Pelatihan pemanfaatan teknologi IoT (Internet of Things) pada kendali lampu cerdas untuk meningkatkan aspek kompetensi siswa di SMK Miftahul Ulum desa Melirang

Siti Ma'shumah, Ellys Kumala Pramarthaningthyas, Mohamad Hariyadi, Nur Afiyat

Abstract


Abstrak

Pada fakta di lapangan menunjukkan, sangat minim sekali kegiatan edukasi teknologi di laksanakan di sekolahan, terutama pada sekolah yang tidak ada penjurusan teknologi elektro. Minimnya kegiatan ini disebabkan kurangnya minat dari pihak sekolah terhadap kegiatan-kegiatan penyuluhan serta kurang tersedianya SDM yang mumpuni untuk menjadi narasumber.Untuk itu, perguruan tinggi sebagai stakeholder Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat harus dapat menjembatani dan mengembangkan proses edukasi kepada pihak sekolah. Didasari gagasan tersebut Tim pengabdian program studi teknik elektro melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pelatihan implementasi teknologi Internet of Things (IoT) pada kendali lampu cerdas untuk meningkatkan aspek kompetensi siswa di SMK Miftahul Ulum  Desa Melirang. Dalam pelatihan tersebut peserta  mendapatkan pengenalan dasar mikrokontroler dan IoT. Perangkat yang digunakan dibuat dengan  software Arduino IDE yang akan bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan. Pelatihan ini dikemas dalam bentuk pertemuan secara offline dan dikemas  menyenangkan dan mudah dipahami agar menciptakan kegiatan yang memenuhi unsur pengetahuan, keteramilan, dan kompetensi siswa-siswi SMK Miftahul Ulum yang berjumlah 30 orang. Hasil dari kegiatan PKM ini, pelatihan implementasi pemanfaatan IoT pada lampu cerdas mendapatkan tanggapan dari peserta sangat baik dan cukup untuk meningkatkan soft skill yang sebelumnya belum pernah peserta dapatkan.

 

Kata kunci: arduino IDE; IoT; software.

 

Abstract

Facts on the ground show that very few technology education activities are carried out in schools, especially in schools that do not have an electrical technology department. This lack of activity is due to a lack of interest from schools in extension activities and a lack of qualified human resources to become resource persons. For this reason, universities as stakeholders in education, research and community service must be able to bridge and develop the educational process for schools. Based on this idea, the electrical engineering study program service team carried out community service activities with training in implementing Internet of Things (IoT) technology in smart light control to improve aspects of student competency at Miftahul Ulum Vocational School, Melirang Village. In this training, participants received a basic introduction to microcontrollers and IoT. The device used is made with Arduino IDE software which will work according to the commands given. This training is packaged in the form of offline meetings and packaged as fun and easy to understand in order to create activities that meet the elements of knowledge, skill and competence of the 30 Miftahul Ulum Vocational School students. The results of this PKM activity, training on implementing the use of IoT in smart lights, received very good responses from participants and were sufficient to improve soft skills that participants had never had before.

 

Keywords: arduino IDE; IoT; software.


Keywords


arduino IDE; IoT; software.

Full Text:

PDF

References


Artono, B., & Putra, R. G. (2019). Penerapan Internet Of Things (IoT) Untuk Kontrol Lampu Menggunakan Arduino Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.25047/jtit.v5i1.73

Cholik, C. A. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. 2(6).

Firmadani, F. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Hakiki, M. I., Darusalam, U., & Nathasia, N. D. (2020). Konfigurasi Arduino IDE Untuk Monitoring Pendeteksi Suhu dan Kelembapan Pada Ruang Data Center Menggunakan Sensor DHT11. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(1), 150. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1876

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Nurdiansyah, R., Busaeri, N., & Permana, P. (2023). PELATIHAN MIKROKONTROLLER BAGI PEMUDA ANCOL KABUPATEN CIAMIS. 01.

Oktaviani, L., Riskiono, S. D., & Sari, F. M. (2020). Perancangan Sistem Solar Panel Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Ketersediaan Pasokan Listrik SDN 4 Mesuji Timur.

Pangestu, A., Iftikhor, A. Z., & Bakri, M. (2020). SISTEM RUMAH CERDAS BERBASIS IOT DENGAN MIKROKONTROLER NODEMCU DAN APLIKASI TELEGRAM. 1(1).

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (n.d.). Perkembangan Keilmuan Teknik Industri Menuju Era Industri 4.0.

Rizky, R., Hakim, Z., Yunita, A. M., & Wardah, N. N. (2020). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI IOT (INTERNET OF THINK) PADA RUMAH PINTAR BERBASIS MIKROKONTROLER ESP 8266.

Samsugi, S., Mardiyansyah, Z., & Nurkholis, A. (2020). SISTEM PENGONTROL IRIGASI OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO. Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, 1(1), 17. https://doi.org/10.33365/jtst.v1i1.719

Syarifudin, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengajuan dan Pelaporan Pembayaran Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 8(2), 149–158. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.641

Umam, B. A., & Efenie, Y. (2019). Sistem Rumah Cerdas Berbasis Internet of Things. 9(2).

Widodo, W., & Tlogoretno, B. J. R. (2017). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Berbantuan Video Pembelajaran Untuk SMK Teknik Mesin pada Materi Elektrokimia. 2.

Yulanda, E. A., Amalia, S., & Syekhurohim, M. (2023). Pelatihan Mikrokontroler Arduino Untuk Siswa-Siswi SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang. 2.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: