profiles of partners who already have Intellectual Property Rights (HKI) and are registered with the Directorate General of Intellectual Property. The team also helps organize partners' Instagram post uploads by taking part directly on partner social media.

 

Keywords: photography; social media marketing; umbul sidomulyo kalasan; tourist destination


Keywords


photography; social media marketing; umbul sidomulyo kalasan; tourist destination

Full Text:

PDF

References


Andini, E. (2023). Panduan Singkat Memulai Social Media Marketing. Https://Sleekflow.Io/. https://sleekflow.io/id-id/blog/definisi-contoh-social-media-marketing

Annur, C. M. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

BPMPP UMA. (2023). Memperdalam Pemahaman tentang Manfaat Kamera DSLR dalam Fotografi. Https://Bpmpp.Uma.Ac.Id/. https://bpmpp.uma.ac.id/2023/11/06/memperdalam-pemahaman-tentang-manfaat-kamera-dslr-dalam-fotografi/

Charli, C. O., & Putri, D. A. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 9(2), 40–48. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i2.75

Gunawan, A. P. (2015). Pencahayaan Dalam Studio Fotograf. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 2(1), 81–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25105/dim.v12i1.101

Herawati, A. F., Yusuf, M., Cakranegara, P. A., Sampe, F., & Haryono, A. (2022). Social Media Marketing in The Promotion of Incubator Business Programs. Jurnal Darma Agung, 30(2), 623–633. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.2304

Hidayath, A., Razilu, Z., & Saputra, H. N. (2024). Pengembangan Company Profile Berbasis Video Sebagai Media Promosi Universitas Muhammadiyah Kendari. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 108–117. https://doi.org/https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.979

Jasmine, A., & Loen, R. B. (2020). Penggunaan Video Company Profile sebagai Sarana Informasi dan Meningkatkan Promosi pada PT Avoir Industry. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(2), 125–132. https://doi.org/https://doi.org/10.35746/jtim.v2i2.100

kreativv. (2022). Mengenal Segitiga Exposure Biar Semakin Jago Fotografi. Kreativv.Com.

Merriam-webster.com. (2024). Definition of Photography. Merriam-Webster.Com. https://www.merriam-webster.com/dictionary/photography

Pramiswara, I. G. A. N. A. Y. (2021). Fotografi Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Promosi Budaya. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 126–138. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/danapati/article/view/135/113

Rachmawati, I., Irian, D., Mutohari, A. S., Solihah, Y. A., Parman, S., Wijaya, A., & Kusuma, S. D. (2022). Seminar Makna Keindahan Dalam Visual Karya Fotografi Seni pada Pameran Seni Rupa Kuningan Biennale Niaga. JPUCIC : Jurnal Pengabdian Universitas Catur Insan Cendekia, 1(1), 1–9. https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/15/6

Rahmitasari, D. H. (2017). Manajemen Media di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ratnaningtyas, R. P., & Fauzi, M. (2023). Sosialisasi Manajemen Media Sosial dan Fotografi di Bendhung Lepen. Jukeshum : Jurnal Pengabdiam Masyarakat, 3(2), 201–206. https://doi.org/https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.546

Riyanto, G. P., & Pertiwi, W. K. (2024). Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta, Didominasi Gen Z. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2024/02/01/09300027/pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-didominasi-gen-z

Sari, W. P., & Irena, L. (2021). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3), 633–642. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13271




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: