Mengalihkan dana latte factor menjadi investasi: solusi smart financial bagi remaja

Halpiah Halpiah, Hery Astika Putra, Sukriati Sukriati, Triana Lidona Aprilani, Baiq Rizka Milania Ulfah

Abstract


Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat di laksanakan di MA Yususf Abdussatar Dusun Karang Bedil, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Kegiatan pengabdian dilaksanakan berdasarkan hasil analisis permasalahan remaja SMA yang cenderung hidup boros, konsumtif, tidak memiliki dana darurat, sehingga perlu edukasi pengelolaan uang agar mampu memilah kebutuhan dan keinginan serta termotivasi untuk menabung dan berinvestasi secara legal dan logis sejak dini. Peserta PKM adalah pengurus dan anggota OSIS sebanyak 15 siswa bertujuan untuk memberikan pemahaman mengalihkan latte factor menjadi investasi agar menjadi remaja smart financial sejak remaja  kegiatan di lakukan dengan metode FGD antara Tim PKM, peserta dan perwakilan guru pendamping menggunakan pendekatan sosialisasi serta edukasi yang di awali dengan observasi lapangan dan wawancara untuk mensosialisasikan kegiatan, kemudian edukasi melalui presentasi materi dengan tema latte factor, investasi, dan smart financial, dilanjutkan sharing session di akhiri dengan evaluasi yang berfokus pada goal oriented dengan memberikan enam pertanyaan sesuai judul dan materi yang telah disampaikan dengan hasil tes menunjukan setelah kegiatan PKM ada peningkatan pengetahun peserta tentang latte factor, tertarik berinvestasi saham, cryptocurrency, tabungan emas, menabung di bank dan lebih siap menjadi generasi smart finansial yang selalu meningkatkan literasi keuangan dan literasi investasi secara berkesinambungan.

 

Kata kunci: dana latte factor; investasi; smart financial; remaja

 

Abstract

Community service was carried out at MA Yususf Abdussatar Karang Bedil Hamlet, Kediri District, West Lombok Regency, NTB. Service activities are carried out based on the results of an analysis of the problems of high school teenagers who tend to live wastefully, are consumptive, do not have emergency funds, so they need money management education so they are able to sort out their needs and desires and are motivated to save and invest legally and logically from an early age. PKM participants are administrators and OSIS members totaling 15 students, aiming to provide an understanding of converting latte factors into investments in order to become financially smart teenagers since they were teenagers. The activity was carried out using the FGD method between the PKM Team, participants and accompanying teacher representatives using a socialization and education approach which started with field observations and interviews to socialize the activities, then education through material presentations with the themes latte factor, investment, and smart finance, followed by a sharing session at the end with an evaluation that focuses on goal oriented by giving six questions according to the title and material that has been presented with the test results shows that after the PKM activity there was an increase in participants' knowledge about the latte factor, they were interested in investing in shares, cryptocurrency, gold savings, saving in banks and were better prepared to become a financially smart generation who always increase financial literacy and investment literacy on an ongoing basis.

 

Keywords: latte factor fund; investment; smart financial; teenager


Keywords


latte factor fund; investment; smart financial; teenager

Full Text:

PDF

References


Badrunsyah, B., & Cahyono, S. (2019). Penyuluhan tentang manajemen keuangan keluarga di RW 06 Kelurahan Cipayung Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 3(1), 1–9. Retrieved from http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/PAMAS/article/view/372

Chairunnisa, A., & Dalimunthe, Z. (2021). Indonesian stock’s influencer phenomenon: Did financial literacy on millennial age reduce herding behavior? Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 23(2), 62–68.

Fitriarianti, B. (2018). Pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan dan pendapatan terhadap keputusan berinvestasi. Proseding Seminar Nasional Akuntansi, 1(1), 1–15.

Halpiah, H. (2021). Galeri Investasi dan Minat Mahasiswa Berinvestasi Pada Pasar Modal. MEDIA BINA ILMIAH, 15(6), 4579–4584. https://doi.org/10.33758/mbi.v15i6.897

Halpiah, H., & Putra, H. A. (2019). Keberadaan galeri investasi dalam meningkatkan animo masyarakat muslim untuk berinvestasi pada Pasar Modal Syariah di Kota Mataram. Media Bina Ilmiah, 14(3), 2131–2138.

Halpiah, H., Putra, H. A., & Ulfah, B. R. M. (2021). Pengelolaan keuangan keluarga di masa pandemi Covid-19. Journal of Community Development, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.47134/comdev.v2i1.29

Halpiah, H., Putra, H. A., Ulfah, B. R. M., Rosita, R., & Andiana, B. D. L. (2022). Mengatur keuangan di bulan Ramadhan dengan pendekatan metode akuntansi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 620–627. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1935

Ida, I., Zaniarti, S., & Wijaya, G. E. (2020). Financial literacy, money attitude, dan financial management behavior generasi milenial. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 406–413.

Indriani, E. (2022). Rasionalitas keputusan keuangan investor: perspektif Otoritas Pasar Modal di Nusa Tenggara Barat. Akurasi: Journal of Accounting and Finance Studies, 5(2), 271–284. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/akurasi.v5i2.261

Mulyati, S., & Hati, R. P. (2021). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN SIKAP TERHADAP UANG PADA PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 33–48.

Nurul, M., & Hamidah, H. (2021). Makna investasi berdasarkan mental accounting dan gender. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(2), 285–311. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.2.17

Poerwanto, P., Mangunwibawa, A. A., Suwaryani, N., & Juhari, F. (2019). Remaja gen-hebat. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia DIni, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putra, H. A., & Halpiah, H. (2023). Makna Uang dan Pilihan Investasi Berdasarkan Mental Accounting pada Gen Z. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 6(3).

Putra, H. A., Halpiah, H., & Rosita. (2023). Transparansi Arus Kas Rumah Tangga Keluarga Menggunakan Aplikasi Expense Track. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6, 125–138. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19079

Sinarwati, N. K., & Herawati, N. T. (2021). Pendampingan perencanaan keuangan dan investasi saham untuk organisasi Taruna-Taruni. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 209–221. https://doi.org/10.30651/aks.v5i2.5103

Sugiarti, Y., & Mawardi, R. (2022). Determinan minat investasi saham generasi milenial di masa pandemi. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 5(3).

Witi, F. L., & Rawe, A. S. (2024). Membangun motivasi kewirausahaan siswa di SMAN 1 Ende Flores NTT. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 653–660.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: